Monday, July 24, 2006

Doug Copp - Segitiga Kehidupan

Dari Artikel Doug Copp mengenai "Segitiga Kehidupan"
Diedit untuk briefing Komite Keselamatan MAA
http://www.mail-archive.com/wismamas@yahoogroups.com/msg01803.html

Saya Doug Copp, Kepala Penyelamat dan Manajer Bencana dari American Rescue Team International (ARTI), tim penyelamat paling berpengalaman di dunia. Informasi dalam artikel ini dapat menyelamatkan nyawa anda dari gempa bumi.

Saya telah merangkak di bawah 875 reruntuhan bangunan, bekerja sama dengan tim penyelamat dari 60 negara, dan mendirikan tim penyelamat di beberapa negara serta salah satu dari ahli PBB untuk Mitigasi Bencana selama 2 tahun. Saya telah bekerja di seluruh bencana besar di dunia sejak tahun 1985.

Pada tahun 1996 kami membuat film yang membuktikan keakuratan metode bertahan hidup yang saya buat. Kami meruntuhkan sebuah sekolah dan rumah dengan 20 boneka di dalamnya. 10 boneka "menunduk dan berlindung" dan 10 lainnya menggunakan metode bertahan hidup "segitiga kehidupan". Setelah simulasi gempa, kami merangkak ke dalam puing-puing dan masuk ke dalam bangunan untuk membuat dukumentasi film mengenai hasilnya. Film itu menunjukkan bahwa mereka yang menunduk dan berlindung tidak dapat bertahan hidup dan mereka yang menggunakan metode saya "segitiga kehidupan" bertahan hidup 100%.

Film ini telah dilihat oleh jutaan orang melalui televisi di Turki dan sebagian Eropa, dan disaksikan pada program televisi di USA, Canada dan Amerika Latin.

Bangunan pertama yang saya masuki adalah sebuah sekolah di Mexico City pada gempa bumi tahun 1985. Semua anak berlindung di bawah meja masing-masing. Semua anak remuk sampai ke tulang mereka. Mereka mungkin dapat selamat jika berbaring di samping meja masing-masing di lorong.

Pada saat itu, murid-murid diajarkan untuk berlindung di bawah sesuatu. Secara sederhana, saat bangunan runtuh, langit-langit akan runtuh menimpa benda atau furnitur sehingga menghancurkan benda-benda ini, menyisakan ruangan kosong di sebelahnya. Ruangan kosong ini lah yang saya sebut "segitiga kehidupan". Semakin besar bendanya, maka semakin kuat benda tersebut dan semakin kecil kemungkinannya untuk remuk. Semakin sedikit remuk, semakin besar ruang kosongnya, semakin besar kemungkinan untuk orang yang menggunakannya untuk selamat dari luka-luka.

Suatu saat anda melihat bangunan runtuh di televisi, hitunglah "segitiga kehidupan" yang anda temui. Segitiga ini ada di mana-mana dan merupakan bentuk yang umum.

Sepuluh Tip dalam Keselamatan Gempa Bumi

   1. Hampir semua orang yang hanya "menunduk dan berlindung" pada saat bangunan runtuh meninggal karena tertimpa runtuhan. Orang-orang yang berlindung di bawah suatu benda akan remuk badannya.

   2. Kucing, anjing dan bayi biasanya mengambil posisi meringkuk secara alami. Itu juga yang harus anda lakukan pada saat gempa. Ini adalah insting alami untuk menyelamatkan diri. Anda dapat bertahan hidup dalam ruangan yang sempit. Ambil posisi di samping suatu benda, di samping sofa, di samping benda besar yang akan remuk sedikit tapi menyisakan ruangan kosong di sebelahnya.

   3. Bangunan dari kayu adalah tipe konstruksi yang paling aman selama gempa bumi. Kayu bersifat lentur dan bergerak seiring ayunan gempa. Jika bangunan kayu ternyata tetap runtuh, banyak ruangan kosong yang aman akan terbentuk. Disamping itu, bangunan kayu memiliki sedikit konsentrasi dari bagian yang berat. Bangunan dari batu bata akan hancur berkeping-keping. Kepingan batu bata akan mengakibatkan luka badan tapi hanya sedikit yang meremukkan badan dibandingkan beton bertulang.

   4. Jika anda berada di tempat tidur pada saat gempa terjadi, berguling lah ke samping tempat tidur. Ruangan kosong yang aman akan berada di samping tempat tidur. Hotel akan memiliki tingkat keselamatan yang tinggi dengan hanya menempelkan peringatan di belakang pintu agar tamu-tamu berbaring di lantai di sebelah tempat tidur jika terjadi gempa.

   5. Jika terjadi gempa dan anda tidak dapat keluar melalui jendela atau pintu, maka berbaring lah meringkuk di sebelah sofa atau kursi besar.

   6. Hampir semua orang yang berada di belakang pintu pada saat bangunan runtuh akan meninggal. Mengapa? Jika anda berdiri di belakang pintu dan pintu tersebut rubuh ke depan atau ke belakang anda akan tertimpa langit-langit di atasnya. Jika pintu tersebut rubuh ke samping, anda akan tertimpa dan terbelah dua olehnya. Dalam kedua kasus tersebut, anda tidak akan selamat!

   7. Jangan pernah lari melalui tangga. Tangga memiliki "momen frekuensi" yang berbeda (tangga akan berayun terpisah dari bangunan utama). Tangga dan bagian lain dari bangunan akan terus-menerus berbenturan satu sama lain sampai terjadi kerusakan struktur dari tangga tersebut. Orang-orang yang lari ke tangga sebelum tangga itu rubuh akan terpotong-potong olehnya. Bahkan jika bangunan tidak runtuh, jauhi lah tangga. Tangga akan menjadi bagian bangunan yang paling mungkin untuk rusak. Bahkan jika gempa tidak meruntuhkan tangga, tangga tersebut akan runtuh juga pada saat orang-orang berlarian menyelamatkan diri. Tangga tetap harus diperiksa walaupun bagian lain dari bangunan tidak rusak.

   8. Berdiri lah di dekat dinding paling luar dari bangunan atau di sebelah luarnya jika memungkinkan. Akan lebih aman untuk berada di sebelah luar bangunan daripada di dalamnya. Semakin jauh anda dari bagian luar bangunan akan semakin besar kemungkinan jalur menyelamatkan diri anda tertutup.

   9. Orang-orang yang berada di dalam kendaraan akan tertimpa jika jalanan di atasnya runtuh dan meremukkan kendaraan; ini yang ternyata terjadi pada lantai-lantai jalan tol Nimitz. Korban dari gempa bumi San Fransisco semuanya bertahan di dalam kendaraan mereka dan meninggal. Mereka mungkin dapat selamat dengan keluar dari kendaraan dan berbaring di sebelah kendaraan mereka. Semua kendaraan yang hancur memiliki ruangan kosong yang aman setinggi 1 meter di sampingnya, kecuali kendaraan yang tertimpa langsung oleh kolom jalan tol.

  10. Saya menemukan, pada saat saya merangkak di bawah kantor perusahaan koran dan kantor lain yang menyimpan banyak kertas bahwa kertas tidak memadat. Ruangan kosong yang besar ditemukan di sekitar tumpukan kertas-kertas.

Sebarkan informasi ini dan selamatkan nyawa orang yang anda cintai.

--
Adi D. Jayanto
"small chance could move the world"

Wednesday, July 12, 2006

Cumi Sero isi Wortel

*Ingredients:*
2 buah cumi sero ukuran gede (>20cm)
1 buah wortel yang bisa dimasukin ke dalem cuminya.
1 atau 2 btg daun bawang

*Bumbu:*
Garem, merica, Saos Teriyaki/saos tiram

*Alat tidak standar:*
Oven dan Alumunium foil
*
Cara membuat:*

1. bersihkan cumi, buang kepala, dan plastiknya. tentakelnya bisa
digoreng renyah kalo mau. jangan dibuka, masukkan beberapa tetes
saos teri/tiram ke dalemnya. biarkan sejenak.
2. rebus wortel sama saos sampe agak lunak lalu masukkan ke dalem cumi
3. taro cumi diatas alumunium foil, lalu taburi cumi garam sama
merica, bungkus.
4. panggang dalam suhu panas (180 C) sekira 30-60 menit. tergantung
selera.

enak dech... hehehehe

--
Adi D. Jayanto
"Small chance could move the world"

Monday, July 10, 2006

SMS yuk... ke Bali TV...

"Hi, gw adi, cowok bandung jabar, cari cowok juga. kalo bisa dari
tentara atau polisi. kalo mau kenal sms atau call aja ke 0819 3149 50XX.
rahasia dijamin." send to 7667.

iseng sih... sayang sms gw terlalu cepat berlalu, alias cuma sekitar 10
detik aja. tapi lumayan. dalam 1 menit berikutnya gw dapet 2 kali
miscall dan 1 sms... hahaha.. yang satu dari cirebon yang satu ga tau
dari mana. males gw, kenalan aja musti minta telepon balik. padalah
sesama xl geto!!! btw... iseng iseng ini telah berbuat yang cukup
menyenangkan. terutama bagi kamu kamu yang hapenya adem ayem jarang ada
sms atau telepon masuk. maanfaatin deh pulsa kamu... jiakakakaka...

cocok kayaknya buat yang sering undercover undercoveran. kamu tinggal
beli kartu kedua, gunanya agar kamu ga langsung pake nomor hp kamu yang
asli. lalu sms BTVChat<SPASI>/nNAMA<SPASI>PESAN. mudah mudahan anda
beruntung smsnya ditayangkan... tapi kayaknya emang ditayangin kok...
soalnya yang sms hal beginian kan cukup sedikit.... heuw heuw heuw...

ceting bali tv ditayangin hampir setiap malam jam 11.30 Central (10.30
West). coba aja siapa tau kamu beruntung.

kamu bisa dapetin bali tv di:
Satelit PALAPA C2:
transponder : 6h
Center freq : rf 3,9260 mhz
L. band 1224 mhz
Symbol Rate : 4,208 msps
FEC : 3/4

--
Adi D. Jayanto
"Small chance could move the world"

Saturday, July 8, 2006

Ancaman Pembunuhan







Guys... just in case aja gw ga bisa nemuin elo karena sesuatu hal yang
ga gw inginkan. Tolong seseorang ke rumah gw (alamatnya ada di
Electronics Hideaway), buka komputer gw (tanpa password kok), dan ambil
file file di "D:\Batalyon Data\Detasemen Khusus Anti Teror\". Disana ada
penjelasan lengkap siapa yang mengancam gw, beserta kronologinya. Just
in case aja ya...





Gw belum mau ngungkapin ada apa sebenarnya, tapi intinya cuma salah paham aja antara gw dan si pemilik nomor hp tersebut.





Thank you very much.

House M.D. (a.k.a. Dr. House)

tayangnya sih di AXN setiap senin 22, selasa 2 dan 15 sore... ini dokter memang keajaiban dunia... hehehe... gimana nggak? di indonesia aku belum nemu dokter se... jujur itu.

seorang politisi terpaksa dirawat karena hal yang belum diketahui, pertama diagnosanya adalah "ada sesuatu di otaknya", lalu kemudian prognosisnya menjadi aids. si politisi nggak mau ngaku ada apa sebenarnya dengan dirinya. takut dianggap cacat. maklum di amerika kan yang namanya politisi nggak boleh cacat lahir batin. kesannya kotor, katanya lho... ga tau...

setelah di cek dan ricek, hasil hasil test hiv nya menunjukkan hasil yang negatif. berarti ada yang lain. house mengharuskan sang politisi menjalani scan seluruh tubuh. sambil menunggu hasil scanning keluar, sang dokter meminta politisi itu buat jujur. ada apa di masa kecilnya, karena kerusakan yang dideritanya telah ada semenjak dia masih kecil. so? si politisi belum mau ngomong. dia bersikeras untuk dirawat atas dasar "kanker". sementara kondisi sang pasien memburuk dan diiringi kejang di sebelah kanan badan.

setelah hasil scan keluar. house kaget, dan mendatangi sang pasien. dan tau nggak apa yang dilakukah oleh house? si house memutus alat bantu napasnya untuk memaksa sang politisi sekaligus pasien itu buat mengatakan yang sebenarnya. resikonya tinggi banget!!! misalnya sang politisi tetep jaim dan tidak mau ngomong alasannya? bisa aja tu politisi mati, dan house menjadi tersangka pembunuhan!!!

huff... house house... jujur banget sih lo. di trailernya aja house pernah ngambil permen, dan dikasihkan ke pasiennya. dia bilang itu obat. house memang nggak salah, secara pasiennya aja yang gimana gitu! orang ga sakit dibilangin sakit parah. ya terpaksa, demi menenangkan pasien yang panik, house membuat "obat" berupa permen.

coba kalo hal hal itu terjadi di indonesia? hmm... rasanya si dokter buru buru memberi resep obat penenang...

satu sisi, house memang "mengerikan" tapi house tahu apa yang terbaik untuk pasiennya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...