Monday, November 2, 2009

Kebohongan Dalam Iklan AXIS

Sudah lihat iklan AXIS (GSM) yang mengadakan Internet Unlimited? Kalau nggak diperhatikan dengan baik dan benar, anda bisa saja kemakan iklan bohong yang mematikan ini:

“Internet Unlimited mulai dari Rp. 1500 per hari.”

Iklan AXIS

Mari kita lihat definisi dari Unlimited…

limitless or without bounds; unrestricted

Wiktionary

Jelas bahwa yang namanya unlimited artinya tidak terbatas. Dalam masalah mobile broadband, biasanya ada tiga buah restriksi, yaitu durasi, kecepatan, dan aliran data.

  • Durasi
    Koneksi dibatasi oleh durasi, durasi 5 jam berarti koneksi akan terhenti setelah 5 jam. Jika unlimited, maka koneksi tidak dibatasi berapapun jam-nya (selama berlangganan) dan jam berapa bisa terkoneksi.
  • Kecepatan
    Koneksi dibatasi kecepatan, kecepatan maksimum (biasa disebut up-to) 384 kbps berarti koneksi akan terbatas hingga maksimum 384kbps. Jika unlimited, berarti tidak ada batasan kecepatan, batasan kecepatan adalah batas maksimum yang disalurkan oleh jaringan. Lihat post tips berlangganan internet murah untuk mengetahui batas kecepatan yang disupport tiap jaringan.
  • Aliran Data
    Koneksi dibatasi dengan batasan data. Koneksi berbatas 10GB artinya, setelah 10 gigabyte, ada konsekuensi yang akan terjadi, bisa bandwidth throttling, pemutusan (paket habis), atau bayar tambahan. Jika unlimited, artinya tidak ada batas berapa besar data yang bsia dialirkan.

Biasanya, dalam suatu terms and condition internet unlimited yang umum di Indonesia, ada satu limit absolut yang berlaku, biasanya batasan kecepatan, dan satu limit semu, yaitu batasan aliran data.

Fair Usage Policy

Untuk membatasi user yang ngabisin data banyak banget per bulan, biasanya ada batasan semu aliran data yang disebut “Fair Use Policy”. Dalam banyak kasus, setelah melebihi kuota biasanya bandwidth akan diturunkan ke 64kbps atau 128 kbps. Pokoknya cukup kecil-lah.

Tapi adanya fair use policy ini tidak berarti koneksi putus. biaya tambahan pun tidak dikenakan. Artinya pula koneksi masih tetap dalam kondisi “unlimited” karena kita masih bisa mendownload sebanyak yang kita mau, selama yang kita mau, dengan kecepatan maksimum yang ditentukan. Wajar? Wajar banget…

KAsus Iklan AXIS

Lalu kenapa AXIS saya bilang berbohong? Lihat gambar dibawah…

www.axisworld.co.id_1257165020444 

Gambar diatas saya ambil dari website axis dengan sedikit edit. Full image dapat dilihat disini. Disebutkan disana axis menyelenggarakan paket “unlimited” dengan cara membatasi pelanggan dengan kuota.

Dimana bohongnya? Ini dia.

Tag dalam iklan “internet unlimited mulai Rp. 1.500” tidak benar, sebab dapat dilihat sendiri paket yang berbayar 1.500 memiliki kuota 2MB. Artinya, telah melanggar prinsip unlimited yang ketiga, yaitu bebas restriksi aliran data.

Dalam tabel yang sama, AXIS menyebutkan, kalau mau unlimited bayar Rp. 400.000. Dengan keterangan, Fair usage policy sebesar 5GB. Jika setelah 5GB hanya ada restriksi pembatasan, maka AXIS masih bisa disebut unlimited. Namun, AXIS menyebutkan, setelah 5GB, pengguna harus mulai membayar Rp. 1/kb. Gw jadi bingung, apanya yang unlimited? Axis melanggar prinsip unlimited ketiga, dimana data yang dialirkan dalam satu periode langganan tidak boleh dibatasi, alias tidak ada tambahan tagihan.

Jadi, kesimpulannya, AXIS harus merevisi salah satunya. Entah iklannya, entah programnya. Yang jelas, Semua Koneksi “Unlimited” AXIS, gagal memenuhi standar prinsip unlimited, yaitu membatasi aliran data.

1 comment:

  1. berarti dibilang gsm yang baik, ternyata nakal jg y...

    ReplyDelete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...