Search

Loading...

Sunday, December 30, 2012

Benarkah Sumbangan Itu Disumbangkan?

Pernah belanja di supermarket atau minimarket? Di beberapa tempat, selesai transaksi kadang si kasir suka bertanya:

“apakah kembaliannya mau disumbangkan?”

Starting from 2013, let’s break the taboo. Mari membahas hal hal yang dianggap tabu, tapi wajib diperbicangkan. Ini masalah duit, bisa dikorupsi. Dan lebih miris, seperti biasa, memanfaatkan campuran antara iba, malu, ikhlas, biarkanlah, dan lupakanlah jadi satu.

Ketika si kasir bertanya apakah anda ingin menyumbangkan kembalian kamu, sebagian besar dari kamu memilih “ya”. Kebanyakan karena nggak mikir panjang, atau biar keliatan nggak pelit. Toh nominalnya juga enggak gede. 100-200. Kadang ada juga sumbangan yang kurangajar. 700-900. Kasirnya gak punya receh kali yah.

Ada yang seringkali konsumen lupa. Kasir minimarket dan supermarket adalah bagian dari sebuah perusahaan besar. Mereka bukan warung kecil di sekitar tempat tinggalmu. Jika kamu berpikir sekali transaksi mereka mengutip sumbangan 250 rupiah, berapa kutipan sumbangan di satu gerai dalam satu hari, berapa gerai yang perusahaan itu miliki setiap hari.

Hitungan kasar dan abal abal aja. Satu transaksi mengutip Rp250. Satu hari, ada 200 transaksi, jadi total kutipan Rp50.000 atau Rp1.500.000 per bulan. Dan perusahaan minimarket memiliki 100 gerai, total kutipan: Rp150juta.

Seratus Lima Puluh Juta

Itu adalah minimarket yang transaksinya tidak begitu “tinggi”. Bagaimana dengan supermarket atau hypermarket? Dengan kutipan yang sama, jika jumlah transaksi di supermarket mencapai 2000 transaksi, dengan 20 cabang, maka dihasilkan angka Rp.300juta. Jika hypermarket mencapai 5000 transaksi, dengan 20 cabang, maka kutipan mencapai Rp750juta per bulan.

Pertanyaannya kemudian, apakah sumbangan kita betul-betul disumbangkan? Yang kita dapat dari supermarket dan minimarket hanya berupa struk. Kadang tertera sumbangan kadang tidak. Pikiran buruk gw, sumbangan gw dimakan kasir.

Jadi, gw mengirim pertanyaan kepada 4 entitas supermarket dan minimarket yang paling laku di Indonesia. Carrefour, Hypermart, Alfamart dan Indomaret. Inilah pertanyaannya:

Selamat pagi.

Semakin kesini, semakin banyak kasir di minimarket/supermarket yang menanyakan "apakah kembalian ingin disumbangkan", karena itu saya ingin mengkonfirmasikan beberapa hal. Apakah di Alfamart ada program "penyumbangan kembalian"? Misal belanja 9700 yang 300 disumbangkan jadi total struk 10.000?

Jika ya, apakah sumbangan itu akan tertulis di struk?

Ketika mengirim pertanyaan, hanya Alfamart dan Indomaret yang mengirimkan respon “pertanyaan siudah diterima”, Hypermart hanya bilang “secepatnya”, dan Carrefour bilang “dalam beberapa hari. Ini sudah mau liburan tahun baru, jadi gw gak terlalu mengharapkan jawaban sampai awal Januari.

Kita lihat jawaban mereka dalam beberapa hari.

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...