Saturday, March 18, 2006

After Goo:) news, come Very Bad News

17:04

34 menit yang lalu trans tv menyiarkan berita terkininya. tentang kerusuhan di universitas cendrawasih. anchor sudah mengingatkan kalau sequence akan berisi kekerasan, usirlah anak anak dari ruang tv untuk sementara. alhamdulillah, saya bukan anak-anak lagi, jadi walau ibu saya menonton juga di samping saya, dia tidak mengusir saya dari ruang tv.

hanya 5 menit sebelum itu, saya masih tertawa tawa bisa menikmati good news, yang hanya berisi berita berita baik saja. suatu ironi 5 menit kemudian menjadi saat buruk bagi saya.

sequence dan narasi memperlihatkan kerusuhan yang seingat saya terakhir saya lihat tahun 1998 yang lalu. kerusuhan yang benar benar kerusuhan. sudah lama saya tidak melihat kerusuhan seperti itu, dan saya tidak berencana sama sekali untuk pernah melihat kerusuhan seperti itu.

mahasiswa universitas cendrawasih, menurut trans tv, telah merencanakan kerusuhan yang mengakibatkan 3 polisi meninggal dunia. kerusuhan sudah berlangsung selama 2 hari. saya... tidak mengerti, kenapa mahasiswa, manusia yang seharusnya lebih mengutamakan cara cara damai untuk melakukan suatu unjuk rasa, bisa berbuat hal demikian. kabar 3 polisi yang disiksa lalu dibunuh sungguh membuat hati saya miris. mahasiswa... bisa bisanya mereka menyebut diri mereka mahasiswa.

banyak yang berkata, papua sudah jenuh oleh tekanan dari freeport mc moran. papua hanya kebagian sepersekian dari keuntungan yang dihasilkan freeport mc moran (dan pemerintah pusat). tapi... apakah hal seperti itu bisa membuat anda gelap mata? kalau aksi kerusuhan dilakukan oleh masyarakat, mungkin saya bisa memaklumi, rakyat yang lapar bisa melakukan apa saja.

apakah seperti ini wajah mahasiswa dari papua? apa yang anda lakukan, sangat tidak manusiawi. di jakarta, anda melempari plaza 89, mencederai 1 orang. di papua, anda membunuh 3 polisi. apakah kami masyarakat indonesia harus mendukung aksi aksi seperti ini? aksi yang seharusnya bertujuan baik untuk menyelamatkan papua, malah anda cederai dengan melakukan hal hal yang... suku terdalam dan terasing disana pun mungkin masih berpikir 1000 kali untuk melakukannya.

mahasiswa papua, mungkin karena saya bukan orang papua, maka saya tidak mengerti dan tidak pernah mengalami yang katanya ada tekanan, ancaman, penculikan oleh polisi dan militer disana. tapi sungguh, apa yang anda lakukan, akan merusak perjuangan anda sendiri.

di milis ini, kami sedang berusaha agar anda tetap bisa memakai koteka, tetap bisa memakai pakaian adat istiadat anda. tolong bantu kami, agar kami tetap bisa mempercayai anda, karena kami masih percaya, anda masih mau menjadi bagian dari indonesia.

--
Adi D. Jayanto
"Safe Life First"

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...