Monday, December 20, 2010

Best of 2010: Foods

Di saat yang lain heboh ngeluarin daftar sepanjang jalan tol, gw dikit aja. 5 tepatnya. No ranks, all best and worth to try. Here we go…

So, berapa jenis makanan yang kamu makan di 2010? Gw bilang lebih banyak dari jumlah harinya kan? Nah, akhir tahun gw pengen nge-review ulang makanan apa yang membuat gw senang di tahun ini. Nggak mesti murah, nggak mesti mahal.

Salad Hoka Hoka Bento

Sudahkah gw menyebutkan kalo Hoka Hoka Bento adalah restoran fast food yang gw rasa paling sehat di Indonesia? Salad ini adalah salah satunya. Gw order banyak salad yang dijual 4.545 (sekarang 5.000) ini.

There is something i can’t replicate, sama seperti salad milik Pizza Hut, entah itu kesegarannya, atau sausnya. I just can’t get it right.

Tempe

This, is original indonesian food, if you Japanese, it’s kinda like Natto, without gooey. Tempe adalah subtitusi yang sangat baik buat protein. Dan kalau tempe bisa sub protein dengan baik, artinya rasanya gak jauh beda sama daging.

Rustono, pembuat tempe di Jepang

Sayangnya tempe kita akhir akhir ini kedelainya import semua. Bahkan ada gosip lagi kalau kedelai yang digunakan itu kedelai transgenik. Entahlah. Yang penting gw tetep enjoy makan tempe.

Bakso

Dengan cabe yang banyak (saat entry ini ditulis, harga cabe lagi ngehe banget). Enak banget dikala dingin atau panas. It just soothe your mind to have bakso in your mouth. Kombinasi daging dan sayurannya pas banget. Bisa bikin sendiri atau minta dibikinin sama mang-nya.

There’s a lot of Baso Stall i visited. Tapi yang paling mengena adalah Bakso Moro di pinggir Stasiun Kiaracondong. Temen gw bilang disitu sambelnya kurang pedes. Tapi gw dateng kesitu untuk ukurannya, bukan untuk pedesnya.

Gala Karunia @ BEC

Booth Gala Karunia di BEC bersaing keras sama Clemmons di pikiran gw. BEdanya memang bumi dan langit. Antara masakan sunda dengan fried chicken ala anak muda. Tapi gw pikir Gala Karunia punya taste yang everybody will like. It’s a bargain too!

They understand my passion for spicy food! Gw beberapa kali tahun ini pesen lotek mereka. Kalau gw minta secara spesifik pedes, maka mereka akan bikin pedes. Bukan pedes abal abal ala mie ABC, tapi PEDES.

Saran gw kalau berhadapan dengan Gala Karunia, jangan pesen menu bulking. Well, gw sih belum pernah pesen menu yang berdua atau bertiga, tapi dari rate-nya kayaknya lebih mahal dari menu single dikali 2.

Ayam

I love chicken, real chicken, not nugget. Gw suka ayam, baik itu digoreng, sup atau apapun. Dan untuk mensiasati ayam yang mahal, gw kadang milih ayam kuning yang hampir kedaluarsa di Hypermart. Hey, mereka diskon 50% lho!

Bagian yang paling murah dari ayam itu sebenarnya punggung dan brutu (ass). rating di supermarket “hanya” nyaris 10ribuan aja per kilo, jadi bargain buat gw yang emang enggak bisa belanja ke pasar tradisional.

Itulah makanan yang paling membuat gw senang selama tahun 2010. What’s yours?

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...