Friday, December 3, 2010

McSupersize What? Part 2

So, apa sih yang disajikan di restoran fastfood Indonesia yang bisa membuat gw sedikit berlega hati? Yuk jalan ke Bandung Electronic Center. Tempat dengan konfigurasi yang bagus buat ngeliat seluruh elektronik yang digelar, setelah cape ngumpulin brosur, naik ke lantai atas food court, stuff yourself, think what you would buy, and then get down and buying some electronic or phone stuff.

Di food court Bandung Electronic Center, amazingly hanya ada satu fast food chain nasional. Namanya Hoka Hoka Bento. Hoka Hoka Bento menurut gw adalah chain makanan siap saji nasional yang masih bisa disebut sehat. Kenapa? Jika kamu pesan apapun di Hoka Hoka Bento, kamu dapat salad dengan porsi kecil. Tidak mencukupi kebutuhan sayuran, tapi setidaknya ada. Tapi tentu saja ada banyak orang bodoh yang menskip sayuran ini.

Tenant yang lainnya di BEC yang bisa disebut makanan dengan ciri khas fast food yang udah gw bilang tadi misalnya Clemmons. Clemmons menjual ayam dan daging bertepung, dengan fries or rice. tetapi kabarnya mereka bisa kehabisan stok tiap harinya. So I think their food freshly made every day. Tenant lainnya bisa dibilang walaupun mass production, lebih segar lagi. Ada tenant masakan sunda seperti Kabayan, ada Mie Goreng Aceh. Ada pula mie yang tampak datang dari luar negeri. Apa yang mereka lakukan gw yakin cuma membumbui bahan makanan mereka. But no added presevative. Yang menjadi alat pengawet mereka adalah Freezer dan Kulkas. Gw rasa tidak lebih dari itu.

Dekat BEC ada BIP, disini pilihan makanan khas fast food lebih banyak lagi, J.Co, 99Ers, ToniJack (yang udah tutup), Pizza Hut. Di Foodcourt ada Clemmons, Doner Kebab, Texas Chicken dan A&W. Sisanya? Half healthy food seperti Mie Singapore, The Taste. Tapi juga banyak makanan fresh seperti Facefood (what a lame name, even the logo was Facebook-like) yang isinya makanan tradisional seperti tahu gejrot dan empal gentong, dan kalo nggak salah ada Mie Baso Kota.

See, pilihan makanan di Indonesia, setidaknya di Foodcourt masih jauh lebih sehat daripada di amerika. Setiap tenant masih menjual air mineral dan teh. Bahkan tea stand seperti Cap Gopek atau GoodTea sekarang semakin laku. Dibanding Coca cola apalagi Pepsi.

Seharusnya Indonesia tidak lagi bermasalah dengan obesitas. Kita punya banyak pilihan makanan sehat di mana mana guys. Walaupun itu tidak dimasak sendiri oleh kamu atau ibumu. Kalau kamu masak sendiri, gw yakin banget, asupan makanan bisa lebih bermutu lagi, dan lebih hemat untuk kantong.

Gw gak akan ngomong berhentilah makan di luar seperti yang kebanyakan orang Amerika bilang, karena jelas kita punya jauh lebih banyak pilihan sehat. Tapi pilihlah resto yang hanya menyediakan makanan sehat. Freshly made food atau no preservative food. Or better yet. Eat Tempe.

Di Amerika, Big Mac berharga $2.99, Coke $1.5 dan Fries $2. Total $5~. Gourmet Food, dan freshly made food $15. Di Indonesia, satu porsi makanan sehat bisa didapatkan seharga Rp10.000, dan anehnya satu porsi Menu Mantap McDonalds baru bisa didapatkan setelah membayar Rp16.500. Guys, where are your brains?

Currently Supersized options are on the McDonalds menu. I once ordered it at McDonalds Mangga 2 Mall. It’s huge, and I need more than 20 minutes to gulp all their fries. Fortunately, I only ordered small drinks. The Supersized fries is costing Rp17.000 exclude tax by the way. A great options if youre gulping that with 3 friends. Otherwise, NO.

Apa yang gw tekankan disini adalah. Di Indonesia, kita punya pilihan yang sehat. Jauh lebih sehat dibanding Amerika. Sepanjang gw pikir, fast food yang paling sehat di Amerika hanya Subway. Selagi kita punya opsi fast food sehat itu, kenapa sih kita mau makan fast food yang tidak sehat?

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...