Sunday, December 27, 2009

Carrefour, “Kami Ganti 10x Harga Selisihnya!” Caranya?

Ke Carrefour iseng karena abis ke Griya Hemat, sekalian bener-bener ngebandingin bener lebih hemat apa enggak. Kalau ternyata bener Griya Hemat lebih hemat, kan lumayan bakal dapet penggantian ongkos angkot. Kenapa? Karena Carrefour bilang, kalau yang lain lebih murah, kita ganti 10x lipat. Katanya begono.

Nah, gimana cara untuk mendapatkan klaim 10 kali lipat? Ini menurut Customer Service yang gw temui di Carrefour Kiaracondong kemarin siang:

  • Produk yang dibandingkan harus bukan dalam masa promosi.
  • Produk harus dibeli di kompetitor* yang jaraknya maksimum 2km dari lokasi gerai Carrefour.
  • Produk harus dibeli pada hari yang sama.
  • Produk bermerek sama dan berukuran (volume pembelian) sama**.
  • Yang dijamin hanya produk:
    • Makanan (termasuk makanan mentah, makanan instan, kalengan, sayuran, daging, buah, produk susu dan yang dibuat dari susu, beras. Tidak termasuk roti, pastry dan turunannya serta instant salad)
    • Deterjen (termasuk pelembut pakaian).

Carrefour - Yogya

Sebenarnya agak bertentangan dengan apa yang gw baca di situsnya Carrefour Indonesia:

Hanya berlaku untuk produk kebutuhan sehari-hari (grocery) dan produk segar, kecuali departemen Bakery dan Salad Bar.

Carrefour Indonesia: Komitmen

Produk grocery kan banyak, nggak cuma deterjen. Termasuk sabun cuci piring, hard cleaner macam Vixal, pembersih lantai, bahkan pasta gigi (klaim brand Enzim) juga ada yang menggunakan unsur deterjen. Hmmm…

Worthed WORTH IT Gitu?

Klaim hanya bisa dilakukan untuk maksimal 5 jenis barang yang berbeda dan setiap jenisnya maksimal 1 unit atau seberat 1 kg, nilai maksimum pengembalian Rp. 100.000,00 dari setiap struk pembelanjaan.

Carrefour Indonesia: Komitmen

Lumayan worthed layak sih harusnya. Duit 100 ribu bisa buat beli bensin, atau… pesen Sensasi Delight di Pizza Hut kan? Tapi bagaimanapun maksimum pengembalian seratus ribu tadi berarti cuma perbedaan hingga maksimum 10 ribu rupiah saja yang akan diakui. Perbedaan sepuluh ribu tadi maksimum juga dalam 5 produk yang berbeda.

Jadi gimana strateginya? Kalau misalnya perbedaan lebih dari 10ribu, atau diatas 5 barang, sodorin aja yang kombinasi perbedaannya paling besar.

Siapa Itu Kompetitor?

Perbandingan selisih hanya bisa dilakukan untuk gerai moderen (Griya/Yogya, Giant Superindo, Hero dan Hypermart) yang berjarak maksimum 2 km dari Carrefour tempat Anda mengklaim dan tidak berlaku untuk pembelian di pasar tradisional atau toko kecil.

Carrefour Indonesia: Komitmen

Artinya, kalau di sekitar gerai Carrefour tidak ada Griya/Yogya, Giant, Hero, atau Hypermart, maka kamu nggak bisa “menikmati” jaminan 10 kali lipat penggantian ini.

Dalam contoh kasus Carrefour Kiaracondong, yang menjadi Kompetitor adalah Griya Hemat (+/- 500m), Griya Buahbatu (+/- 1400m) dan Hypermart MTC (+/- 2000m, nyebrang, bukan muter pake mobil). Kalo diterjemahkan dengan tarif angkot, ya 2000 rupiah lah maksimum perbedaannya. Lumayan kan? Sapa tau kamu bisa pulang naik angkot gratis. Cuma butuh perbedaan 200 rupiah aja lho buat nutupin biaya angkot itu!

Kenapa Borma (+/- 300m) nggak masuk dan dianggap bukan kompetitor? Mungkin, Borma masih dianggap supermarket lokal yang ukurannya enggak seberapa. Tapi kalau dipikir, Borma juga harganya nggak kalah miring dengan yang lain lho, apalagi untuk produk kebutuhan sehari-hari, snacks sama plasticware.

Lalu bagaimana hasilnya? Baca Head to Head: Carrefour Kircon vs. Griya Hemat.

3 comments:

  1. asik nih blognya, investigatif! keep rocking on!

    ReplyDelete
  2. mohon maaf, untuk aturan baru yang ada..carrefour sudah memiliki kebijakan yang menguntungkan customer..bisa di cek langsung ke toko nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa nggak langsung dibagiin disini aja? Oh mungkin biar pas di KASIR bisa langsung diseret buat diprospek beli asuransi MEGA ya?

      Hehehehe.

      Delete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...