Wednesday, June 9, 2010

Jangan Datang Lagi Kalo Nggak Habis!

Hmm… gw memang kesel dengan BANYAK orang yang tidak menghabiskan makanannya. Dan temannya (yang biasanya diajak makan bareng) pun tak mampu menghabiskannya. Lalu kenapa sih kalian harus pesan porsi segede gede goblog seperti itu?

image Ya, ini adalah masalah restoran. Bukan hanya yang di pinggir jalan, tapi juga yang di mall. Gw kesel kalau lihat seseorang mesen paket hemat Hoka Hoka Bento misalnya. Bagi gw porsi segitu sangatlah kecil, tapi entah kenapa, bagi BANYAK orang, Porsi itu sangat besar. Kebanyakan yang disisakan adalah sayurannya, alias saladnya. Hell itu salad bukan hiasan! Makan deh!

Kadang gw mengutuk mereka yang tidak menghabiskan makanannya itu sebagai orang yang tidak berterima kasih kepada alam. Gw kutuk agar porsi makanan yang tersedia bagi mereka semakin sedikit setiap harinya, satu demi satu sampai tak ada lagi yang tersisa. Jika aja gw punya restoran, gw akan melakukannya seperti Restoran Fine Dining Wafu di Australia.

Be mindful of the amount of food you order - try to order just the right amount, in harmony with your appetite. When eating in company, please consider sharing meals, family-style, as you would at home. We request that any dishes ordered be finished, as far as possible.

Wafu - Policies

Ada sebab tersendiri mengapa mereka menerapkan aturan “ketat” itu pada customernya. Ini nggak lain dan nggak bukan demi menghemat sumber daya alam dunia. Jika kamu makan “secukupnya” dan tidak membuang apa yang sudah kamu pesan, maka harusnya lebih banyak orang yang dapat diberi makan. Harusnya juga, kebiasaan tidak membuang makanan ini akan terbawa hingga ke rumah, tidak hanya karena ada insentif dari restoran yang bersangkutan.

Take Home

Resto Wafu ini tidak hanya meregulasi apa yang dimakan di dalam resto itu, tapi juga apa yang dibawa pulang. Tidak semua orang “boleh” membawa pulang makanan dari Wafu begitu aja. Mereka harus bawa piring sendiri. 

When using your own storage containers for takeaway food, we give you a 30% discount and stamp your Wafu card towards the reward of a $20 voucher to be used for anything in the store!

Using our containers incurs a $3 fee for EACH container used to package your meal. Trying to order takeaway without your own containers or plates may also result in refusal of service.

Wafu - Policies

Thank god seperti yang kamu lihat, business is business. Ada insentif bagi yang menghabiskan makanannya. Diskon 30%. LUMAYAN. Insentif bagi yang tidak menghabiskan makanannya pun ada: dipandang sinis pas bayar, diusir dari restoran, dan dibilangin lebih baik lain kali nggak usah makan disini.

image

Aturan yang bagus sebenernya. Gw berharap semua restoran ikut menerapkan policy seperti ini. Ya… kalo misalnya resto abal abal seperti McDonalds nggak bisa diharapkan, mungkin bisa dimulai dari private Resto yang Fine Dining.

Please feel the same as you would at home when you come to dine at Wafu. I would like to serve you home-style cooking – much like a mother’s cooking and flavour.

Wafu - Message from Yukaku

Lebih lanjut tentang restoran ini, silahkan langsung ke www.wafu.com.au.

2 comments:

  1. untunganya kalau gue yang beli makan selalu gue habiskan, kata mak gue mubazir makanan kalau gak dihabiskan.

    ReplyDelete
  2. setuju! aku juga gak bisa nyisain makanan.. ga tau deh apa udah kebiasaan. Walopun tuh porsi banyak banget tetep di paksa2 masukin mulut.. kadang2 brenti bentar abis tuh lanjutin makan lgi.

    ReplyDelete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...