Saturday, September 19, 2009

Blacklist.sis

Blacklist, alias daftar hitam, adalah sebuah daftar yang mengerikan. Yang dapat disusun secara subyektif oleh diri sendiri. Dan digabung dengan kekuasaan, dapat “membunuh’ seseorang. Bagaimana tidak, seseorang atau sesuatu yang sudah dimasukkan dalam blacklist sepertinya tidak lagi punya hak untuk eksis di dalam otak yang membuatnya.

Android Blacklist Application Logo

Ada satu aplikasi di sistem operasi (handphone) symbian ~ dan yang lain juga sih, yang sifatnya seperti pedang tajam bermata dua. Sebut saja Blacklist.SIS. Blacklist yang ini dapat memblokir panggilan masuk, atau bahkan ada yang bisa memblokir SMS masuk. Yang menyebalkan, beda dengan answering machine, blacklist tidak memberikan sama sekali kesempatan untuk terkoneksi, hanya milidetik (mungkin), ketika panggilan tersambung, program blacklist akan otomatis mereject panggilan itu dengan nada sibuk.

Dari dulu tentu saja ada kontroversi apa saja atau siapa saja yang dapat dimasukkan ke dalam blacklist. Seorang PNS yang komplain tentang SUTET ke ibu negara tentu saja tidak dapat dimasukkan ke dalam Blacklist, keluhannya tentu saja harus didengar, SMSnya harus dibaca. Jangan salahkan sang PNS karena dia hanya meminta haknya yang tidak diberikan oleh negara.

Blacklist bagi gw adalah aplikasi pengecut apabila dipakai untuk memblok orang yang tidak kita sukai. Blacklist bisa menjadi tameng ketika ada banyak panggilan iseng ke nomer gw, tapi apakah jika seseorang yang sudah gw kenal lama, kemudian bikin masalah dengan gw, maka akan gw blacklist nomornya? TIDAK. Itu pengecut namanya. Blacklist tidak digunakan untuk menghindari masalah.

Blacklist, alias aplikasi pemblok, harusnya hanya digunakan murni untuk memfilter orang-orang yang tidak kita kenal, yang pure annoying, yang mengganggu kehidupan. Kombinasi kayak gini bisa dipake:

  1. Orangnya nggak dikenal.
  2. Nelepon cuma sey hello.
  3. Cuma mau manfaatin pulsa gratis atau SMS gratis.
  4. Nggak kira-kira nelepon atau SMSnya jam 2 pagi.

Jika gw kenal orangnya, dan gw sedang kesel, atau orang itu emang annoying. Gw cukup pasang ringtone khusus silent untuk orang itu. Masa sih hape yang bisa blacklist ga bisa ngatur personal ringtone di phonebooknya? Dan kalo misalnya kamu keganggu suara dering SMS atau telepon jam 2 pagi dari orang yang kamu kenal, kan bisa aja kamu set profil kamu ke VIBRATE. Tak perlulah pake aplikasi blacklist.

Kalau misalnya lo kenal orangnya, dan kebetulan orang itu sedang bermasalah dengan lo, jangan jadi pengecut, hadepin donk. Jangan malah di-blacklist. Karena siapa tau, orang yang lo ga suka itu sedang butuh pertolongan dari lo. Dan kebetulan, cuma lo yang bisa nolong. Kalo sampe itu adalah life threatening matter, dan orangnya sampe meninggal, bisa jadi lo termasuk orang yang berkontribusi atas meninggalnya orang itu.

Jadi? Siapa yang lo blacklist sekarang?

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...