Sunday, April 25, 2010

Hayabusa dan Parahyangan

Ini adalah gambar dari Hayabusa, yang seribg disebut sebagai Blue Train. Sebuah kereta tidur dari Jepang yang sangat populer di zamannya.

image

Gw kenal Hayabusa, atau mungkin… blue train, dari sebuah episode dari komik Doraemon, waktu itu Nobita yang ingin pergi ke pantai meminta Doraemon menyulap rumahnya menjadi sebuah kereta. Kemudian dia memasangkan alat dan rumah-kereta itu jalan di atas rel sampai ke pantai. Doraemon berkata, “kereta ini hanya jalan pada malam hari”

Kaget bukan kepalang ketika pertama kalinya nonton Japan Hour setelah sekian lama di Channel NewsAsia, langsung disuguhi yang namanya Hayabusa ini, Gw langsung tune-in banget sambil melihat bagaimana “praktek” perjalanan si blue train ini sebenarnya.

Kaget lagi kalau tayangan ini sebenernya adalah marking dari akhir servis Hayabusa sejak 1958. Hayabusha dibatalkan pada 16 Maret 2010. Akhir perjalanannya dari Tokyo ke Kumamoto selama lebih dari 18 jam menempuh lebih dari 1300 km disambut oleh ribuan penggemarnya di masing masing stasiun sepanjang perjalanan.

image

Sedih campur kesal, tak terasa air mata pun menetes. Gw nggak pernah ikutan yang namanya Hayabusa. Tapi sebagai seseorang yang sangat menikmati perjalanan dengan kereta api, gw sangat mengerti perasaan banyak senior yang ikut dalam perjalanan Hayabusa yang terakhir.

Indonesia

Gw jadi inget kereta Priangan Express relasi Banjar - Tanahabang. Dengan durasi servis yang paling pendek, mungkin di dunia. Hanya 1 bulan kereta ini beroperasi, dan tingkat okupansinya sangat sangat sangat rendah sekali. Kita tidak bicara 50 persen, dan kita tidak pula bicara 30 persen. Yang gw mau bicarakan adalah 10 persen… kurang… mungkin hanya 3-5 persen dari 4 gerbong yang tersedia terisi.

Gw jadi berpikir, memang tak ada yang spesial dari Priangan Express. Mungkin mereka harusnya lebih memikirkan untuk menghidupkan kembali Galuh.

Tapi kemudian satu demi satu so called penghematan mulai dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia. dan yang paling mengejutkan, Parahyangan akan dihentikan operasinya alias dibatalkan mulai hari selasa, 27 april 2010.

What? Kenapa ini terjadi? Aku nggak tau, katanya kereta api rugi 36 miliar per tahun kalau tetap mengoperasikan Parahyangan.Damn!

Yang pasti, besok sore aku bakal ke stasiun untuk menikmati Parahyangan yang terakhir kalinya. entah aku akan cuma datang dan menikmati suasana, atau… aku akan beli tiket naik dan ikut untuk yang terakhir kalinya.

Ikuti Live tweet dari Stasiun Bandung besok mulai pukul 2.00 siang di twitter.com/adjayanto. Dan juga live pictures… dan juga… dan juga…

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...