Saturday, February 5, 2011

Lebih Baik Dari Blogger?

Gw sedang belajar coding. Jadi gw juga butuh catatan online buat ngingetin gw apa yang terjadi saat gw belajar. Dan catatan itu sangat baik sekali kalo dibuat dalam bentuk blog. Yang jadi masalah, kok susah sekali ya menemukan platform selain blogger yang bagus kustomisasinya, atau setidaknya indah dipandang aja dulu.

Wordpress, NOT

Gw sebenernya sudah angkat tangan dengan yang namanya Wordpress. Itu platform blogging emang bagus banget. Tapi sayang, kalau mau kustomisasi berlebihan, harus bayar. Gak berlebihan malah sih, masa ngerubah theme dengan yang diluar default wordpress juga harus bayar? Ya ngerti sih, mungkin dari fitur itulah wordpress dapet duit. Tapi maaf, gw yang juga mementingkan desain merasa pembatasan itu nggak masuk akal.

Tumblr, NOT

Tumblr udah gw coba, dan meskipun Theme Garden-nya indah banget, tapi kayaknya lebih disukai buat blog non coding. Alias blog yang multimedia banget. Makanya inti utamanya adalah tombol reblogging (semacam retweet), unsur textnya malah sedikit. Banyak unsur video, music, picture sama urlnya. Berarti memang bukan platform blogging mainstream kan?

Posterous, MAYBE

Ini blogging platform menjanjikan sebenernya. Theme-nya bisa diutak atik lewat theme-nya Tumblr. Platformnya sederhana, tidak terlalu multimedia, mendukung markdown, post lewat email yang sederhana, dan lain lain. Tapi satu hal… Kompatibilitasnya dengan Office Outlook payah banget. Atau Office Outlooknya yang payah ya? Tiap posting, pasti si Office mengikutkan CSS besarnya, jadi itu message rusak di Posterous dan akibatnya harus diedit ulang.

Sistem coding posterous juga membingungkan. Katanya kalau dikasih markdown tertentu sudah langsung bisa ditag coding. Ini beberapa coding yang gw tulis hilang ditelan tombol Submit.

Balik Lagi ke Blogger?

Nggak, gw belum nyerah terutama dengan Posterous. Gw kayaknya akan terus mengutak atik ini supaya pas dan mudah dijalankan.  Lagipula, blogger terlalu distraktif. Banyak ini-itu nya. Persiapannya justru jauh lebih banyak ngutak atik widget apa yang mau dipasang.

Oh iya, kalau mau ngintip seperti apa blog-nya. silahkan ke Belajar Coding, mari kita belajar coding bareng bareng. Dimulai dari PHP dulu ya… :)

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...