Saturday, November 21, 2009

Chromium Series: Di Balik Terpal

Tulisan ini adalah bagian dari Chromium Series, dibuat untuk sistem operasi baru dengan kernel lama. Chromium OS dari Google. Untuk daftar lengkap tulisan tentang Chromium OS, klik disini.

Di balik terpal, alias under the hood adalah istilah yang dari dulu dipakai Chrome (browser) untuk menyebutkan “peraturan lain lain yang sebaiknya hanya diubah oleh orang yang ngerti cara penggunaannya, jadi kalau kamu masih newbie sebaiknya jangan sentuh!”

Ketika Chromium OS keluar kemarin, gw penasaran, bagaimana nasib pengaturan pengaturan di balik terpal itu? Apakah sama bagusnya dengan Chrome?

Under The Hood

Sori, gw hanya ada skrinsut untuk Windows. Tapi gw bisa pastikan (karena tadi malem gw udah download VMWare image untuk Chromium dan udah dicoba di VMWare 7) kalau isi “under the hood” di Chromium nyaris sama saja.

Ya, ini memang early developer build. Tapi dari yang gw lihat, interfacenya kok sama yah dengan yang namany KDE/Gnome like? Artinya? Apakah ada pengembangan berarti dari Chrome? Gw rasa sama saja.

Tapi ada setting “under the hood” lain yang penting, seperti device and peripherals, network settings, dsb. Nggak bisa semuanya bergantung ke LAN atau zero configuration seperti Wi-Fi kan? Pengaturan device pun belum ada. Kalau hal ini nggak ada, repot donk, karena seperti Motorola Q yang kupunya, defaultnya hanya berjalan di kecepatan 200kbps-an saja. Jauh dari potensinya yang 2.4 mbps. Lagi lagi, ini adalah early developer build. Jadi wajar kalau setting belum lengkap.

Oh iya, Chromium akan dilepas ke versi mature sekitar… satu tahun lagi. Mari kita pantau saja perkembangannya seperti apa.

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...