Friday, November 26, 2010

Menyederhanakan Teh

Kalo lihat panduan soal sesuatu makanan dan minuman, kayaknya kok ya rumit banget sih, nggak bisa dipersingkat aja misalnya untuk newbie-newbie yang baru aja menikmati makanan atau minuman itu? Kayaknya enggak. Bagi para expert disana yang sudah sangat expert, kebanggaan atas sesuatu hal kadang berimbas pada keinginan untuk menjelaskan semuanya dalam satu waktu. Berakibat mbingungi, ora jelas, akhirnya dhuar… Lupa.

Jadi bagi para newbie, harus mencari panduan yang lebih pas untuk dunia newbienya sebelum masuk ke dunia yang lebih advance. Nah ini gw tawarin bagi pemula dalam minum teh… ~damn spelling checker!~ *turning spellchecker off*… TEH.

Apa itu teh?

All tea comes from teh camellia sinensis plant. If you are drinking something that did not come from this plant (chamomile, mint, tulsi, rooibos, etc) it is not tea.

Lifehacker

Ok, teh dibuat dari tumbuhan yang bernama latin Camellia sinensis (lihat gambar). Jika kamu minum sesuatu yang tidak berasal dari tumbuhan ini, misal: chamomile, mint, rooibos, herba atau apapun, itu bukan teh. Walaupun baunya mirip mirip. Anggep aja itu seduhan herba something, jamu etc. Tapi bukan teh. Jangan salah kaprah. Jangan juga kebolak balik dengan bumbu campurannya, seperti jasmine.

Jenis Teh

White, Green, Oolong, Yellow, Black and Pu-erh teas all come from the camellia sinensis plant and the type of tea is determined by the processing methods used on teh plucked leaves.

Lifehacker

teh hijau, putih (belum pernah coba), oolong (belum pernah coba), kuning, hitam dan pu-erh (belum pernah coba), semuanya macam macam teh. Dan semuanya ditentukan dari bagaimana cara “pabrik’ mengolah teh yang baru dipetik.

Khasiat teh

Tea contains L-theanine, an amino acid that promotes mental acuity. teh combination of L-theanine and caffeine creates a sense of "mindful awareness."

Lifehacker

Teh mengandung L-theanine, sebuah asam amino yang meningkatkan ketajaman mental. Kombinasi L-theanine dan kafein menciptakan rasa "sadar yang sebenarnya". Bagaimana itu disebut sadar yang sebenernya gw gak gitu ngerti. Cuma emang kalau minum teh, perasaan suka jadi agak tenang dan… gak, gak damai. Kalo lagi rieut mah rieut aja. Cuma membantu melancarkan pikiran aja.

Di salah satu kasus Meitantei Conan disebut juga kalo teh bisa menghambat bisa ular. Bener gitu? Kurang tau ya.

22

Meracik teh

Tea can be prepared in any vessel by steeping tea leaves directly in hot water as long as you strain tea leaves out of the water before drinking.

teh bisa disiapkan dalam wadah apapun, mau teko, gelas, ceret, panci apapun lah. Tapi mungkin jangan wadah dari plastik aja kali yah. Bisa diseduh langsung dengan air setengah panas atau air panas. Dan jangan lupa, angkat daunnya sebelum dinikmati.

Nah setelah agak bisa menikmati teh, baru deh beli peralatan khusus untuk minum teh seperti di Jepang, atau alat alat lain yang dapat menunjang kenikmatan minum teh. Seperti Zen Garden, atau rumah baru.

The more oxidized the tea leaves are, the hotter the water temperature should be when steeping.

Makin teroksidasi teh, maksudnya makin item jenisnya, makin panas air yang dibutuhkan buat menyeduhnya. Jadi, kalau misal punya teh hijau, yang jenisnya paling natural, jangan keburu buru menyeduh dengan air 100 derajat yang baru aja mendidih dari kompor! Itu enggak baik.

Entah kenapa, restoran cepat saji yang bernama Hoka Hoka Bento itu pernah menyajikan Ocha (teh Hijau) yang sangat panas, sampe ngebul. di BEC. terakhir kali pun gw pesen Ocha di Hokben depan BIP, masih ngebul, cuma gak terlalu parah waktu kayak di BEC.

Jadi, demikianlah panduan sederhana bagi newbie yang pengen minum teh. Selanjutnya, bisa konsultasi lewat berbagai milis di internet, ataupun lewat google search sederhana juga bisa.

 

Sumber:
Lifehacker, teh Hackers Guide to teh
Gambar, Wikipedia, Detective Conan (Aoyama Gosho)

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...