Sunday, May 15, 2011

BM vs. Replika vs. Original

Baca juga: King Copy, Super Copy atau King Super

Pagi ini tiba tiba sumbled upon diskusi di page Kepolisian Negara Republik Indonesia di Facebook, entah tu page asli apa enggak gw gak mikirin. Yang penting rame dan bisa liat yang maki maki gak jelas. Hehehe…

Eniwei, topiknya hari ini rada menarik. Lagipula gw juga sebagai pengguna Facebook suka rada jengkel dengan yang namanya Online Shop. Alias toko online. Masalahnya, gw punya toko online, setengah mati gw jaga tu toko biar supportnya bagus, punya masa depan yang cerah, dan cendol gw semakin banyak. :D. Eh ternyata semakin banyak… gw gak mau sebut oknum lagi ya… penjahat penjahat kelas teri yang berusaha tipu tipu di wilayah dunia maya.

Tapi yang lebih aneh lagi, kok banyak ya yang jualan barang Black Market aka pasar gelap aka BM? Apa untungnya? Dan yang lebih miris, apa yang beli tau apa yang dimaksud dengan barang BM? Kalo lu gak ngerti barang yang lu beli, kenapa lu berani buang duit di tempat yang gak jelas?

Jadi apa itu barang BM?

Kita ngemeng definisi resminya dulu kali ya.

Black Market itu barang asli! Bukan rekaan, bukan replika. Jadi kalo misal kamu nemu iPhone 4 black market edition, itu artinya yang kamu dapet di tanganmu bener bener iPhone 4. Bukan replika abal abal dari negara tirai panda. Atau knockoff murahan dengan plastik gampang lecet dan dilempar jadi pecah. Barang Black Market itu dalemnya juga dilengkapi software asli, resmi.

Lalu kenapa harganya lebih murah? Begini meskipun itu barang asli, bukan replika, TAPI tidak diimpor secara resmi tidak lewat pemeriksaan pajak, tidak lewat custom, dan mungkin saja, di tempat aslinya itu merupakan barang reject alias gagal produksi, atau barang curian. pokoknya didapatkan oleh penjual secara ilegal.

Jika kamu nggak peduli dengan negara yang gak bakal terima pajak, cukai dan segala gala yang bisa dikorupsi, lalu apa konsekuensinya buat yang beli? TIDAK ADA GARANSI PABRIKAN. Ngerti kan? Maksudnya gini, Kadang perusahaan seperti Nokia misalnya nggak ngedarin tipe tertentu di negara tertentu. Misalnya jika Nokia 1110 hanya diedarkan di Indonesia, maka kamu hanya bisa ngeklaim garansinya di wilayah indonesia aja. Jika tu hape kegiles mobil waktu kamu lagi shopping di Singapore, nggak bisa kamu klaim garansinya disana, mereka akan tetep ngecharge kamu.

Jadi, Blackberry yang kamu beli, mungkin punya garansi, tapi garansi mana? Amerika? Kanada? Inggris? Tergantung tempat dimana Blackberry BM itu berasal. Kalo BB kamu rusak dan minta garansi ke toko penjualnya, mungkin toko penjualnya akan “berbaik hati” mengirimkan HP kamu lewat FedEx atau DHL ke negara asalnya, dan memakan waktu lebih dari 1 bulan untuk selesai.

Biar gampang bedainnya lebih baik gw buatin tabel sederhana kali ya.

  Original Black Market Replika
Mesin Asli Asli Bingung
Software Asli Asli Gak Jelas
Garansi Full 1 – 3 tahun Toko, paling seminggu Tiga hari aja harusnya udah bersyukur…
Pajak Lengkap dan terbayar Becanda kali lo… Ikutan sama yang sebelah kiri
Intinya Beli yang ini, aman dan nyaman. Gengsi itu lebih penting. Buat kamu yang miskin tapi tetep pengen gaya.

Jadi beli BM gak papa? Kalo kata gw sih JANGAN. Kenapa? Udah jelas karena garansinya gak jelas! Lagian misal… pake logika aja sih, gw pernah lihat Samsung Galaxy Tab dijual BM katanya cuma 3.500rb. Sedangkan harga aslinya kayaknya sekitar 6.000rb. Diskon nyaris 50%? Untuk barang baru aja keluar? Are you fucking kidding me?

Mbok kalo mau nipu yang sedikit lebih pinter gitu!

Baca juga: King Copy, Super Copy atau King Super

5 comments:

  1. hashhh....but nice info...

    ReplyDelete
  2. cari aman ajalah gan... sesuaikan dengan kebutuhan... kl gk perlu2 amat mending beli yang sesuai n gk keseret2 "GAYA" e90 gwe aja belum abis gwe otak atik n benyak fitur yg belum gwe paham... Haaaggghhh Thanks Infonya yee

    ReplyDelete
  3. Barang BM banyak dijual karena dicari oleh para konsumen yg hanya memikirkan harganya doang tanpa memikirkan secara mendetail seperti yang dijelaskan diatas indonesia banget...hehe
    salam kenal

    ReplyDelete
  4. Gan, mau tanya. Kalo beli smartphone BM, itu barang asli kan? Cuma ga dpt garansi resmi dan ga lewat bea cukai atau itulah kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira seperti itu. Tapi hati hati. Banyak yang jual Replika, tapi ngomongnya BM. Karena ya... gak pake garansi tadi.

      :D

      Delete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...