Tuesday, March 2, 2010

“Biaya Antar Cabang” di BRI Kok Beda-Beda?

Hai.

Pagi ini saya bertransaksi dengan nomor rekening: 162-01-02146x-xx-x atas nama Adi Jayanto cabang Kota Banjar di salah satu cabang BRI di Kota Bandung.

Saya bertransaksi tanpa kartu ATM karena JARINGAN ATM BRI TAK MAU MEMPROSES PERMINTAAN SAYA. Sudah berkali kali terjadi seperti ini, kasarnya, downtime kok sering banget...

Kemudian di Teller saya dimintai "biaya transaksi antarcabang" sebesar 5rb rupiah. Yang jadi masalah, saya mengambil di beberapa cabang lain, hanya 2rb rupiah, ada pula yang mencharge 3rb. MENGAPA ADA PERBEDAAN?

Berapa seharusnya "biaya transaksi antarcabang"? Baik untuk pengambilan nominal kecil, maupun nominal besar? MOHON DATA SELENGKAP LENGKAPNYA atas biaya tambahan yang dikenakan kepada saya ini. Dan mengapa SAYA TIDAK DIBERI TANDA TERIMA?

Biaya transaksi antarcabang yang berbeda beda dan tanpa tanda terima, plus ATM yang sering gagal. Ada apa dengan BRI?

Mohon penjelasan selengkapnya, Agar publik menjadi tahu adanya.

Terima Kasih.

 

Jawaban BRI:

02.03.2010 12.02 BRI Banjar (via Telepon)

Apabila mengambil antarcabang, ada biaya yang akan dikenakan, seperti dalam tabel berikut:

Nominal Fee Additional Fee
50jt - 100jt 10.000 0.05%
5jt - 50jt 5.000  
0 - 5jt 3.000 Biaya “Counter”

Additional Fee dan Biaya “Counter”

Pengambilan nominal dibawah 2jt lebih baik melalui ATM, karena jika tidak melalui ATM, akan dikenakan biaya “counter” sebesar 2.000.

Pengambilan nominal 50jt keatas tanpa konfirmasi minimum sehari sebelumnya, dikenakan biaya setengah permil atau sekitar 0.05 persen (cmiiw)

 

Timeline:

  • 02.03.2010 10.04 – Keluhan dikirim lewat website BRI dan kompas.com
  • 02.03.2010 10.06 – Keluhan diposting ke Electronic Hideaway
  • 02.03.2010 10.07 – Fasilitas WebForm Kompas gagal mengunggah data.
  • 02.03.2010 10.11 – Email dikirimkan ke Redaksi Kompas dari Primary Mail
  • 02.03.2010 10.12 – Email ke Redaksi Kompas terkirim, leave copy in server.
  • 02.03.2010 12.10 – BRI Banjar mengkonfirmasikan biaya biaya antarcabang yang dikenakan.

 

Kesimpulan:

Tetap agak sedikit tidak puas, karena tidak ada bukti pembayaran fee yang diberikan, baik secara catatan dalam buku tabungan, maupun “karcis”.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...