Friday, November 27, 2009

Idul Adha: Kambing vs Domba.

Sumpeh, waktu gw tau apa yang tidak ga tau, gw merasa sangat bodoh. Kok bisa bisanya sampe gw nyaris 25 tahun, belum tau antara kambing sama domba?

Hari ini kan Idul Adha tuh, pasti donk banyak daging berkeliaran. Bagi yang ngekos kayak gw, ini saatnya sedikit perbaikan gizi, karena jarang jarang gw makan pure beef. Seringan makan nasi padang dsb, pokoknya bentuk daging yang udah dikutak katik terlalu banyak. Nah, hari ini kebetulan ada ~menu standar ~ sate dan gule.

Lha, kan gw spontan bilang, ini nggak bau? diapain? Kakak gw bilang, ini kambing, bukan domba. Kalo domba biasanya jadi bau, kalo kambing nggak bau. Set!!! Gw langsung bingung, lho, apa bedanya domba sama kambing? Perasaan dagingnya kayak gitu gitu juga, lebih alot, dan bisa bikin darah tinggi. Lha terus apa bedanya? Sumpeh gw ga gitu mudeng. Sampe pulang ditunjukin itu kambing itu domba belum mudeng juga.

Akhirnya gw nyentuh internet dan sesegera mungkin nyari yang mana kambing yang mana domba.

Kambing

Jujur ini seperti yang gw bayangin, bertanduk, berbulu lurus, dan berbunyi mbeeek…

800px-Domestic_goat_feeding_on_capeweed

Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya (daerah "Bulan sabit yang subur" dan Turki) dan Eropa. Kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang. Kambing liar jantan maupun betina memiliki tanduk sepasang, namun tanduk pada kambing jantan lebih besar.

Kambing di Wikipedia

Domba

Nah ini. Sebenernya juga aku kenal. Ini juga seperti yang gw sering lihat di tayangan tayangan TV australia soal pemotongan bulu domba yang dijadiin bulu wol.

394px-Flock_of_sheep

Domba atau Biri-biri adalah ruminansia berkaki empat dengan rambut wol. Yang paling dikenal orang adalah domba peliharaan (Ovis aries), yang diduga keturunan dari moufflon liar dari Asia Tengah selatan dan barat-daya. Untuk tipe lain dari domba dan kerabat dekatnya, lihat kambing antilop. Domba berbeda dengan kambing.

Domba di Wikipedia

Jelas kan? Wikipedia aja bilang, “domba berbeda dengan kambing”. Kalo wikipedia sampe kudu nyebutin seperti itu. Berarti selain gw juga ada banyak orang yang menganggap kambing = domba.

Lha terus apa yang bikin gw bingung? Ternyata ada satu spesies domba, yang bikin gw bingung. Ini dia:

garut

Ternyata gw nyamain kambing dengan domba garut! Ya jelaslah gw jadi bingung, padahal harusnya ga usah bingung gitu! Hehehe… Jadi malu sendiri gw.

Domba Garut yang sekarang ini berasal dari domba Merino yang masuk ke kota Garut pada tahun 1869, dan terjadi persilangan dengan domba lokal dan domba Kaapstad, kemudian secara bertahap menyebar ke beberapa wilayah seperti ke Limbangan, Kabupaten Sumedang dan Bandung (Merkens dan Soemirat, 1926 Dalam Heriyadi. , 2008).

Penelitian dan Pengembangan Departemen Pertanian (PDF)

Ooo… jadi emang ada domba yang bertanduk kayak kambing ya?

Lha terus giman cara bedain antara domba dan kambing? Cara gampangnya sebenernya lihat bulunya, bulu domba lebih halus daripada bulu kambing. Soal bau yang dihasilkan? Aduh, entah ya….

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...