Thursday, December 24, 2009

Chromium Series: Ide Untuk Enterprise

Tulisan ini adalah bagian dari Chromium Series, dibuat untuk sistem operasi baru dengan kernel lama. Chromium OS dari Google. Untuk daftar lengkap tulisan tentang Chromium OS, klik disini.

Kebetulan, setelah “berbincang” lewat status facebook, gw jadi gatel untuk sedikit mengeksplorasi (lagi) tentang Chromium OS dan Cloud Computing alias Komputer di Awan. Kok bisa?

Kalau kamu bisa bahasa inggris dan pengen penjelasan bentuk video, silahkan play video dibawah.

Kalo enggak bisa bahasa linggis, atau punya koneksi internet yang lemot, mari kita talking with indonesian ajah (chincha lawra banget nggak seh?).

In Simple Explanation

Apa yang bikin Chromium berbeda? Chromium OS atau Google Chrome OS adalah sebuah operating system yang HANYA berisi sebuah browser. Tidak ada apapun selain sebuah browser dan tidak butuh yang lain. Hanya browser.

Jika kamu menyalakan komputermu, komputermu bakal melakukan serangkaian daftar sangat panjang sampai kamu setidaknya bisa membuka start menu dan membuka sebuah program.

video_4.mp4_snapshot_01.41_[2009.12.24_10.26.36]

Nah, ide utama dari Chrome adalah, bagaimana mencoret banyak hal dari gambar diatas. Kalo ada banyak yang memakan waktu dari OS modern untuk “naik”, sebenarnya adalah startup apps, termasuk didalamnya memulai deteksi antivirus.

video_4.mp4_snapshot_00.32_[2009.12.24_10.24.38] 

Biasanya, kita menyimpan semua aplikasi dalam komputer kita, termasuk browser. Dari browser kita mengakses segala macam berita, game, belanja, media, email, jaringan sosial, bahkan dokumen. Nah dengan Chromium OS semua aplikasi itu disimpan di internet, termasuk dokumennya, saved setting game, media, dsb.

Karena semua dokumen dan aplikasi disimpan di internet, maka tidak perlu lagi load aplikasi yang berlebihan. Semua update software pun tak perlu dilakukan, walaupun gw yakin kita sendiri masih harus meng-update si Chrome OSnya sendiri. Antivirus pun nyaris tidak diperlukan, ini berkat basis Chrome OS, yaitu Linux.

Enterprise Idea

Lalu, apa gunanya Chrome OS bagi enterprise? Setidaknya, enterprise bisa memanfaatkan kode dari Chrome OS untuk membuat OS mereka sendiri, yang sama sama cloud based.

Komputer di Awan ini membuka peluang baru, tentu saja duit yang lebih gede. Untuk sebuah aplikasi di awan. Misalnya, software maker kini bisa membuat software word processing berdasarkan Openoffice.org yang cukup ditempel di server, dan bisa diakses ke semua cloud based station di LAN-nya. Ah kuno itu, udah sering!

Sekarang, pikir bagaimana jika pekerja lapangan juga memakai OS yang cloud juga, mengambil data ke server dengan browser, mengeditnya, lalu menyimpannya di server lagi. Sounds better kan?

video_4.mp4_snapshot_02.47_[2009.12.24_10.27.50]

Here’s next. It’s open source. Artinya, semua orang yang bisa menggunakan browser, pasti bisa menggunakan cloud OS. sistem openoffice yang nggak terlalu jauh dengan microsoft office juga nggak bikin ribed kan? And best of all, it cost ZERO for license. Cukup “menyewa” pekerja IT yang baik dan penyayang, cekoki dia dengan duit yang cukup untuk research and development, dan jadilah, Chrome OS customized for your company.

Gw yakin cost yang diperlukan nggak sebanyak beli lisensi bertumpuk buat banyak aplikasi plus masih harus nyewa IT cuma buat “tukang upgrade” doank.

Institusi negara juga bisa memanfaatkan sistem seperti ini. Kepolisian misalnya dapat mengakses data penjahat dengan lebih cepat karena semua informasi disimpan di sebuah server. TNI bisa mengakses logistik dengan lebih cepat dan akurat, apalagi kalo sudah digabungkan dengan GPS.

By the way, ini ide. Perlu implementasi besar untuk merealisasikannya, baik tenaga maupun duit. Sekarang tinggal… mau atau tidak? Kalo gw? Gw kan bukan programmer, gw kan desainer. Heheheh…

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...