Saturday, November 13, 2010

Email di Facebook (a.k.a Project Titan)

Back in February we wrote about Facebook’s secret Project Titan — a web-based email client that we hear is unofficially referred to internally as its “Gmail killer”. Now we’ve heard from sources that this is indeed what’s coming on Monday during Facebook’s special event, alongside personal @facebook.com email addresses for users.

Tech Crunch

Ha? Facebook mau bikin email? Baru nih! Yang jadi pertanyaan, ini hal bagus apa jelek yah? Gw apriori kalo ini hal jelek. Setidaknya bagi kehidupan gw. Setidaknya kalau semua kriteria yang bakalan gw sebut di bawah dipenuhi, berarti hal ini bagus buat elo.

Technical Things

Pernah pake Google Mail, atau pernah pake Yahoo Mail? Disini aja kita udah bisa ngelihat batasan awalnya. Yaitu so called Address Book. Sepanjang yang gw tahu, yang namanya Facebook itu hanya bisa menahan 5.000 teman di friend list, bahkan jumlahnya bisa disebut volatile lagi. Inget, kadang dari 5.000 teman itu ada yang bandel sehingga dia direport sebagai spam oleh ribuan orang sekaligus. dan bum! Akun facebooknya hilang begitu aja.

Kalau kamu memang cuma punya 500 teman, atau 200an kayak gw, mungkin bisa aja facebook jadi manajer email. Atau bisa aja facebook memperlebar daftar address-nya menjadi ke siapa saja. Kan memang seharusnya begitu, kita bisa ngimel siapa saja. bahkan yang belum temenan sama kita. Iya kan?

Selesai begitu, berikutnya adalah limitation. Facebook bukan Yahoo! Mail, yang unlimited. Siap nggak sih kita kembali ke jaman dimana semua limited? Kalo gw sih enggak ya. Sekarang aja gw harus setiap setengah tahun sekali menghapus sekira 4 bulanan email Google untuk bikin ruang. Dan itu sebenarnya gw ogah. Gw pengen email ada saat diperlukan. Didownload ke inbox sendiri? Sekarang jamannya IMAP kale, walaupun lemot…

Kalau misalnya foto aja dibatesin, friend dibatesin, like dibatesin. Ntar email dibatesin juga? bagoes… Ogah deh.

Kebayang juga kalo misalnya facebook bikin email. lalu kemudian jadi seperti apa ya “beranda” kita? Beranda yang sekarang itu sebenernya udah cluttered banget lho. Banyak benda benda yang enggak seharusnya ada disitu (karena enggak kita pake, atau dobel dobel) tetep aja muncul! Perhatikan sebelah kiri, itu ada yang namanya Message. di atas ada ikon message juga, yang lebih nge-jreng dengan notifikasi jumlah warna merah. Ngemeng ngemeng notifikasi, gw emang lebih memperhatikan bar diatas itu daripada yang di sebelah kiri. Nantinya si news-feed ini juga ada from dan sent mail-nya juga. Horrible gak sih!

Social Things

Kalo ngomong soal facebook, berarti ngomong soal sosial juga. Secara Facebook adalah media sosialisasi dan media bersosialisasi. Maka gw jamin 1000% anonimitas bisa hilang. Kenapa? Karena kamu pasti udah melengkapi profil kamu dan menghiasinya dengan sekeren kerannya kan bo! Ini juga yang gw baca, walaupun TechCrunch juga di artikel tadi, gak memandang ini jadi negatif-negatif amat. Gw melihatnya negatif.

And there’s also the social element: Facebook knows who your friends are and how closely you’re connected to them; it can probably do a pretty good job figuring out which personal emails you want to read most and prioritize them accordingly.

Hei, lalu dimana gw bisa anonim? Sometimes gw gak pengen ketika orang baca email gw, lalu gak setuju dengan gw, lalu nge-stalking gw melalui facebook gw. membaca bagaimana kehidupan gw, dll. Yang akhirnya, diskusi email berubah menjadi diskusi pribadi. Bahasan dudul gak nyambung, malah njelek njelekin bodi. Ogah.

Jadi intinya emang gw mungkin tidak akan opt-in kalo Facebook bikin layanan email. Gw akan tetep pake Gmail buat mail, dan Yahoo buat groups. Facebook is for me and my closest friend only, not for my everything-in-life thing.

 

Credits:
Image from bestsalsa and alistapart

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...