Wednesday, March 16, 2011

Oh Jepang…

Gak perlu diulang lagi… Oke deh ngulang dikit untuk kamu kamu yang kuper. Sebuha gempa besar terjadi di samudera pasifik sebelah timur Jepang. Gempa berskala 8.8SR itu menimbulkan tsunami yang menghancurkan beberapa perfektur di bagian timur Jepang. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi dan Daiini, menghadapi kemungkinan meleleh, menghilangkan akses listrik ke lebih dari 4 juta gedung dan rumah tangga.

Sekarang, semuanya merasa sedih, semua ingin tahu apa yang terjadi. Are we that related to japan? Kenapa kita merasa sangat terelasi secara psikologis dengan Jepang? Gw tidak punya sahabat, kawan atau keluarga di jepang. Seenggaknya yang hubungannya direct ya.

Tapi kenapa gw merasa sangat ingin tahu dengan keadaan di Jepang? Kenapa waktu badai Katrina, gempa Iran, bahkan banjir bandang Wasior dan yang baru saja banjir di Aceh Besar, gw merasa memiliki kedekatan seperti ini? Gw rasa ada banyak alasan dibalik sekedar rasa kemanusiaan dan rasa sedih sebagai manusia soal Jepang.

Asia Timur Raya

Jepang adalah negara yang Istimewa. Mungkin Jepang bisa gw sebut sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta-nya dunia. Entah harus dimulai darimana, Jepang adalah sebuah negara yang penduduknya setengah gila. Budayanya membaur sangat ekstrim. Di satu sisi kamu bakal menemukan Jepang yang sangat tradisional. Minum teh itu biasa, tapi Japan Rock bisa dengan bebas membaur dengan Enka, sebuah cara menyanyi lagu tradisional.

Di satu sisi, Jepang adalah bangsa yang sangat maju. Dimana mana, negara maju mulai dihinggapi virus individualisasi. Di Jepang, indvidualisasi antar tetangga memang ada, tapi kamu pasti tau, etiket kesopanan di Jepang adalah satu yang terbaik di dunia. Hubungan seks di Jepang juga membingungkan, tidak tabu karena industri seks berkembang sangat maju, tapi juga tabu untuk dibicarakan kalau tidak diminta.

Kita Sayang Jepang

Lalu apa yang menjadikan kita sayang Jepang. Gw percaya, jepang adalah negeri dimana kreativitas dijadikan sebagai modal utama dalam hidup. Meskipun kehidupan bisnisnya sangat konservatif, tapi produk yang dihasilkan sangat maju dan modern. Segala tingkah laku, budaya, dan hiburan ~ harus diakui ~ kita konsumsi sangat banyak dari Jepang.

Dan gw yakin, karena itulah kita sayang Jepang. Kita takut kehilangan sumber hiburan anime, dorama, dan jav. Kita takut kehilangan PlayStation 4, Wii, Bravia. Kita juga takut tidak bisa mengendarai Honda, Toyota dan Kawasaki. Walaupun, nyaris sebagian besar produk yang gw sebutkan tadi, diassemble di China.

Di dunia, banyak yang tidak peduli dengan politik dalam negeri Jepang, tapi untuk hal lain, bahkan hal kecil seperti bagaimana menjadwalkan waktu pembuangan sampah saja, kita harus berguru dengan Jepang. Dan kita takut, kita kehilangan guru, hiburan, dan segala ide unik lain dari negara itu.

Semoga cepat sembuh Jepang!

2 comments:

  1. sebenernya sebelum bilang Pray For Japan,terlebih dahulu Pray For Indonesia karena bangsa kita sudah banyak bencana yang tidak kunjung selasai sampai detik ini penyelesaian
    contoh : Tsunami Aceh,Merapi,Lumpur Lapindo mana ada yang mikirin hal tersebut sekarang ?

    ReplyDelete
  2. @arsavin666

    oh gitu ya...
    hm...

    ReplyDelete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...