Wednesday, January 6, 2010

Resep Anak Kos: Sup Krim

Tadinya cuma pengen bikin sup krim yang biasanya, eh setelah iseng ditambahin satu bahan, kok rasanya jadi mmmh… mendekati resto gitu deh, karena melibatkan simulasi rasa keju.

img048

Resep ini melibatkan sebuah deal of the day, belum gw posting ya apa itu deal of the day nya? ya udah ntar aja ya. Yang penting resepnya aja dulu.


Bahan

200 gr jagung pipil, boleh sweet corn, boleh yang biasa
100 gr buncis, potong kecil
100 gr wortel, potong dadu kecil.

Tiga bahan diatas bisa diganti sama yang kalengan atau frozen. Sama enaknya kok.

200ml susu murni atau full cream, jangan susu kental manis atau bubuk
1/2 bawang bombay, potong halus
4-5 sg bawang putih, potong halus
2-3 sg bawang merah, potong halus
1 butir telur

Bahan Variabel

Oke… sekarang bahan variabelnya, boleh ditambah dikurang sesuka hati.

Garam
Merica
Kaldu sapi/ayam, bisa disubstitute dengan penyedap rasa.
Maizena

Let’s Cooking!

Dalam stockpot, atau panci besar, goreng dulu bawang-bawangan. Boleh dalam mentega, atau minyak goreng. tapi jangan terlalu banyak. Goreng sampe transparan ya.

Lalu masukkan wortel dan buncis, tambahkan air atau kaldu sampai menutupi. Lalu rebus sampai setengah matang. Tambahkan jagung dan air atau kaldu lagi sampai nutup semua, rebus sampai wortel matang. Jangan lupa diaduk, biar warnanya “tercampur”

Masuk mericanya juga sekitar 1 sdt saja. Kalau tadi kaldunya sudah dikasih garam, gunakan garam lebih sedikit, kalau nggak taruh garam sekitar 1 sdt. Kalau nggak pakai kaldu, masukkan 2 bungkus penyedap rasa, atau dua blok bruillon. Kecilkan api.

img049

Tuang susu, aduk. Beberapa menit kemudian, tuang maizena yang sudah dicairkan bersama air sekira setengah gelas dan telur. Aduk cepat sampai kental. Sup krim siap untuk dinikmati.

Deal of the Day

Resep ini lebih nikmat lagi disantap dengan taburan keju parmaggiano regiano alias parmesan dan roti perancis. Tapi keju itu mahal banget, jangankan parmaggiano, Kraft Cheddar Quick Melt aja mahal banget. bisa sampai 18ribu per blok 180 gram. Untung ada Deal of The Day!

Deal of The Day kali ini datang dari Makro. Pembelian Richeese Bio Keju Sereal & Susu dibandrol beli satu gratis satu, alias diskon 50%. Katanya di yang supermarket dan hipermarket lain harganya 5.000 rupiah, di Makro harganya sekitar 8.800 atau atau 4.400 untuk dua renceng isi 10.

img051

Campurkan si Richeese ini ke dalam sup krim yang siap disajikan, aduk lagi. Believe me, it’s so cheesy, it’s so good. Sangat mirip dengan apa yang mereka sajikan di restoran. Cuma ada sedikit kekurangan, rasa keseluruhannya jadi agak manis. Kalau kamu punya Kraft Quick Melt atau keju lainnya, lebih baik pakai itu, tapi enggak pakai juga nggak papa.

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...