Monday, May 31, 2010

Bandwidth (Blackberry) itu MAHAL!

Time for ngekeak+misuh misuh. Gw dapet kuot-an ini dari detikcom

Telkomsel mengklaim telah memiliki 460 ribu pelanggan dengan bandwidth 300 Mbps. Kemudian disusul XL yang punya 350 ribu pelanggan dengan bandwidth 400 Mbps, dan Indosat dengan 300 ribu pelanggan dan bandwidth 300 Mbps.

Telepon Gratis Jadi Senjata Blackberry Axis | DetikInet

Gw semakin hari semakin nggak ngerti dimana otak para pelanggan Blackberry. Seperti yang kamu lihat dari kutipan berita diatas, untuk Telkomsel, 460 ~ jadiin 450 dulu, biar gampang ngitungnya ~ 450 ribu pelanggan bebeh, cuma dikasih “jatah” 300Mbps? Dengan “b” kecil ya! Bukan B gede!

Amazing! Setelah gw itung secara sederhana, maka seorang pengguna bebeh Telkomsel hanya mendapat “jatah” sebesar 683bps saja! itu kalau semua pelanggan Blackberry mereka online, push dan nyambung terus! 683bps? oh gooood. Nggak kuat deh gue, miris buanged sih?

Lalu taro’ lah yang nyambung terus nggak megap megap itu ternyata cuma 1/4nya dari angka 45-~460ribu tadi. maka yang didapet per-usernya sekitar 2kbps. Atau… kalo dipake download ya sekitar… 0.3KB/s masih ancur kawan kawan!

Apa sih hebatnya?

Lalu? Masih ada yang “mau” sih make Blackberry? Karena semakin hari, semakin banyak device lain diluncurkan, dan semakin advanced OS mobile,  gw semakin enggak ngerti dimana istimewanya device bb ini.

As you can see, Windows Mobile 5.0 sudah mendukung push mail, tersedia dalam dua “rasa”, smartphone (dengan keyboard fisik) dan professional (touchscreen). iPhone 2.0 juga sudah mendukung push mail. Dan sekarang, DROID pun mendukung push mail. So? Is it about push mail? I don’t think so.

If you said, it’s BBM, gw juga nggak ngerti apa bedanya BBM sama YM. Bahkan BBM adalah YM yang berbayar, dengan PIN sebagai pengganti Yahoo! Account. Bahkan YM kini sudah terkoneksi dengan Windows Live Messenger alias Hotmail. Jadi apa BBM istimewa? Eksklusif? Nggak, sekarang udah ada Esia Messenger dan Nexian Messenger dan Mixcon (huex…) Messenger dan %putyourbrandhere% Messenger.

Battery life dari bebeh yang dulu katanya digadang gadang hebat ternyata juga nggak hebat hebat amat. Bahkan cenderung sama dengan device lain. DIpake intensif, harus 2x charge dalam sehari. Kalo cuma buat push mail, YM dan BBM sih semua device keluaran 2008 keatas juga bisa tahan sehari.

Bandwidth

Lalu ada yang makin gw bingung dari pengguna bebe. Connectivity. Pengguna bebe cuma dapet bandwidth setara (bahkan lebih kecil) daripada GPRS. Kok tahan ya?

I mean, dengan Smart Telecom, seharga 50ribu, yang harganya setara dengan paket bebe gaol (yang cuma bisa buat socnet sama im), gw udah dapet internet sampe 45 hari ALL ACCESS, dengan bandwidth yang lebih tinggi daripada blackberry.

Mungkin kalo direct comparison, hanya 3 yang menang. Paket BB full (kecuali streaming dan tethering), dibanderol 90 ribuan. Cukup nambah 20ribuan bisa streaming dan tethering. Layanan yang paling masuk akal.

Bandwidth blackberry itu mahal! Ada pilihan yang lebih rasional untuk menggunakan layanan internet berkualitas daripada menggunakan Blackberry. Percaya deh.

1 comment:

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...