Thursday, July 15, 2010

Menginstall Outlook Social Connector Facebook

Caution: Artikel ini sangat teknis. Jika anda tidak mengerti maka sebaiknya anda bertanya di comment atau membeli Office yang asli dan divalidasi. Itu lebih “cepat” daripada harus merunut langkah langkah pada tutorial ini:

Speak English? Read Instruction in English here.

Punya Office 2010? Anda berhak menginstall outlook social connector. Yang baru aja ditambahin di OSC kali ini adalah integrasi dengan Facebook. Belum lihat bagaimana cara kerjanya sih, cuma awalnya udah “susah banget”. Karena Officenya harus sudah tervalidate sebagai Office asli. Jika officenya masih versi “ehem…” maka menurut EULA kamu nggak boleh menginstall OSC update KB983403 yang diperlukan untuk menginstall OSC-Facebook.

Tapi bagi kamu yang mau belajar, inget, INI HANYA DITUJUKAN BUAT BELAJAR. Penggunaan buat hal yang lain lain, ditanggung sendiri, maka boleh kok menggunakan workaround seperti yang gw lakukan barusan buanget. Begini caranya:

Pastikan kamu menggunakan Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010 (bukan beta).

Download dua file, yaitu Microsoft Outlook Social Connector Provider for Facebook dan Update for Outlook Social Connector (KB983403). Jangan lupa untuk memilih download yang sesuai dengan platform Windowsmu (32bit atau 64bit).

Jika kamu langsung menginstall 983403, maka kamu akan menemui error “expected product version not available”, sehinggal OSC-Fb tidak bisa diinstall. Karena fungsi dari KB983403 ini mengupdate platform OSC agar bisa diinstall di Fb, maka KB983403 ini harus diekstrak dulu agar bisa diinstall secara paksa.

Menginstall Paksa KB983403

Taruh file OSC Update KB983403 (contoh: osc-kb983403-fullfile-x86-en-us.exe, untuk 32bit) dan OSC-Fb (OSCFB-x86-en-us.exe) di satu direktori yang sama, misal “C:\OSC” dan rename menjadi OSC.exe dan OSCFB.exe

buka Command Prompt dan masuklah ke direktori “C:\OSC” dan ketik perintah berikut untuk mengekstrak OSC.exe:

OSC /extract:C:\OSC\OSC

Setelah ekstraksi selesai, kamu akan menemukan direktori baru bernama osc di dalam direktori osc. Kalau dibuka isinya seperti dibawah

image

Sekarang di dalam direktori “C:\OSC\OSC” buat dua direktori yaitu OSCI dan OSCX.

Karena bentuk file patch adalah di dalam OSC.EXE adalah MSP, maka untuk mengekstrak kembali file MSP ini diperlukan tool khusus, yaitu MSIX, download MSIX disini. Setelah download, dan ekstrak file MSIX.EXE dan MSIX.PDB ke “C:\OSC\OSC”

Buka kembali Command Prompt dan masuklah ke “C:\OSC\OSC”, lakukan dua perintah berikut

MSIX oscintl-en-us.msp /OUT C:\OSC\OSC\OSCI

MSIX osc-x-none-en-us.msp /OUT C:\OSC\OSC\OSCX

Masuk ke OSCI atau OSCX, kamu akan menemukan PATCH_CAB. Rename menjadi PATCH.CAB dan ekstrak dengan menggunakan ekstraktor seperti WinRAR atau 7zip atau apalah…

image

Setelah diekstrak di direktori OSCI kamu akan menemukan file SOCIALCONNECTORRES.DLL_1033. Rename file ini menjadi SOCIALCONNECTORRES.DLL saja

image

image

sedangkan di direktori OSCX kamu akan menemukan SOCIALCONNECTOR.DLL dan SOCIALPROVIDER.DLL

image

Kopi ketiga file itu ke C:\OSC. Maka bagian yang tersulit kini telah kamu lewati.

Kopi ketiga file itu ke tempat dimana Office Outlook kamu diinstall misal di C:\Program Files\Microsoft Office\Office14, anda akan meng-overwrite file yang lama dengan yang baru. Tak perlu mengganti registry, cukup timpa saja. Dan beres. Outlook Social Connector KB983403 sudah selesai diinstall paksa.

Menginstall OSC Facebook

Ini adalah bagian paling gampang di tutorial ini: Double-klik pada OSC-Fb.exe dan ikuti petunjuk selanjutnya. OSC-Fb yang tadinya tidak bisa diinstall karena terhalang tidak terinstallnya KB983403 sekarang sudah bisa anda jalankan.

image

Setelah selesai semuanya, simpan baik baik OSC pada direktori C:\OSC siapa tahu kamu butuh kalau suatu saat harus reinstall Office.

Lha, lalu apa keuntungannya menggunakan OSC Facebook? Hm… ntar ya, ane pake dulu beberapa waktu. Ntar ane laporin lagi…

3 comments:

  1. Thx bgt bro, akhirnya nemu jg caranya :)

    ReplyDelete
  2. mantab!! akhirnya ketemu juga, walaupun di bukan di pejwan nya gugle :)
    thanks gan

    ReplyDelete
  3. @tri

    disini gak mikirin SEO gan. jadi gak peduli mau di halaman 1/2/3. Ketemu ya sukur, nggak ya gak papa. Yang penting bermangpaat.

    ReplyDelete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...