Thursday, December 31, 2009

Mau Ke Mana Malam Ini?

JKT BDG SMG YK SBY DPS
9_light_rain_driz[1] 9_light_rain_driz[1] 9_light_rain_driz[1] 9_light_rain_driz[1] 13_heavy_rain_showers[1] 9_light_rain_driz[1]
 
BKS BOO TGR DPK MDN MKS
9_light_rain_driz[1] 9_light_rain_driz[1] 8_black_lev_cloud[1] 9_light_rain_driz[1] 9_light_rain_driz[1] 13_heavy_rain_showers[1]

Wednesday, December 30, 2009

Mengenang Gusdur: Gitu Aja Kok Repot! (tm)

gusdur1

DPR kok seperti anak TK

gusdur2

Kalau dulu saya mengatakan DPR TK (Taman Kanak-kanak –red), sekarang malah playgroup.

gusdur3

Tidak boleh lagi ada pembedaan kepada setiap warga negara Indonesia berdasarkan agama, bahasa ibu, kebudayaan serta ideologi. 

gusdur4

Jadinya kita menjadi bangsa yang jadi bahan tertawaan orang. Masak Timor Leste yang kayak itu saja mereka bisa permainkan kita.

gusdurdanblonty

Seolah-olah Islam diwakili oleh mereka yang keras-keras itu. Enggak bener. 

gus-dur-di-sydney

Kalau sekarang ini ada yang menjelekkan nama Islam, kita didik agar membawa nama Islam yang damai. 

sm1gusdur2

Kita ini celaka. 70 persen tanah air kita laut, tetapi garam saja impor. Kalau bodoh sih gak apa-apa, tapi kalau disengaja kok bodoh. Saya tahu impor setiap satu ton dapat 10 dolar. Jadi impor itu hanya menguntungkan yang impor saja. 

SWC_GusDur

Guyonan CIA di Indonesia sudah tidak ada teroris lagi, karena semua teroris sudah jadi menteri.

486px-President_Abdurrahman_Wahid_-_Indonesia

Kemajemukan harus bisa diterima, tanpa ada perbedaan.

Gitu aja kok repot.

Rest in Peace: Abdurrahman Wahid

Untitled-1

Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

Monday, December 28, 2009

Head to Head: Carrefour Kircon vs. Griya Hemat

Kemarin, gw kan udah ngejelasin bagaimana cara mendapatkan return 10x lipat kalau harga di tempat lain lebih mahal daripada di Carrefour. Sekarang gw bakal membandingkan head to head, products by products antara Carrefour dan Griya.

Carrefour - Yogya

Beda jaraknya cuma sekitar 500 meter, kalau menggunakan angkot, paling biayanya cuma seribu rupiah. Nah, kira kira, mana ya yang lebih murah? Gw tidak akan membandingkan semua produk. Lagian cape amat gw musti nyatetin semua produk. Hanya beberapa item yang akan gw bandingkan. Tapi item item ini bisa dibilang mewakili kelas produk yang sejenis.

Fresh Department

Gw membandingkan jeruk shantang, telur, dan greenery.

wet (0)

Carrefour

 

Griya

10.800

Egg (per kg)

10.900

6.450

Shantang Orange (per kg)

6.500

packaged:
1000/pak

Greenery

all items weighted

bisa dilihat, Carrefour hanya unggul sedikit dalam urusan sayuran sedangkan sekilas urusan daging, Griya Hemat lebih mahal beberapa ratus rupiah daripada Carrefour Kiaracondong.

Canned and Instant Food Department

Gw membandingkan harga susu, bumbu instant dan agar agar.

canned foods donated

Carrefour

 

Griya

2.375

Diamond Milk (200ml)

2.575

1.750

Royco, pack 6x18gr

1.800

2.100

Swallow Globe Gelatin

1.975

Kecuali agar-agar, Carrefour lebih murah daripada Griya. Tapi perbedaannya tidak cukup signifikan kalau hanya beli dalam kuantitas kecil.

Grocery Department

Ini adalah salah satu yang dijamin 10x lipat oleh Carrefour. Gw agak sedikit sensitif di bagian ini. Tapi ada hasil yang sedikit agak mengejutkan. Gw hanya sempat membandingin 2 produk, Sunlight gel refill yang paling kecil, sama So Klin sekali bilas (bukan Molto!)

ALL_96oz_Stainlifter

Sunlight gel refill yang paling kecil (sekitar 100ml aja) di Griya harganya 1.575, kalau di Carrefour 1.890. Harga bukan promo di kedua toko. Ding, ding, ding, ding! Selamat! Anda berhak mendapat penggantian selisih harga 10 kali lipat di Carrefour! Syarat dan ketentuannya lihat disini. Sekarang mari kita hitung berapa keuntungannya. Selisih harga barang di kedua store adalah 1.890 – 1.575 = 315. Jadi penggantiannya sebesar 3.100 hingga 3.200! Lalu karena kita terpaksa beli dua biji seharga 3.465, dan kita mendapat penggantian 3.100. Maka kita dapet Sunlight itu cuma bayar 365 rupiah sadja! Menghemat 90%!

Produk yang kedua itu SoKlin sekali bilas. Di Griya harganya 6.250 (bandingin sama Molto yang bisa 8rb lebih!) tapi kemarin karena ada promo jadi harganya 5.625 sadja. Di Carrefour? Ajaib! Nggak ada! Nggak ada itu yang namanya SoKlin sekali bilas! Kenapa ya? Jangan jangan Molto memproteksi SoKlin di Carrefour? Hmm… bisa jadi.

Plasticware dan Utilities

Haduh, sebenernya sedikit nggak adil kalo ngebandingin plasticware (barang barang plastik) di Griya dan Carrefour. Kenapa? Soalnya Griya menang sangat sangat jauh. Beda harganya bisa sampe ribuan rupiah malah.

allprod

Komet Star container rata rata dijual di Griya sama Yogya bisa banting bantingan sampai hanya 6000 saja! Tapi kalau di Carrefour, Container yang berukuran sama bisa sampe 10 ribu lebih!

Utilities seperti di gelas juga, di Carrefour bisa satu setengah kali lebih mahal daripada Griya.

Jadi, memang untuk urusan makanan fresh, kecuali mie instant, Carrefour lebih murah daripada Griya. Tapi untuk barang barang yang bisa dipakai lama, jelas Griya jauh lebih murah.

Jadi pengen ke Mutiara Kitchen…

 

Disclaimer: Harga dipantau pada 26 Desember 2009. Saat anda membaca ini, mungkin harganya sudah berubah. Cek syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum menyetujui semua transaksi.

Sunday, December 27, 2009

Carrefour, “Kami Ganti 10x Harga Selisihnya!” Caranya?

Ke Carrefour iseng karena abis ke Griya Hemat, sekalian bener-bener ngebandingin bener lebih hemat apa enggak. Kalau ternyata bener Griya Hemat lebih hemat, kan lumayan bakal dapet penggantian ongkos angkot. Kenapa? Karena Carrefour bilang, kalau yang lain lebih murah, kita ganti 10x lipat. Katanya begono.

Nah, gimana cara untuk mendapatkan klaim 10 kali lipat? Ini menurut Customer Service yang gw temui di Carrefour Kiaracondong kemarin siang:

  • Produk yang dibandingkan harus bukan dalam masa promosi.
  • Produk harus dibeli di kompetitor* yang jaraknya maksimum 2km dari lokasi gerai Carrefour.
  • Produk harus dibeli pada hari yang sama.
  • Produk bermerek sama dan berukuran (volume pembelian) sama**.
  • Yang dijamin hanya produk:
    • Makanan (termasuk makanan mentah, makanan instan, kalengan, sayuran, daging, buah, produk susu dan yang dibuat dari susu, beras. Tidak termasuk roti, pastry dan turunannya serta instant salad)
    • Deterjen (termasuk pelembut pakaian).

Carrefour - Yogya

Sebenarnya agak bertentangan dengan apa yang gw baca di situsnya Carrefour Indonesia:

Hanya berlaku untuk produk kebutuhan sehari-hari (grocery) dan produk segar, kecuali departemen Bakery dan Salad Bar.

Carrefour Indonesia: Komitmen

Produk grocery kan banyak, nggak cuma deterjen. Termasuk sabun cuci piring, hard cleaner macam Vixal, pembersih lantai, bahkan pasta gigi (klaim brand Enzim) juga ada yang menggunakan unsur deterjen. Hmmm…

Worthed WORTH IT Gitu?

Klaim hanya bisa dilakukan untuk maksimal 5 jenis barang yang berbeda dan setiap jenisnya maksimal 1 unit atau seberat 1 kg, nilai maksimum pengembalian Rp. 100.000,00 dari setiap struk pembelanjaan.

Carrefour Indonesia: Komitmen

Lumayan worthed layak sih harusnya. Duit 100 ribu bisa buat beli bensin, atau… pesen Sensasi Delight di Pizza Hut kan? Tapi bagaimanapun maksimum pengembalian seratus ribu tadi berarti cuma perbedaan hingga maksimum 10 ribu rupiah saja yang akan diakui. Perbedaan sepuluh ribu tadi maksimum juga dalam 5 produk yang berbeda.

Jadi gimana strateginya? Kalau misalnya perbedaan lebih dari 10ribu, atau diatas 5 barang, sodorin aja yang kombinasi perbedaannya paling besar.

Siapa Itu Kompetitor?

Perbandingan selisih hanya bisa dilakukan untuk gerai moderen (Griya/Yogya, Giant Superindo, Hero dan Hypermart) yang berjarak maksimum 2 km dari Carrefour tempat Anda mengklaim dan tidak berlaku untuk pembelian di pasar tradisional atau toko kecil.

Carrefour Indonesia: Komitmen

Artinya, kalau di sekitar gerai Carrefour tidak ada Griya/Yogya, Giant, Hero, atau Hypermart, maka kamu nggak bisa “menikmati” jaminan 10 kali lipat penggantian ini.

Dalam contoh kasus Carrefour Kiaracondong, yang menjadi Kompetitor adalah Griya Hemat (+/- 500m), Griya Buahbatu (+/- 1400m) dan Hypermart MTC (+/- 2000m, nyebrang, bukan muter pake mobil). Kalo diterjemahkan dengan tarif angkot, ya 2000 rupiah lah maksimum perbedaannya. Lumayan kan? Sapa tau kamu bisa pulang naik angkot gratis. Cuma butuh perbedaan 200 rupiah aja lho buat nutupin biaya angkot itu!

Kenapa Borma (+/- 300m) nggak masuk dan dianggap bukan kompetitor? Mungkin, Borma masih dianggap supermarket lokal yang ukurannya enggak seberapa. Tapi kalau dipikir, Borma juga harganya nggak kalah miring dengan yang lain lho, apalagi untuk produk kebutuhan sehari-hari, snacks sama plasticware.

Lalu bagaimana hasilnya? Baca Head to Head: Carrefour Kircon vs. Griya Hemat.

Friday, December 25, 2009

Merry Christmas 2009

xmas

Question: Kenapa masih ada orang yang bilang kalau muslim tak boleh menyebut “selamat natal”?

Answer: Mereka tak cukup kuat imannya.

Thursday, December 24, 2009

Chromium Series: Ide Untuk Enterprise

Tulisan ini adalah bagian dari Chromium Series, dibuat untuk sistem operasi baru dengan kernel lama. Chromium OS dari Google. Untuk daftar lengkap tulisan tentang Chromium OS, klik disini.

Kebetulan, setelah “berbincang” lewat status facebook, gw jadi gatel untuk sedikit mengeksplorasi (lagi) tentang Chromium OS dan Cloud Computing alias Komputer di Awan. Kok bisa?

Kalau kamu bisa bahasa inggris dan pengen penjelasan bentuk video, silahkan play video dibawah.

Kalo enggak bisa bahasa linggis, atau punya koneksi internet yang lemot, mari kita talking with indonesian ajah (chincha lawra banget nggak seh?).

In Simple Explanation

Apa yang bikin Chromium berbeda? Chromium OS atau Google Chrome OS adalah sebuah operating system yang HANYA berisi sebuah browser. Tidak ada apapun selain sebuah browser dan tidak butuh yang lain. Hanya browser.

Jika kamu menyalakan komputermu, komputermu bakal melakukan serangkaian daftar sangat panjang sampai kamu setidaknya bisa membuka start menu dan membuka sebuah program.

video_4.mp4_snapshot_01.41_[2009.12.24_10.26.36]

Nah, ide utama dari Chrome adalah, bagaimana mencoret banyak hal dari gambar diatas. Kalo ada banyak yang memakan waktu dari OS modern untuk “naik”, sebenarnya adalah startup apps, termasuk didalamnya memulai deteksi antivirus.

video_4.mp4_snapshot_00.32_[2009.12.24_10.24.38] 

Biasanya, kita menyimpan semua aplikasi dalam komputer kita, termasuk browser. Dari browser kita mengakses segala macam berita, game, belanja, media, email, jaringan sosial, bahkan dokumen. Nah dengan Chromium OS semua aplikasi itu disimpan di internet, termasuk dokumennya, saved setting game, media, dsb.

Karena semua dokumen dan aplikasi disimpan di internet, maka tidak perlu lagi load aplikasi yang berlebihan. Semua update software pun tak perlu dilakukan, walaupun gw yakin kita sendiri masih harus meng-update si Chrome OSnya sendiri. Antivirus pun nyaris tidak diperlukan, ini berkat basis Chrome OS, yaitu Linux.

Enterprise Idea

Lalu, apa gunanya Chrome OS bagi enterprise? Setidaknya, enterprise bisa memanfaatkan kode dari Chrome OS untuk membuat OS mereka sendiri, yang sama sama cloud based.

Komputer di Awan ini membuka peluang baru, tentu saja duit yang lebih gede. Untuk sebuah aplikasi di awan. Misalnya, software maker kini bisa membuat software word processing berdasarkan Openoffice.org yang cukup ditempel di server, dan bisa diakses ke semua cloud based station di LAN-nya. Ah kuno itu, udah sering!

Sekarang, pikir bagaimana jika pekerja lapangan juga memakai OS yang cloud juga, mengambil data ke server dengan browser, mengeditnya, lalu menyimpannya di server lagi. Sounds better kan?

video_4.mp4_snapshot_02.47_[2009.12.24_10.27.50]

Here’s next. It’s open source. Artinya, semua orang yang bisa menggunakan browser, pasti bisa menggunakan cloud OS. sistem openoffice yang nggak terlalu jauh dengan microsoft office juga nggak bikin ribed kan? And best of all, it cost ZERO for license. Cukup “menyewa” pekerja IT yang baik dan penyayang, cekoki dia dengan duit yang cukup untuk research and development, dan jadilah, Chrome OS customized for your company.

Gw yakin cost yang diperlukan nggak sebanyak beli lisensi bertumpuk buat banyak aplikasi plus masih harus nyewa IT cuma buat “tukang upgrade” doank.

Institusi negara juga bisa memanfaatkan sistem seperti ini. Kepolisian misalnya dapat mengakses data penjahat dengan lebih cepat karena semua informasi disimpan di sebuah server. TNI bisa mengakses logistik dengan lebih cepat dan akurat, apalagi kalo sudah digabungkan dengan GPS.

By the way, ini ide. Perlu implementasi besar untuk merealisasikannya, baik tenaga maupun duit. Sekarang tinggal… mau atau tidak? Kalo gw? Gw kan bukan programmer, gw kan desainer. Heheheh…

Wednesday, December 23, 2009

Modem EVDO 300 ribuan! Wait…

Pagi pagi gw udah dibombardir iklan seperti ini:

modem-3[1]

So delicious to miss kan?

Nah sekarang, kita lihat backrgoundnya dulu yah…

Pantech Curitel is a South Korean company specializing in manufacturing mobile phone terminals. It was established in 2000. Its market is mainly domestic, but Pantech Curitel also has interests in Brazil, Japan, Hong Kong, China, India, Europe, Australia, Taiwan, USA, Mexico and Canada. It is currently the third largest mobile handset maker in South Korea, behind Samsung and LG Group.

Wikipedia

Hm… kayaknya merek yang dapat dipercaya. Sekarang spesifikasi produknya:

  • Cellular Technology : CDMA 1X, EV-DO
  • Bands: 800, 850, 1900
  • 802.11x: No
  • Mac Compatible: No Yes?
  • Slot Type: PC Card
  • USB: Yes

Cukup menyenangkan kan melihatnya? Ternyata modem ini triple band. Bisa dipake di jaringan CDMA 850 dan 1900, alias bisa dipake di band 1900 seperti Smart dan operator CDMA 850 lain kayak Flexi dan Esia juga. Tapi teuteup… harus di unlock dulu. Harga unlocknya? Ga tau ya saya.

Is It Worth?

Review PC Magazine bilang kalau ini adalah modem yang paling lambat di kelasnya. Kamu lebih baik beli Sierra Wireless. Sedangkan Tech Freak bilang satu satunya kelemahan dari modem ini adalah tidak support Mac. Tapi menurut Mobile 8, Pantech PX 500 sudah support Mac.

px-500

299 ribu juga harga yang menggiurkan, tapi kalau berlabel cuci gudang? waitaminute… pasti ada apa apanya donk. Tentu saja, lihat syarat dan ketentuannya seperti biasa:

  • Harga khusus diatas dengan pembelian voucher Rp 100 ribu
  • Harga belum termasuk PPN

Artinya, untuk membeli modem seharga 299 ribu ini, kamu harus mengeluarkan tambahan 100 ribu untuk membeli voucher. subtotal, 399 ribu. Lalu ditambah PPN 10% sebesar 29.900 (voucher 100 ribu sudah termasuk PPN). Jadi total duit yang harus kamu siapin untuk beli modem adalah Rp. 428.900,00 tambah ongkos, tambah makan di mall, jadi Rp. 450 ribu sadja.

Harga normal untuk modem ini adalah 499 ribu, belum termasuk voucher dan PPN, atau Rp. 548.900,00. Atau hemat sekitar 21,86% belum termasuk ongkos dan jajan di mall.

Sounds good? Sekarang terserah anda. Gw sih udah punya yang lain, cuma mengabarkan aja. Inget, penawaran hanya berlaku HARI INI. Kalo mau beli, silahkan disini cari di Annex Kebon Sirih, Roxy, dan Margonda. Kalau di Bandung ada di BEC, dan Surapati.

Info lebih lanjut, tanya SPGnya, tapi baca dulu disini sebelum nanya.

 

Update: Menurut PC Magazine, Pantech PX 500 tidak support mac, tapi kata Mobile 8 dia support, silahkan tanya lagi ke SPG/SPB yang sedang mejeng disana.

Monday, December 21, 2009

The Big Picture of 2009 - #3

Seri terakhir dari Big Picture of 2009. Kemarin ada Barack Obama sama Paris, yang biasa biasa aja. Sekarang ada beberapa kesenangan tapi juga ada kesedihan.

LTdF E13 17.7.2009 

Lance Amstrong, si tua bangka, eh maksudnya tua tua keladi ini masih sempet ikut Le Tour de France untuk yang kesekian kalinya. Sempat pensiun beberapa tahun, lalu dituduh doping dsb dst dll. Lagian emang agak nggak wajar, muterin Prancis semingguan dengan kecepatan 40km/h kok kakinya bisa sehat. Etappe 13, Le Tour de France, 17.7.2009.

Padang 30.9.2009

@tifsembiring makin miring. Katanya musibah yang terjadi di Indonesia itu karena kita ngakses gambar porno. Oh baru tau gw kalo jaringan fiber optik bisa menggeser lempeng bumi. Gambar diatas adalah sisa sebuah bangunan GOR di sebuah universitas di Padang setelah gempa besar. Padang, 30.9.2009.

Space Ship 2 7.12.2009

Versi 2.0 dari Space Ship dinamain SpaceShipTwo by Virgin Galactic. Pesawat ini bisa naik turun pe.pe. ke dan dari ketinggian beberapa ratus kilometer. Jadi katanya bisa bikin efek melayang kayak kalo naik pesawat luar angkasa yang beneran. Mau numpang? Boleh, siniin dulu duit $200.000 yah!

Bog Snorkeling Peatlands Park, Dungannon 26.7.2009

Festival tahunan juga tetep dilaksanakan. Yang namanya festival selalu juga dilakukan dengan cara yang aneh aneh. Misalnya… menyelam dalam lumpur. Jadi inget film Indonesia, Bernafas Dalam Lumpur. Oh iya, versi lain dari menyelam dalam lumpur juga ada, bersepeda dalam lumpur, berenang dalam lumpur, dan mandi lumpur… tengah malam. Peatlands Park, Dungannon 26.7.2009

Gloucester,

Yang satu mandi lumpur yang satu lagi sibuk guling guling ngejar keju. Katanya sih event ini udah berusia sekitar 200 tahun. Tapi entahlah, yang pasti kalo ikutan festival yang satu ini pasti ada tulang yang patah. Lihat gambar, orang yang sedang jungkir kebalik itu tangannya patah pas tiba di garis finish. Tapi seneng seneng aja tuh. Gloucester, 5.2009

Oke kalo begitu, kira kira apa lagi ya yang bisa dijadiin “urutan” menjelang 2010? Hm…

 

all pictures © Boston Globe
The Big Picture @ Boston Globe, part 3

Sunday, December 20, 2009

The Big Picture of 2009 - #2

Kemarin ada Barack Obama, pesawat, Felipe Massa yang matanya kejedot mur, gunung meletus sama tinta pemilu di India kalo dibandingin sama Indonesia. Sekarang bagian part 2 nya dari seri The Big Picture yang diambil dari Boston Globe.

904_21377647[1]

Ini, pemanasan global, ah yang bener? Gosipnya katanya pemanasan global cuma jadi kotak sumbangan buat scientist? Dan yang namanya 2012 hanya fenomena perihelion. Gak tau deh. Yang pasti, patung es beruang kutub diatas nggak bakal ditemui di acara kawinan. Copenhagen, 8.12.2009

917_18644869[1]

Eh gimana sih bintang bisa difoto berputar? Pan objek yang difoto, yaitu menara observasi Cornwall sama sekali nggak muter? Cape Cornwall, England, 2.4.2009

919_21313143[1]

Kalo ada “mobil berlarian di depan halaman rumah anda” itu biasa, tapi kalau kamu lebih milih berjemur dan menyia-nyiakan tiket GP Monaco yang katanya hanya bisa dihadiri oleh orang berduit (dan berjudi), kayaknya capek deh. Kalo mau berjemur kenapa nggak di Pangandaran aja? Monaco 21.5.2009

923_21327157[1]

Gak “all about” Michael Jackson sih. Tapi agak kaget juga waktu dia meninggal. Tapi memang ada beberapa karya dia yang sangat berkesan dan thank god dia menciptakannya. Foto diatas adalah “kemunculan perdana” anaknya yang pertama, Paris. RIP Michael Jakson. Staples Center, Los Angeles, 7.7.2009

938_21397631[1]

Eh apaan tuh? Komet yah? UFO? Kok muter? Misil katanya? Kata Rusia itu Misil, tapi kok stasiun beritanya nggak bisa mengkonfirmasi ke yang “bertanggung-jawab”? Lho jadinya itu apa? Northern Norway, 9.12.2009

Besok juga masih ada lho. Ikutin disini ya.

 

Seluruh gambar © Boston Globe
The Big Picture @ Boston Globe, part 2

Saturday, December 19, 2009

The Big Picture of 2009 - #1

Sejak langganan Snaptu, gw setiap hari bisa lihat gambar gambar bagus dari seluruh dunia. Walaupun gambar bagus itu  juga nggak dateng tiap hari sih. Hehehe. Tapi berkaitan dengan akhir tahun 2009, ini ada beberapa gambar bagus dari Boston Globe sebagai review akhir tahun. Klik untuk memperbesar.

901_17680851[1]

Oke kita mulai dengan Barack Obama, yang terus membuat “kontroversi” baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Maksudnya, baik di Menteng, maupun di White House. Foto diatas, Orbama eh Obama dilantik pada bulan Januari 2009. Washington D.C, 20.1.2009

905_21444173[1]

Ternyata yang menjadi masalah kalau nerbangin pesawat banyak sekali. Entah kenapa sekarang sekawanan burung yang masuk mesin bisa “mengandaskan” sebuah Airbus A320. Penumpang menunggu untuk diselamatkan. Hudson River, New York, 15.1.2009.

910_19754615[1]

Yang namanya gerhana menjadi selalu yang ditunggu tunggu, baik oleh masyarakat luas, astronomer amatir, maupun professional. Kecuali oleh mereka yang sudah disetir untuk nyumput di kolong ranjang oleh orangtuanya. Hunan, PRC, 2.7.2009

917_21327015[1]

Sample bagaimana benda kecil, jika ketabrak dalam kecepatan lebih dari 200 km/h akan membuat luka parah yang sedemikian besar. Felipe Massa terkena debris dari mobil Rubens Barrichello pada sesi latihan GP Hungaria. Hungaroring, Mogyorod, 25.7.2009

938_21327041[1]

Pergerakan bumi terjadi di mana mana, contohnya di kepulauan Kuril, Gunung Sarychef sedang menunjukkan gejala gejala awal akan meletus. Kuril Isl, Russia, 12.6.2009

926_18750411[1]

Indonesia dan India hampir sama kalau pemilu. Di India mereka juga mencelupkan jari ke tinta kalau sudah memilih. Yang jadi permasalahan, apakah tinta di India sama jeleknya dengan tinta di Indonesia yang mudah luntur? Sonapur, Guwahati, 22.4.2009

Lanjutin disini ya…

Seluruh gambar © Boston Globe.
The Big Picture @ Boston Globe, part 1.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...