Thursday, April 14, 2011

Kerjasama Tim

Pekerjaan ngelas itu yang pasti nggak sendirian. Kita perlu orang lain buat ngebantu, mengawasi dan lain lain. Kita butuh kerjasama. Secara Definisi, yang namanya tim itu beda sama kelompok, meskipun sama sama dua orang atau lebih yang pengen mencapai satu tujuan yang sama. Kenapa gw bold? Karena itu definisi dari kerjasama.

Yap, gambar diatas adalah Goggle V, mereka adalah satu tim, bukan kelompok. Iya, ada bedanya antara kelompok dan tim lho.

Kelompok vs Tim

Perbedaannya… mending langsung baca di tabel ini kali ya, gw males nulis. Hehehe.

Jenis tim sendiri ada yang formal ada yang informal. Tau sendirilah apa bedanya. Lalu dibagi lagi menurut kepemimpinannya. Yang pertama ada tim vertikal yang hanya punya satu manajer dan tim horizontal yang punya beberapa manajer yang ngurus hal hal spesifik.

Dari situ dibagi lagi dalam beberpaa jenis tim, Satgas alias Satuan Tugas atau Task Force biasanya dibentuk secara insidental, cuma buat beberapa waktu tertentu aja, dan Komisi yang dibentuk buat jangka waktu panjang dan ngurus berbagai hal.yang walaupun spesifik tapi punya interest yang sama.

Tim Virtual dan Global

Tim Virtual itu tim yang dalam kapabilitasnya nyaris tidak pernah ketemu di dunia nyata, hanya ketemu di internet atau alat komunikasi lainnya. Yang jelas mereka masih sempat komunikasi.

Sebaliknya tim global, walaupun ada internet ada international direct call tetep tidak pernah ketemu dalam hubungan apapun. Manager merekalah yang menghubungkan satu dengan yang lainnya untuk menyelesaikan pekerjaan.

 

Bacaan lainnya soal Tim dan Kelompok

Gambar dicomot dari

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...