Friday, January 29, 2010

iPad Itu Pakai Mikro-SIM, bukan Mini-SIM

Tulisan ini adalah bagian dari Apple iPad series.
Baca semua artikel tentang iPad dengan mengklik disini.

Oke, ini baru jadi perhatian gw setelah beberapa menit nulis artikel sebelumnya yang ngupas nggak gitu abis iPad. Ternyata eh ternyata, iPad versi 3G-HSDPA selain hanya bisa ditancepin kartu GSM, ternyata juga hanya bisa ditancepin kartu GSM yang tipe mikro-SIM. Apa bedanya sama SIM yang sekarang kita pake? Let’s take a look at the picture:


File:GSM Micro SIM Card vs. GSM Mini Sim Card.svg

Lihat bedanya? Ya, mikro-SIM lebih kecil dari yang kita pake sekarang di Indonesia. tepatnya sekitar 1cm lebih kecil panjangnya. Artinya lagi, tak ada satupun SIM di Indonesia yang akan direct compatible dengan iPad.

A micro-SIM is a miniaturized alternative to a SIM card for subscriber identification on mobile devices. The physical size of the card is 12mm x 15mm, though it is smaller than the mini SIM used in GSM mobile telephony devices, the contact area is identical.

Wikipedia

Digunting bisa?

Apakah cukup dengan menggunting mini-SIM bisa dimasukkan sebagai mikro-SIM? aduh entah ya, nanti saya tanya dulu sama mbak-mbak yang duduk di customer service. Tapi, seharusnya sih bisa. Karena yang ada datanya itu cuma bagian gold-nya aja.

Apakah nanti di Indonesia akan mulai dijual mikro-SIM untuk iPad dan keperluan lain? Kayaknya… nggak ada sih. Jadi memang kita perlu jawaban, apakah mini-SIM bisa dipotong jadi mikro-SIM

image0-2

SIM-Gede

Wait, kalo ada mini-SIM kan berarti ada SIM kan? Kalo lu inget, SIM itu awalnya segede kartu kredit. Atau sebesar kartu SIM sekarang sebelum mini-SIM nya dikeluarin dari rumah-rumahnya.

2 comments:

  1. Kayaknya bisa tuh bos
    Ini ada artikel how-to nya

    http://www.techradar.com/news/computing/apple/how-to-make-your-own-ipad-micro-sim-681020

    ReplyDelete
  2. tengkyu bos... kayaknya emang seperti itu. tapi tetep kata artikelnya juga, mening nuggu sampe iPadnya keluar dulu, baru gunting2an...

    ReplyDelete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...