Monday, November 2, 2009

www.honocoro.com, URL untuk semua

Hanacaraka atau dikenal dengan nama carakan atau cacarakan (bahasa Sunda) adalah aksara turunan aksara Brahmi yang digunakan atau pernah digunakan untuk penulisan naskah-naskah berbahasa Jawa, bahasa Madura, bahasa Sunda, bahasa Bali, dan bahasa Sasak.

Wikipedia

40 tahun setelah koneksi pertama antar komputer, ada breaktrough baru bagi Internet. Kemarin, ya beberapa hari yang lalu sih sebenarnya, ICANN, alias badan yang meregulasi nama domain internet di seluruh dunia, memutuskan untuk memperbolehkan dipergunakannya script selain latin dalam pembuatan domain internet.

800px-Hanacaraka-jawa 

Alamat internet diatas adalah palsu, tapi mulai beberapa minggu lagi, domain seperti honocoro.com sudah mulai bisa didaftarkan. Website dengan domain seperti diatas sudah bisa mulai live sekitar tahun depan. Dan diperkirakan akan mulai booming pertengahan 2010.

Konsekuensi

Konsekuensinya besar, positif dan negatif. Positifnya, negara negara yang menggunakan skrip selain latin seperti Jepang, Cina, Korea, Rusia, Thailand, bisa mulai menggunakan huruf native-nya untuk mengetikkan alamat website. Tak ada lagi acara ke control panel dulu, mengganti keyboard language, mengetik alamat URL, lalu ke control panel lagi, untuk mengganti keyboard untuk menulis email dengan skrip native-nya.

Negatifnya? URL yang sangat lokal tidak bisa diakses semua kalangan. Artinya, kalau mau ngetik URL yang honocoro.com dalam skrip jawa, harus mengerti dulu skrip jawa, dan mengganti keyboard languange dengan skrip jawa. Cape…

Negatif dua, buat para developer dan pemilih domain. Kini pemilik domain harus mendaftarkan dua domain sekaligus atau lebih. Domain honocoro.com harus didaftarkan dalam bentuk latin maupun bentuk skrip jawa. Tambahan biaya yang nantinya akan masuk ke user.

Anyway, pembuatan domain ber-UTF-8 sesungguhnya perlu disambut baik, agar internet semakin global (kayak yang belum global ajah…).

 

Catatan:
Bagaimanapun kamu menulisnya dan menyebutnya, gw akan menggunakan kovensi penulisan sesuai penyebutan. Bukan penulisan sesuai aturan. Jangan ditiru untuk dokumen resmi.
www.honocoro.com adalah domain fiktif yang digunakan sebagai contoh dan tidak mengarah ke situs yang sebenarnya. mengkliknya pada saat tulisan ini dibuat mengakibatkan error 404 (tidak ditemukan).
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...