Tuesday, April 12, 2011

Keamanan dan Keselamatan Kerja

Pernah denger ini?

Peraturan dibuat untuk dilanggar

Jika kamu sudah bekerja, apalagi kerja yang agak berhubungan dengan nyawa. Jangan coba coba melakukan pernyataan diatas. Peraturan di dunia kerja tidak dibuat untuk dilanggar.

Sampel? Karena ini blog soal ngelas, mari kita ngomong soal komponen yang dipakai buat ngelas. Tak lain dan tak bukan adalah api. Sampe sini masih belum jelas juga? Belum tahu bahayanya api? Lebih baik anda tutup blog ini dan cari pekerjaan yang lebih baik daripada ngelas.

Jika kamu perawat, jangan salah nyuntik. Jika kamu dokter, jangan salah ngasih obat. Jika kamu welder, jangan salah ngelas. Akibatnya akan fatal. Hasil las kamu keliatan bener dan lulus QC? Selamat, tapi jangan lupa soal keselamatan diri kamu sendiri.

Yang gw maksud adalah simbol simbol yang ada di peringatan di sekitar lingkungan kerja. Seperti ini:

D-M005 Fußschutz benutzen, Gebotszeichen

Itu gambar diatas artinya kamu harus pakai sepatu keselamatan, alias Safety Shoes. Jangan coba coba pakai sepatu biasa, sepatu karet atau sepatu kain. Di lingkungan pengelasan yang penuh dengan api, sepatu seperti itu gampang kebakar. Mending kalo cuma bolong. Kalau kakimu ikut kebakar?

Simbol

Ada beberapa simbol di lingkungan kerja yang gw pikir harus diperhatikan dengan baik. Di negara negara barat, simbol itu sudah distandarkan dengan baik. DIN misalnya sudah membuat simbol khusus seperti gambar di atas. Negara seperti Jepang, lebih kreatif lagi. Silahkan tebak apa maksudnya gambar ini:

Safety signs in the subway, Tokyo, Japan

Buat yang mikir itu tanda yang ada hubungannya dengan pekerja setempat, kamu salah, itu bukan tanda untuk pekerja, tapi tanda buat masyarakat sekitar. Bacaannya kurang lebih, “Maaf sedang ada pekerjaan konstruksi. Mohon maaf jika pekerjaan ini mengganggu anda.”

Kembali ke simbol. Soal tanda tanda yang biasa ditempel di tempat kerja, dibagi beberapa macam.

Pertama sesuatu dengan latar belakang biru. Itu artinya saran atau kewajiban. Sama seperti rambu lalu lintas. Sampelnya udah gw kasih diatas.

Yang dengan latar belakang kuning, biasanya peringatan keras. Misalnya seperti ini:

Awas bahaya api. Jelas kan?

Kemudian yang dengan border merah dengan latar putih biasanya larangan keras. Seperti ini:

Artinya kurang lebih jangan dipakai dalem bak mandi atau ember atau sesuatu yang berisi air.

Yang berlatar belakang merah penuh keadannnya sudah lebih gawat lagi. Kamu mau memperhatikan ini jika keadaan darurat. Seperti ini

Biasanya dipake di Perancis, artinya Alat pemadam kebakaran.

Yang terakhir berlatar belakang hijau. Biasanya dipakai sebagai jalur keselamatan. Agak susah nyontohinnya karena nggak ada.

Artikel ini panjang, tapi intinya cuma satu. Jangan ikutin anekdot lama yang bilang “Aturan itu dibuat untuk dilanggar”. Ok?

 

Selanjutnya tentang ini dibahas di sini:

Contoh gambar keselamatan bisa dicomot dari sini:

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...