Sunday, December 13, 2009

“Sumpeh! Gue Ga Kenal!” Kata Pejabat…

"Saya tidak pernah melakukan komunikasi dalam bentuk apapun. Saya tidak pernah menelepon, saya tidak pernah ditelepon. Saya tidak kenal, saya tidak pernah bertemu dengan seorang yang bernama Robert Tantular,"

Sri Mulyani, Menteri Keuangan

WOW! Siapapun yang mendengar perkataan itu akan WOW! Apalagi kalau sudah dikaitkan dengan jabatannya yang juga WOW! Pertanyaan besar: mengapa Sri Mulyani, Menteri Keuangan, tidak mengenal, tidak pernah berkomunikasi, tidak pernah menelepon, yang namanya Robert Tantular, konglomerat, pemilik perusahaan raksasa, dan tentu saja, pembayar pajak (kalau dibayar…).

Sri Mulyani (SM) ini jelas bullshit jika tidak mengenal seseorang yang bernama Robert Tantular (RT). Mari lihat kamus dulu:

ke·nal v 1 tahu dan teringat kembali: baru mendengar suaranya, aku sudah -- siapa dia; 2 tahu; mempunyai rasa: tidak -- malu; 3 pernah tahu (bersahabat): saya belum -- dng orang itu; 4 mengerti; mempunyai pengetahuan tentang: sebagian warga kita belum -- (aturan) hukum dan pajak;

ber·ke·nal·an v 1 bersalaman dsb agar (saling) mengenal; 2 bergaul atau bersahabat (dng): ia tidak mau ~ dng tetangga;

me·nge·nal v 1 mengetahui; kenal (akan); tahu (akan): tidak ~ kawan dan lawan; 2 mempunyai rasa: pd umumnya penyakit itu tidak ~ perikemanusiaan;

ke·nal-me·nge·nal v saling mengenal (mengetahui): ternyata keduanya belum ~;

me·nge·nali v mengetahui tanda-tandanya (ciri-cirinya): kau harus dapat ~ wajahnya agar tidak salah;

ter·ke·nal v dikenal atau diketahui umum; termasyhur; tersohor: kemanjuran obat ini telah ~ di seluruh dunia;

ke·nal·an n orang yg sudah dikenal; sahabat; teman: dia adalah ~ saya yg baik hati;

per·ke·nal·an n hal (perbuatan) berkenalan (memperkenalkan): ~ pertamanya dng wanita itu sangat mengesankan hatinya;

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dari definisi jelas, bahwa yang disebut dengan “kenal” tidak perlu “berkenalan”, “kenal” bisa juga tahu, tahu tentang seseorang, tahu tentang informasi seseorang. Dalam kasus ini, SM kenal dengan RT.

Bagaimana mungkin SM tidak kenal RT? RT adalah salah satu pembayar pajak yang besar di Indonesia. RT mempunyai banyak perusahaan. Sebagai pengusaha, RT tentu saja masuk KADIN. Lha, kok bisa sih? SM tidak mengenal sedikitpun profil RT? Pasti juga SM bisa mengenali foto RT ketika ditunjukkan.

Yang gw pikir, kalau memang pejabat negara ini nggak kenal siapa yang menjadi bawahannya, jelas itu pejabat aneh. Naik jabatan aja kudu “sosialisasi” kesana kemari, nggak mungkin naik jabatan 100% karena prestasi, pasti kudu berteman dengan orang orang di sekitarnya.

Lalu ini ada lagi pejabat negara, nggak tau orang seperti apa yang akan diaturnya? Jelas aja negara ini menjadi super bobrok! Pejabat negara itu pasti bakal buat aturan sendiri yang jauh dari aspirasi orang yang bakal diaturnya.

Sri Mulyani (_) Robert Tantular

Lha, trus? Kok bagaimana bisa SM tidak kenal RT? Tak mungkin. SM bohong besar kalo tak kenal RT. Setidaknya dalam rapat KKSK pasti disebutkan kalau pemilik Century adalah RT. Berarti dalam otak SM harusnya sudah tahu, minimum RT adalah pemilik Century yang memiliki aset sekian. Lalu kemudian mengambil “kebijakan” berdasarkan “perkenalan” itu.

Tolong deh bu Sri, nggak usah bikin statement aneh-aneh, anda sebagai pejabat negara sudah sepantasnya kenal, mengenal, berkenalan, dan mengenali Robert Tantular, sebagai pengusaha! Kalau misalnya anda tidak mengenal orang seperti ini, berapa besar potensi pajak yang hilang? Nggak usah sok ja’im dengan mengatakan “kan ada bawahan?” Bukannya anda mulai dari bawah? Tau donk bagaimana cara kerja yang di-“bawah”? Mereka pasti bakalan lapor ke anda.

Kalau misalnya anda menggunakan ajang kenalan tadi untuk hal-hal yang “bisa dikompromikan”, itu urusan Pansus Bank Century, bukan urusan rakyat  dengan anda. :D

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...