Tuesday, January 5, 2010

Kata Siapa SMS Itu Gratis?

BRTI membuat kejutan di awal tahun. Bukan kejutan baru sih, tapi penegasan “kejutan lama” ini isinya:

Sesuai dengan Surat Dirjen Postel selaku Ketua BRTI No. 325/BRTI/XII/2008 tertanggal 24 Desember 2008 tentang Larangan Promosi Tarif Nol dan Pemberian Bonus Gratis untuk Layanan SMS Antar Operator, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menegaskan hingga saat ini para penyelenggara telekomunikasi masih dilarang untuk menawarkan tarif nol dalam promosi dan pemberian bonus gratis untuk layanan SMS lintas penyelenggara telekomunikasi.


Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia

Ooh… jadi SMS gratis itu sudah lama dilarang yah? Eh… emang ada SMS gratis yang bener bener gratis? Sebagai pencinta barang gratis, tentu saja gw mau menggunakan barang yang bener bener gratisan donk. Kalo misalnya nggak gratis gratis amat, tentu saja gw akan nyari tarif yang termurah dan kalo bisa tentu saja mendekati gratis.

Kartel SMS

Gw pribadi pernah denger dari seorang kawan intelijen, kalau biaya produksi, pembuatan SMS adalah “hanya” sebesar 7 rupiah saja. itu sudah termasuk semuanya lho, biaya bandwidth, dll. Kemudian operator mengambil untung gila gilaan sampai ribuan kali lipat karena SMS dijual seharga 350 rupiah.

text_message

Kartel SMS ini ketahuan oleh BRTI, operator Telkomsel dan XL dianggap sebagai pencetus yang “memaksa” operator lain seperti B-TEL, TLKM, M8, dan Smart meneken perjanjian tarif antaroperator dari 2004 hingga 2008. Nggak heran TSEL dan XL didenda paling besar waktu itu. Indosat, Natrindo (sekarang Axis), dan HCPT (3) tidak terbukti ikut-ikutan. “Kerugian” masyarakat mencapai 2.8 triliun waktu itu akibat harga SMS yang berlebih.

Kemudian operator terpaksa memangkas tarif SMS dari 350 sampai ke serendah 50 hingga 150 rupiah, dan ada yang kemudian memberikan SMS gratis sebagai kompensasi kepada pelanggan.

Emang Bener Gratis?

Sejatinya, yang namanya perusahaan komersial, pasti enggak mau rugi. Yang dikata gratis pasti hanya bahasa Iklan. Ke-gratis-annya diragukan. Mari kita tilik satu satu bagaimana operator memberikan SMS gratisnya.

XL memberikan SMS gratis beberapa puluh sms hingga 200 SMS setelah pelanggan mengirimkan 10 SMS. Artinya, pelanggan XL harus modal minimum 1500 rupiah untuk menikmati sekitar 210 SMS (Rp. 7.14/SMS). Program ini kalo nggak salah pula dibagi siang malam, artinya pelanggan XL harus “merelakan” pulsa sebesar sekitar 3.000 per harinya. Promosi ini diketahui sudah tidak berlaku lagi.

Gratis-21

AXIS membuat paket SMS ke semua operator dengan mencharge yang paling murah Rp. 25.000 per bulan untuk 2000 SMS ke semua operator. Artinya pelanggan AXIS harus membayar minimum 12.5 rupiah tiap SMS yang dikirim pada masa bulan itu. Selebihnya, kayanya ada tarif 100 rupiah per SMS.

3 memberikan SMS gratis sebanyak 100 ke antar operator setelah SMS ke 6 kemana saja (termasuk 3 sendiri), dipotong dari pulsa utama. Inget ya, kan yang diprotes hanya antar operator. 6 SMS pertama dari 3 dijual seharga 82 rupiah (+ppn = Rp. 90). Sehingga pelanggan 3 minimum harus mengeluarkan budget 541,2 rupiah per harinya. Jika dihitung dengan bonusnya, setiap pelanggan 3 mengeluarkan 5 rupiah sepuluh sen jika mengirimkan 106 SMS antaroperator.

Selain tiga operator itu, operator lain hanya memberikan SMS gratis antar operator berupa gimmick. Diberikan SMS gratis setelah membeli kartu perdana. Nah inilah yang murni gratisan! Kenapa? Karena kartu perdana adalah investasi, nomer kartu akan disimpan untuk jangka panjang, setidaknya satu atau dua bulan minimum. Sudah jarang orang beli starter pack berulang ulang daripada beli pulsa. Diprotes sodara dan teman teman bo!

Tunjuk Hidungnya!

Mana Tahan 11.11.mp4_snapshot_05.26_[2010.01.05_08.56.53]

A: Siapa yang menghamili kamu, Tunjuk hidungnya!
B: Dia nyah, tuan Sugeng…

Warkop DKI

Jadi, kalau ada operator yang menawarkan SMS gratis itu sebenernya boong abis. Operator yang mendesak agar SMS gratis antaroperator dilarang sama saja ketakutan pendapatannya berkurang drastis. Kasian banged deh tu operator, karena ga laku, terus jadi main “kekuasaan” main tekanan lewat BRTI lalu menciptakan keresahan di masyarakat.

Eh ngomong ngomong, MUI ga ikutan bikin fatwa soal SMS gratis ini kan?

 

Update:

lha teru IM3 yang dapet xmx gratis 50 an,, setiap hari,,, jelasin dong gan

rund24 @kaskus

Jangan khawatir, karena trik ini bukanlah seperti trik yang pernah ada sebelumnya. Trik ini yang pasti legal dan Indosat tidak akan merugi jika kita sms gratis pakek Im3 karena hal tersebut memang merupakan promo dari indosat. Perdana Im3 Batam aktif / tanggal 18 Nov 2009 , langsung dapat gratis 50sms/hari untuk ke semua operator selama kartunya aktif. Begitu promo yang kubaca dari sebuah iklan di internet kemarin.

dicomot dari sini

seperti yang gw bilang kan? itu GIMMICK setiap beli kartu perdana baru, dan artinya juga itu memang SMS gratis beneran. baca lagi deh artikel gw paragraf akhir2...

 

Update #2:

Barusan gw berbincang kembali dengan intel gw itu. Katanya, biaya produksi SMS, sekarang sebenarnya TIDAK DIKETAHUI. Tarif 7 rupiah per sms yang dulu, tidak lagi berlaku karena hal hal sebagai berikut:

Perkembangan teknologi. SMS yang dulu hanya dilewatkan melalui CSD, sekarang dilewatkan bisa melalui berbagai saluran, salah satunya kabel optik, yang investasinya lebih tinggi, tapi menampung banyak.

Perubahan jumlah pelanggan. Menurut intel, semakin banyak jumlah pelanggan di operator tersebut, tarif sms dasar menjadi lebih murah. ini karena biaya produksinya dibagi rata. biaya produksi menjadi "optimum" ketika server ter-load sampai puncaknya. biasanya ketika lebaran, traffic yang terjadi bisa mencapai 12juta sms per detik.

lalu bagaimana tarif sms dasar sekarang? dia mengatakan, tarif sms sekarang sejatinya sedikit lebih mahal, apalagi operator baru saja meningkatkan daya mereka ke 3G dan 3.5G.

berapa tarifnya? wah, udah lama belum pernah ada yang nanya lagi. nanti ya dihitung dulu...

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...