Saturday, June 26, 2010

AHA! Wimode Ganti Kulit

Hari ini pertama kalinya lihat iklan mobile broadband yang baru. Judulnya AHA! Singkatan dari Affordable High Speed Access, alias “akses cepat yang terjangkau”. Bener gitu terjangkau? Kok agak nggak yakin yah? Soalnya, gw pribadi pernah punya pengalaman buruk dengan Wimode.

Lho, apa hubungannya dengan Wimode? AHA adalah produk dari Bakrie Telecom, yang punya Esia dan Wifone. Beberapa tahun lalu, BTEL yang sibuk berekspansi (sebelum tenggelem sama lumpur loh!) bikin 2 brand tambahan untuk mensupport Esia yang memang terkenal sangat murah. 2 brand tersebut adalah Wifone yang berbentuk telepon desktop. Ini ditujukan buat menyaingi Flexi Home. Dan yang satu lagi adalah WiMode, akses internet dengan menggunakan USB flash stick.

Kegagalan Wimode

Saat itu, akses internet dengan USB flash stick masih jarang. Telkomsel Flash masih sangat baru sekali, jarang yang menggunakan. Bahkan untuk berlangganan Flash, masih harus menggunakan Kartu Halo. Layanan broadband yang lain seperti XL GPRS memang sudah unlimited, tapi hanya untuk korporat. Beberapa “oknum” suatu milis membentuk perusahaan fiktif untuk mendapatkan akses korporat tersebut. Sukses? Banget. Tapi kecepatannya GPRS.

Wimode adalah yang pertama hadir di kelas CDMA. Belum ada FlexiNet seperti sekarang, sebab telkom masih berkutat dengan Telkom Astinet dan Telkomnyet Instan. Wimode pun mungkin seakan ingin menutupi loss profit yang dibuat oleh divisi Esia. Bayangkan, BTEL (dan operator lain) yang tidak diharuskan membayar biaya sewa frekuensi ternyata memasang tarif fantastis. Rp. 150 per menit di luar PPN. Tarif sebesar itu setara dengan tarif Telkomnyet Instan.

Layanan yang digadang sebagai layanan pita lebar (dibanding GPRS pada waktu itu) ternyata mendapat sambutan yang super dingin dari publik. Wimode ada, tapi tak beli. Pengalaman pribadi membuktikan, akses Wimode sangat super lamban sekali. Butuh lebih dari 3 menit untuk membuka Login Facebook. Ahasil, gw mencap WiMode sebagai layanan yang sama sekali tidak dapat diandalkan. Nilai untuk Wimode: NOL alias jangan dibeli.

Mendapat tekanan dari operator lain, tampaknya BTEL gerah juga. Sudah pasar Esianya tergerus oleh Flexi, kue Broadband pun dimakan Smart dan IM2. Akhirnya diluncurkanlah AHA.

Ganti Kulit Doank Tuh!

Tapi… kok ya… nggak nggenah. Kalau melihat tarif resmi di situsnya AHA, ternyata AHA ini sekedar Wimode yang ganti kulit. Tarifnya nggak jauh berbeda dengan Wimode dulu.

image

Mahalnya AHA limited ternyata masih sama dengan Telkomnyet instan atau Wimode. Alias 10ribu per jam. Gw rasa, selain di daerah penuh turis, atau pedalaman yang menggunakan VSAT, nggak ada lagi yang mau dicharge 10ribu per jam untuk make internet.

Tapi AHA pun memberikan tarif yang unlimited. Tarif ini sekilas lebih bersahabat daripada operator lain. 4rb sehari.

image

Tapi… ternyata tarif ini juga masih tergolong mahal. Perbandingan paling kontrasnya adalah dengan FlexiNet Unlimited. Dengan kecepatan 1x alias 153.6 kbps Flexinet dihargai 2500 per hari. Kalau disetarakan, FlexiNet berharga 3.255 per harinya dengan kecepatan 200kbps. Jump dari Smart dihargai 3rb per hari dengan kecepatan 1x, setaranya 3.906 per hari. masih lebih murah 100 rupiah daripada AHA.

Di tarif dinamis AHA memasang tarif 6rb dengan kecepatan 600kbps. Smart Jump memasang tarif 5rb di 512kbps atau 5.859 kalau disetarakan. Tarif fantastisnya ternyata fantastis mahalnya. Jump hanya membutuhkan uang sebesar 140rb saja untuk sebulan internetan dengan kecepatan 3.1Mbps, dibanding AHA yang memasang tarif 200ribu!

Yang perlu dipertimbangkan lagi adalah adanya kuota dalam layanan AHA. disebutkan bahwa kuota yang diberikan adalah 3GB per bulan, lalu kena densus. Tapi tak disebutkan angka densusnya berapa.

Jangan Dulu Deh

Pengalaman buruk dengan Wimode dan harga yang tidak bersahabat membuat gw tidak merekomendasikan produk ini. Lebih baik kamu cari sarana berinternet lain. Seperti Jump atau FlexiNet. Kalau mau pake GSM, boleh pake 3 unlimited atau IM2. Tapi jangan AHA. Soalnya M.AHA.L. sih…

15 comments:

  1. Makasih infonya... saya jadi penuh pertimbangan nih sebelum memilih AHA. Dan, sepertinya mo ambil Smart aja ya...

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya... saya jadi penuh pertimbangan nih sebelum memilih AHA. Dan, sepertinya mo ambil Smart aja ya...

    ReplyDelete
  3. Masih sedikit lebih bagus dibandingkan dengan fren yang bernaung di wawah korporat freeway multimedia. Saya terpaksa menggunakannya karena terikat kontrak selama 1 tahun, dengan hasil kekecewaan luar biasa.

    ReplyDelete
  4. Ga sepenuhnya benar si menurut saya. Sy sndiri skg pengguna Aha. Karena dr sisi sinyal jauh lbh bagus aha. D rmh sy ga prnh bs dpt sinyal evdo smart cm dpt 1x doang. Ga kepake deh evdo nya. Smntara aha sy bs dpt sinyal full. Sy udh coba pake mobile jangkauan jauh lbh bagus aha dbnding smart.
    Sy pake donlot lagu d idws bs dpt speed 250 KBps = 2 mbps. Buat streaming jg ok banget! Memang jgn disamakan wimode. Secara dia msh pk jaringan cdma 1x.
    Dr ssisi tarif aha mmg bkn yg termurah, tp mnrt sy msh terjangkau.apalagi beli skg dpt gratis 50 hari ngenet unlimited kec up to 3,1 mbps. Ga ada slhnya si dicoba, perangkat modemnya jg terjangkau sekitar 499rb. Sy dgr jg ada starterpack aha hrga 10rb.
    Apalagi skg smart udh ga sprti yg dijanjikan, makin lemot aja. Sy pernah pake IM2 sm aja lemot. Buat donlot jg msh jauh lbh lamban dbnding aha.
    Faktor juml plgn yg msh dikit emg pgrh. Justru itu kita maksimalin. Silakan, kita sbg pelanggan bebas memilih. Klo sy si justru merekomendasikan. Tp ya semua kembali ke pelanggan.

    ReplyDelete
  5. @yusuf, terima kasih atas "pengalamannya"

    boleh tahu lokasinya skrg di mana? karena setelah saya tilik lagi, AHA EVDO bahkan belum tersedia di Jakarta ataupun Bandung. Jadi saya belum bisa membandingkan secara performance.

    ReplyDelete
  6. Sekarang ini teknologi yg ada udah pada murah. ISP pada berebut pasar, yg pada akhirnya kita juga yg bakal merasakan enaknya. Jadi, menurut saya; pake aja koneksi dan alat yg paling kenceng sinyal and speednya "DI DAERAH MASING-MASING". Soal murah atu nggak, yg penting kita puas. Percuma murah kalo gak puas. Ya. gak? Yang jelas..... SOMEDAY, SOMEHOW, internet bakal gratis, kayak kentut. gak usah bayar....

    ReplyDelete
  7. Update dikit:

    Jiahahaha. Ternyata @yusuf diatas adalah Sales dari Bakrie Telecom. Pantes aja manjain produk sendiri dengan bangganya. Wajar kok, cuma agak norak aja. :D

    Btw, gw sudah berhasil "nyoba" AHA di pameran komputer di Landmark, Braga, sekitar bulan lalu. Speed lokalnya emang lumayan, tapi speed internasionalnya kurang bagus. Hehehe. Kalo perbandingannya speednya udah hampir sama, maka selanjutnya adalah perbandingan harga, disini tentu saja Flexi dan Smart akan selangkah lebih maju.

    Oh iya, Flexi bakalan EVDO sekitar awal tahun dengan REV.0 dan Rev.A. So stay tuned...

    ReplyDelete
  8. Kualat ya kalo sampe tergoda pake AHA...Saya juga pake AHA, Alhamdullah lebih memuaskan dibanding waktu pake spidol...tapi bagus sih posting kayak gini, jadi yang pake AHA stabil gak membengkak kayak Semar, nanti jadi lelet lagih!

    ReplyDelete
  9. Belum... belum pernah sama sekali berniat make AHA. Takut tangan jadi berlumpur darah... :)

    ReplyDelete
  10. infonya menarik :)
    thanks dah share

    ReplyDelete
  11. Ada yang tahu gak, gimana cara meng-unlock modem aha? Kalo ada yang bisa, share dong ilmunya.

    ReplyDelete
  12. monyet..gw bru beli modem AHA 99 rb...di pake fb 5 jam abis dah kuotanya...ngisi ulang lg..bah malah kagak mau coneck....buzet tu si bakri..ngibulin aja kerjaannya asu!

    ReplyDelete
  13. monyet tu si bakri ngibulin gw gw bru beli aha 99 rebong...smaleman facbokan 5 jam-an dah abis quotanya..bli lg isi ulang..malah kagak konek-konek lg...asu..maling kowe bakri nipu sana-nipu sini silit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang gan. sabar. orang sabar pantatnya lebar

      Delete
  14. Makasih infona..Gw dari Daerah Bali..Menurut GW AHA Masih Lebih baik dari smart(Modem Olive V 110)..setelah modem sekelas olive ngak beredar di pasaran dan di ganti dengan esia max-d akhirnya tamat riwayatnya...gw coba pindah jalur ke smart koneksi gratisannya lumayan..pas setelah isi ulang pertama..ancur lebur bak BUTIRAN DEBU..yang jelas teliti dulu dah sebelum membeli..jangan mudah percaya iklan coba di review dulu koneksinya..pinjam modem temen test 1-2 Hari kalo stabil silaken ( Kata Mendiang Pak HArto )

    ReplyDelete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...