Search

Loading...

Wednesday, August 21, 2013

Liga Inggris Pindah Ke Orange TV, Apa, Kenapa dan Konsekuensinya

Artikel ini sebelumnya dipublikasikan di Kaskus.

Selamat pagi agan semua... ane jarang buat trid di Lounge. Karena ane lebih sering bercokol di BP. Tapi kemarin ada berita yang membuat ane geleng-geleng, yaitu soal HAK SIAR LIGA INGGRIS YANG BERPINDAH TANGAN DARI MNC KE ORANGE.

Ane akan jelasin ke agan dalam esai ini, apa itu HAK SIAR, apa implikasinya bagi penonton, mengapa bisa berpindah, dan apa konsekuensinya.
Yuk mari kita mulai...

Apa Itu Hak Siar, Dan Kenapa Ada Hak Siar?

Hak Siar adalah hak yang diberikan kepada suatu perusahaan, untuk menyiarkan tayangan tertentu di region tertentu. Kenapa diperlukan manajemen hak siar? Karena untuk memproduksi tayangan bermutu, itu butuh duit.

Agan yang demen nonton siaran olahraga dan mengikuti berita di belakangnya pasti tau, berapa gaji para pemain bola di Eropa sono, atau pembalap Formula 1. Jutaan EUR atau GBP atau USD kan?

MU tidak bisa hanya mengandalkan penjualan tiket dan merchandise jika mau nutup gaji Wayne Rooney. Masih ada 20 pemain + pelatih + ofisial yang harus digaji. Dari mana uangnya? Nah disinilah hak siar masuk.

Tahukah agan, tidak semua warga Italia dapat menikmati siaran Liga Italia? Tidak semua warga Inggris menikmati siaran Liga Inggris, atau bahkan Grand Prix Inggris? Ketika olahraga sudah memasuki komersialisasi penuh dengan hak siar. Hanya 1 PENYIAR ~ atau lebih, tergantung kesepakatan ~ yang berhak menyiarkan suatu tayangan olahraga.

Pembatasan hak siar BUKAN DIMAKSUDKAN untuk membatasi kepuasan penonton, tapi untuk MENJAGA KEBERLANGSUNGAN tayangan yang (biasanya) bermutu itu tadi.

Bayangkan jika LIGA INGGRIS adalah siaran FTA (bebas iuran) ke seluruh dunia. Tidak akan ada klub inggris yang berani mengontrak pemain dengan gaji PULUHAN JUTA POUND PER MINGGU. Mungkin liga inggris akan diisi oleh pemain-pemain tarkam. Hanya 1 atau 2 bintang yang menonjol, tapi tidak lebih.

Ingat, yang disebut KUALITAS SIARAN BUKAN HANYA GAMBAR DAN SUARA, TAPI JUGA APA YANG DITAYANGKAN DAN BAGAIMANA ISINYA.

HAK SIAR UNTUK TV BERLANGGANAN (SATELIT/KABEL/TERRESTERIAL)

Untuk menjaga kualitas siaran Hak Siar biasanya diberikan kepada TV Berlangganan (Pay TV), karena mereka BENAR BENAR INDIVIDUAL YANG MEMBAYAR untuk menikmati suatu siaran. Setiap negara biasanya hanya memiliki 1 PENYIAR yang telah membuat kontrak dengan pemilik merek.

Konsekuensinya, LEBIH SEDIKIT IKLAN, LEBIH BANYAK PERMAINAN. Kalau agan pernah nonton Star Sports atau Fox Sports atau Setanta atau EuroSports pasti tau bagaimana kualitas mereka. Garis waktu produksi mereka begitu bagus, sehingga tayangan lebih berkualitas.

HAK SIAR UNTUK TV FREE TO AIR (TER. DIGITAL/TER. ANALOG/SATELIT)

TV FTA alias televisi yang bsia dinikmati gratis tanpa bayar, biasanya mendapatkan LIMPAHAN hak siar dari PAY TV. Terutama jika mereka satu kepemilikan dengan sebuah PAY TV.

Jika TV FTA ingin memonopoli hak siar, konsekuensinya adalah LEBIH BANYAK IKLAN, LEBIH SEDIKIT TAYANGAN. Ini dikarenakan sumber pendapatan yang mendanai siaran hanya berasal dari IKLAN yang terbatas waktu tayangnya. Sedangkan iklan yang berlebihan juga bisa membuat kesal penonton.

Inilah beberapa hal yang biasanya dinikmati penonton TV BERLANGGANAN saat menikmati tayangan olahraga:

  • Gambar lebih jernih bahkan HD
  • Lebih sedikit iklan, karena pendanaan siaran ditopang iuran bulanan
  • "datang" ke stadion/venue "tepat waktu". melihat ruang ganti dan pemain yang memasuki lapangan. kadang melihat pemanasan juga
  • analisis secukupnya
  • wawancara saat istirahat dan setelah pertandingan
  • "pergi" dari stadion/venue "di saat yang tepat"

Inilah beberapa hal yang biasanya dinikmati penonton TV FTA saat menikmati tayangan olahraga:

  • gratis dengan iklan di sisi kiri atas kanan bawah, superimposed, dan replay transition
  • siaran "straight to the point". datang ke stadion 30 detik sebelum KICKOFF / START
  • analisis panjang lebar + kuis yang gak jelas
  • "pergi" dari stadion/venue sesegera mungkin setelah game selesai / finish

Men-deliver sebuah konten tayangan olahraga TIDAK MURAH, jauh lebih mahal daripada produksi OVJ selama 1 tahun, apalagi ON THE SPOT yang cuma mengandalkan hasil browsing di internet.

Saya Sudah Langganan TV X, Kenapa Saya Tidak Bisa Nonton Liga Y?

Agan mungkin bertanya, kenapa siaran Liga Inggris tidak bisa ditayangkan di TV Berlangganan saya? Padahal itu kan TV yang siaran FTA?

Pemilik HAK SIAR biasanya membagi 2 siarannya antara PAY TV dan NON PAY TV. Pelanggan PAY TV karena mereka berlangganan dan memberikan REAL MONEY kepada penyiar, maka diperbolehkan menonton siaran SELAMA SIARAN DAPAT DITANGKAP. Sedangkan NON PAY TV, bisa menonton siaran dengan BATAS TERITORIAL TERTENTU.

Ini diperlukan untuk (lagi lagi) keberlangsungan usaha dan siaran televisi di negara masing masing.

Bayangkan jika siaran domestik BBC 1 Manchester dan BBC 1 London sampai ke Indonesia secara gratis dengan siaran F1 dan BPL. Akan bagaimana kondisi penyiaran Indonesia? Jam bola TV lokal tidak akan ada yang laku. Walaupun nggak ngerti bahasa inggris, semuanya ke BBC1.

Sekarang bayangkan jika TV3 Malaysia yang FTA itu menayangkan Liga Inggris tanpa acakan. Bagaimana kondisi periklanan di Indonesia?

Jadi?

Bagi agan yang tidak pernah membayar untuk nonton TV, hampir 99% akan mengatakan HAK SIAR adalah suatu hal yang bodoh, dan tidak diperlukan. Kalaupun ada, MURAH dan YANG PENTING GRATIS.

Tapi bagi agan yang sudah terbiasa membayar untuk menonton TV, HAK SIAR adalah sesuatu yang wajar. Begitupun "perpindahan" hak siar dari satu entitas ke entitas lainnya.

Tapi percayalah gan, jika agan membayar untuk siaran televisi yang agan nikmati, agan akan menikmati siaran yang lebih bermutu dan tentu saja lebih terjaga kualitasnya daripada siaran yang gratis.

3 comments:

  1. artikel yang bagus... berarti buat para penggemar liga inggris, setiap tahun hak siar kemungkinan berpindah. kita juga harus pindah tv berbayar juga.... atau berlangganan aja sekalian semua tv berbayarnya biar ga cape pindah pindah....

    ReplyDelete
  2. dasar pendukung kapitalis!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau elu udah bersedia dipajakin 50% dari total gaji untuk sistem SOSIALIS, telepon gw. Nomer gw ada di mana mana.

      Delete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...