Wednesday, September 19, 2007

One-Two-Go crash! Red Flag out!

Systems to check for a dangerous weather condition were faulty at the time of Sunday's devastating air crash at Phuket airport, Thai officials say. Some of the airport's wind shear alert systems were not working properly, said aviation official Vutichai Singhamany.

BBC News 24 - http://news.bbc.co.uk/2/hi/asia-pacific/7000919.stm
huh ampun... kecelakaan pesawat lagi, yang hampir aja membumihanguskan nama penerbangan indonesia di dunia internasional.

Maskapai penerbangan One-Two-Go baru aja sukses mendarat dengan tidak mulus di Phuket Thailand. Oh thailand... ga masalah... enak aja! pilotnya orang Indonesia tau! Halah... cape... media luar pasti seneng banget ngedenger nama Indonesia di dalam masalah kecelakaan pesawat kayak gitu.

lebih dari setengah (tapi kayaknya lebih dari 2/3 deh), kecelakaan pesawat terbang terjadi karena human error, baik yang bersifat teknis maupun non teknis. hanya sedikit yang jatuh karena cuaca, kena petir, dsb,dst,dll.

januari... taun ini, pesawat adam air sukses nyemplung ke selat sulawesi. dan dengan "bangga"nya, Adam air menyebut masalah ini musibah. setelah dikorek sedemikian rupa oleh wartawan, ternyata Adam air dengan sengaja membelokkan rute nya ke wilayah yang salah. dia nggak nyentuh beacon makassar, akibatnya ATC makassar nggak melihat adam air di radar, akibatnya, butuh hampir 2 bulan untuk menemukan sebuah pelat alumunium sayap. kecelakaan akibat human error.

belum lagi kasus garuda di jogja, yang sukses mendarat di rumput, bukan di tarmac. sampe saat ini, kayaknya sih gara gara garuda adalah maskapai pemerintah, hasil laporan yang menyebutkan kenapa garuda jatuh, belum ketauan juntrungannya. jangan jangan bener... pilotnya ngantuk gara gara nggak di shift.

sekarang pesawat berpilot warga negara indonesia, jatuh dan terbakar. dugaan media internasional pada hari pertama masih didominasi oleh "cuaca buruk". tapi masuk hari kedua, BBC World sudah mulai manas manasin... ada kemungkinan "pilot yang berasal dari indonesia tidak dilatih dengan baik"... sumpeh lo? di Indonesia dia disebut letnan kolonel! nah lo!

untung hari ini BBC kembali melaporkan kalau "penyebab utama jatuhnya pesawat lebih disebabkan kegagalan dalam sistem informasi cuaca". setidaknya berita begini cukup menyegarkan bagi dunia pilot indonesia. setidaknya kesalahan ini tidak 100% di tangan pilot pilot itu.


Powered by ScribeFire.

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...