Search

Loading...

Monday, February 4, 2013

Sekarang BB Tidak Perlu Pake BIS

Time change eh?

Setahun yang lalu, bahkan sebulan yang lalu, gw akan bilang, JANGAN PAKAI BLACKBERRY. OS-nya buruk, diikat dengan layanan data yang ajibuneng mahal, mesti cabut batre dan lain lain.

Sekarang? Blackberry is more usable.

Berita ini baru akan muncul di outlet berita teknologi di Indonesia BESOK, gw yakin, karena biasanya mereka suka telat sehari. Entah ngapain aja. Anyway, this is what I read after #superbowl47 on my Nextgen Reader then followed up on browser:

image

Really?

Blackberry tanpa BIS?

This is good news, setidaknya buat para bebe-maniak di Indonesia. Sekarang kamu nggak perlu punya duit berlebih untuk langganan BIS. Cukup dengan paket internet standar, kamu udah boleh cetingan sampe bengkak, plus browsing dan cecepretan di Facebook. Tentu selama kuota masih ada.

How this is good? Bayangkan sekarang pengguna BB membayar minimum 69 (HCPT 3) untuk BIS Full Service. Sedangkan internet standar dari operator yang sama “cuma” 35, bisa lebih murah lagi kalo tau cara ngekombinasiin paketnya.

Seriusan?

Serius.

O’Neill explained that the BB10 smartphones will not come bundled with BIS nor support it. The only service to run on BlackBerry’s infrastructure will be BlackBerry Messenger (BBM) and some enterprise related applications.

Rory O'Neill - Vice President  of Product & Channel Marketing
Humanipo

Gw terjemahin, layanan yang akan berjalan di server Blackberry hanya BBM, dan beberapa layanan enterprise. Artinya? Email kamu tidak perlu lagi melewati server Blackberry, tapi dari penyedia macam Google atau Yahoo! langsung ke handset. Begitu pula browsing, yang tadinya “harus wajib” lewat server Blackberry buat dikompres, kini tidak lagi.

That’s it. Blackberry mulai menanggalkan perannya sebagai Proxy Server dan bertindak penuh hanya sebagai penjual handset.

Lho, BBM kan masih harus lewat server Blackberry? Bedanya sekarang YM dan Whatsapp gak wajib lewat server Blackberry juga. BBM menjadi “sama” dengan apps pesan instan yang lain. Tinggal adu kuat sama iMessage, Whatsapp, Line, Gtalk dll aja.

BBM bayar? Setau gw di beberapa operator ada juga kok yang “nyediain” YM-an seharga 10 sebulan via sms. Mungkin nanti BBMan akan (tetap) bayar. tapi ekspektasinya jadi lebih murah. Dengan limitasi misalnya Voice Call BBM dan Video Call BBM harus over wi-fi. Yang jelas, IM-lain juga melakukan hal sedemikian.

Sekarang, berhubung Blackberry 10 sudah tidak terikat kontrak gendeng, gw harus membiasakan diri untuk tidak nabokin lagi otak para user BB10. Inget ya BB10 aja yang gak bakal gw tabok. Lu masih berani beli Gemini atau Davis, lu bego.

Sumber:
Engadget // humanipo

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...