Saturday, October 24, 2009

Tips Berlangganan Internet Murah

Kita semua tahu, kalau di Indonesia, Internet adalah barang mahal, baik, hardware, maupun biaya bulanannya. Maka itu, sebelum langganan Internet, ada baiknya kamu perhatikan dulu beberapa hal hal dibawah ini. Biar enggak kecewa di kemudian hari, setidaknya, sampai barang yang kita beli menyentuh nilai "impas".

Kalaupun ada yang murah, kita harus nyari bener bener supaya service yang kita dapet juga enggak murahan. Tips ini meskipun berjudul hanya untuk Mobile Broadband, tapi juga mungkin bisa dipakai di koneksi internet lainnya seperti cable atau sattelite.

TIPS BERLANGGANAN MOBILE BROADBAND

Tentukan Siapa Yang Akan Melayani.

Ketika membeli produk mobile broadband, lihat baik baik apa yang akan dibeli. Apakah itu adalah produk GSM atau CDMA. Sampai berapa kecepatan yang dapat diraih. Bagaimana batasan layanan (kuota) jika ada.

Beberapa operator hanya melayani dalam kapasitas kecil. Layanan GSM misalnya, ada yang cuma memaksimukan dirinya dalam sinyal GPRS yang sangat kecil kalo untuk ukuran sekarang. Di sisi lain ada juga HSDPA yang walaupun kecepatan up to nya gede, tetep saja hasil yang didapat minimalis.

Tentukan Dengan Apa Kita Akan Mengakses Layanan Tersebut.

Mobile Broadband dapat diakses dengan 3 barang. HP, HP+Modem, atau Modem. Pastikan hardware yang kamu beli cocok dengan layanan yang kamu inginkan. Jika kamu membeli HP, pastikan kalau kamu hanya ingin mengakses layanan kamu lewat HP saja.

Pastikan juga maksimum speed yang dapat dicapai oleh perangkatmu. Tidak semua perangkat mengusung speed maksimum yang bisa didapat. Perhatikan istilah ini: GPRS, EDGE, CDMA 1X, 3G, EVDO Rev.0, HSDPA, EVDO Rev.A, HSPA, HSPA+. Semuanya memiliki batas maksimum kecepatan yang berbeda. Lihat tabel dibawah…

Device

(K)bit

(K)byte

GSM CSD 14.4 1.8
HSCSD 57.6 14.4
GPRS 57.6 7.2
CDMA2000 1x 153 18
EDGE (1 MS) 236.8 29.6
UMTS 384 48
1xEV-DO Rev. 0 2,457 307
1xEV-DO Rev. A 3,100 397
3xEV-DO Rev. B 9,300 5.400
HSDPA/HSUPA 14,400 1.800

 

Untuk EVDO Rev.B memang belum diimplementasikan di Indonesia, tapi beberapa provider digosipkan sudah akan menggunakannya. Sedangkan HSDPA, walaupun secara teoritis bisa sampai 14.400 alias 14Mb/s, tetapi setau gw layanan yang tersedia hanya sampai 3.2Mb/s saja.

Tanyakan Ke Operator Tentang Produk Yang Akan Dibeli

Tugas sales adalah menjelaskan. Jadi jangan takut untuk bertanya yang aneh aneh. Sales yang jujur akan menerangkan bagaimana kondisi layanan internetnya, apakah baik, atau "sedang dalam perbaikan". Jika anda menemui sales yang baeud, alias manyun. Jangan ragu untuk menampolnya dengan kata kata seperti: "udah kelakuan jelek, pasti layanannya juga jelek, untung mukanya ga bagus bagus amat juga."

Pastikan Daerahmu Sudah Tercakup Layanan.

Jangan mencak mencak apabila kamu hanya dapat GPRS, sedangkan kamu membayar HSDPA. Mungkin daerah kamu belum tercoverage BTS HSDPA, dan kamu lupa buat menanyakannya.

Kebanyakan kota besar terutama Jakarta, sudah banyak tercakup layanan HSDPA dan EVDO Rev.A sebagai layanan tercepat. Tapi kamu mungkin mau menanyakan dulu apakah layanan itu tersedia di daerahmu.

Hindari Daerah Terkutuk

Jika kamu tinggal di daerah dimana user sudah sangat jenuh, kamu akan mendapat speed yang sangat rendah dibanding di daerah yang usernya masih jarang. Inilah yang dinamakan Daerah Terkutuk. Jika kamu niat banget mau pake layanan dari provider tertentu, Pertimbangkanlah pindah ke daerah yang lebih lowong.

Cobalah Dulu Sebelum Membeli

Kalau bisa, cobalah dulu kemampuan produk yang kamu beli di tempatmu. Pinjamlah ke temanmu kalau provider tidak mau memberikan.

 

UPDATE

Jangan lupa membaca dengan teliti surat kontrak yang akan ditandatangani

jimbo0204@kaskus

Oh iya, lupa, kebanyakan dari kita langganan Prepaid. Jika kamu berniat untuk "ngontrak" alias bayar di akhir, atau istilah kerennya post-paid, jangan lupa untuk membaca kontrak dengan sejelas-jelasnya. Baca berulang ulang (biasanya sih 3x baru ngerti), kalo perlu pake kaca pembesar. Kalo ada yang nggak ngerti segera tanya. Jangan sampai nanti ngerasa dirugiin karena ada perubahan sepihak. Karena kalaupun mereka melakukan perubahan sepihak, adalah hak konsumen untuk tahu lebih dulu perubahan yang akan dilakukan.

 

  
Tabel diciduk sebagian dari Wikipedia. Lihat: Daftar Bandwidth pada Perangkat Bergerak
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...