Saturday, October 24, 2009

Satu Charger, Semua HP! Akhirnya….

Akhirnya disahkan juga, peraturan yang menganjurkan para pembuat HP, dimanapun pabriknya, membuat satu charger yang sama (colokannya)...

Sebelumnya, setiap tahun, 51.000 ton charger dibuang (dengan HP-nya) karena nggak cocok dengan HP baru yang mereka beli. Dari dulu kita memang direpotkan oleh charger yang khusus. Satu charger untuk satu merek. Ga jarang satu merekpun punya banyak charger. Coba lihat laci. Ada berapa charger yang ada? di gw ada 3 charger.

Tapi ini sudah berakhir dengan disahkannya Perjanjian Internasional yang mengajurkan semua produk HP yang diproduksi oleh negara negara yang menjadi anggota ITU (International Telecommunication Union) memproduksi bentuk charger yang sama colokannya.

Manfaat jangka panjangnya, orang ga harus beli charger lagi kalo beli HP baru, cuma beli HPnya aja. Ujung ujungnya bagi konsumen, duit keluar buat bli HP akan semakin rendah. Charger kayak gini juga bisa di-rating, semakin bagus (mahal) chargernya, semakin awet, semakin efisien dan tentu saja, semakin ramah lingkungan. GSMA (Asosiasi GSM) memperkirakan kalau charger universal bisa mereduksi emisi gas rumahkaca dari pemakaian listrik sebesar 13.6juta ton per tahun.

"This is a significant step in reducing the environmental impact of mobile charging. Universal chargers are a common-sense solution that I look forward to seeing in other areas."

Malcom Johnson, Direktur Biro Standarisasi ITU

Meskipun tidak wajib. Sudah ada beberapa yang akan mengadopsi standar baru tersebut. Diantaranya, SonyEriccson.

"We are planning to launch the universal charger internationally during the first half of 2010. We will roll it out with new products as they launch."

Aldo Liguori, Humas SE

Bentuk Standar Charger

Seperti apa bentuk standar charger yang akan dipakai?

800px-USB_types_2[1]

Lihat yang paling kiri, kemungkinan besar itulah yang akan dipakai. Sering lihat? Tentu saja karena itu adalah USB Mikro-A. Kalau kamu punya kamera digital atau camcorder digital, banyak dari mereka yang sudah menggunakan charger ini.

Jadi nggak perlu repot lagi harusnya kalo mau ngecas HP...

 

Berita dicomot dari BBC News, dan PCMag. Gambar diciduk dari Wikimedia dengan sedikit editan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...