Friday, October 16, 2009

Gempa Jilid… Sekian…

Serasa di Jepang gitu deh…

Kayaknya masyarakat Indonesia sudah harus menjadi terbiasa dengan yang namanya gempa bumi, nggak harus nyangkutin lagi dengan hal hal mistis, dan harus dibekali pendidikan kalau yang namanya gempa “hanyalah” bersumber dari 3 hal, pergerakan lempeng tektonis bumi, aliran magma bumi, dan… buatan.

Gempa Ujung Kulon

Seperti “biasa” juga, gempa baru saja melanda Indonesia setelah beberapa hari yang lalu ada gempa di Padang, beberapa minggu yang lalu juga ada gempa di Tasikmalaya. USGS mencatat, ada 47 gempa yang tercatat di wilayah Australasia baru baru ini. Jumlah yang gw quote tentu saja akan berbeda karena PHP yang gw link adalah PHP realtime.

Yang menarik bagi gw adalah “pengamanan” dan kesiapan kita ketika akan terjadi gempa. ada berita yang terpampang di detik, kalau anggota DPR yang baru aja dilantik itu, mau nonjok pegawai sana karena pintu darurat yang terkunci.

Gw merasa ini adalah hal yang sangat wajar dan dapat dimaafkan. Kenapa? Karena ketika gempa, yang gw sering bilang adalah satu satunya ‘bencana alam’ yang terjadi di Indonesia, semua diwajibkan menjadi manusia. Tidak ada lagi title melekat, tidak ada lagi agama melekat, tidak usah merasa aku lebih kuat, dan tidak usah pengen mati juga. Ketika terjadi gempa, diharapkan semua orang menyelamatkan diri, dengan tenang (ini yang susah kalo gempanya gede).

Tapi, bagaimana kalo sarana untuk menyelamatkan diri itu terkunci? Wajarlah para anggota DPR itu marah. Gw juga kalo ada disana bakal ngamuk abis abisan kale. Intinya, lu mau coba bunuh gw yah?

Saya enggak mengerti dengan beberapa gedung di Indonesia yang secara parno mengunci tangga darurat, pintu darurat, dan tidak punya mekanisme untuk membukanya secara otomatis.  Ya saya juga mengerti kalau “demi keamanan” tangga darurat suka dikunci. Well, gw juga pernah melakukan hal hal yang “menegangkan” sih di tangga darurat. Tapi, kalau tidak ada sistem otomatis yang bisa membuka kunci itu? Jangankan ada gempa, lebih lagi gimana kalo kebakaran, saat semua jalan keluar terbatas, dan kemudian si “pemegang kunci” tadi udah kabur duluan kebawah?

Lift dan eskalator tidak dianjurkan untuk digunakan ketika ada gempa bumi. Jadi dimohon kesadarannya kepada para pemilik gedung, untuk tidak mengunci pintu darurat. Atau jika mau dikunci, anda harus memiliki sistem otomatis untuk membuka semua kunci itu ketika ada hal darurat yang terjadi.

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...