Wednesday, October 13, 2010

Selamat Buat Pengusaha Warnet!

Selamat bagi pengusaha Warnet yang masih bertahan! Tampaknya (inget, ini prakiraan!) cuaca mendung akan segera lewat, menjadi setengah mendung.

Hari ini, tiga hari setelah perfect 10.10.10, saya meriset kenapa internet saya lemots terus. Max 20KBps pada siang dan malam hari. Provider yang saya pakai adalah Smart Telecom, provider yang membuat saya enggak pernah ke warnet lagi karena berani memberikan TRUE UNLIMITED. Tapi setelah perfect 10 semua berubah. Berawal dari pengumuman main tenis pada 7.10, katanya akan ada perbaikan jaringan pada 9.10 dan berakhir di perfect 10.

Perbaikan jaringan itu kayaknya berakhir celaka bagi pelanggan Smart. Dugaan pemberlakuan kuota semakin kuat karena semakin banyak ditemukan pola pola batasan. Seperti yang dicantumkan dalam thread @kaskus disini.

Lalu apa hubungannya buat pengusaha warnet?

  1. FUP (fair usage policy) smart ini berakibat adanya pembatasan. seperti yang dilakukan oleh operator GSM. Sehingga speed setelah kuota menjadi sangat tidak nyaman, bahkan untuk browsing sekalipun (pengguna smart biasa browsing bertab-tab).
  2. Karena tidak nyaman dengan kuota, pengguna smart akan mencari koneksi lain untuk mendukung acara downloadnya.

And guess what siapa yang paling diuntungkan? Tentu saja WARNET. Hahahaha...

Warnet sepi berkecepatan 1Mbps (128KBps) pada malam hari akan kembali dicari pengguna. Expect juga pengguna siang yang butuh download cepat dan darurat. Padahal kuota sudah habis. Seharusnya, anda pengusaha warnet bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendulang untung dengan “mengedukasi pelanggan” anda. Ingat, ini kesempatan anda. Jika anda diam saja, maka ya... bisnis anda bakalan stagnan stagnan aja.

Jadi, anda siap kebanjiran (lagi) pelanggan atau tidak?

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...