Tuesday, August 16, 2011

What You Wish For Our (Country) Birthday?


Dalam kebiasaan yang sekarang... gw pkir udah menjadi hampir jadi kebiasaan nasional di setiap manusia yang ngerayain ulang tahun: Make a Wishes, and Blow the Candles. Bikin keinginan, lalu tiup lilin. Pernah ngelakuinnya? Ok gak perlu pake cake. Gw melakukan itu setiap tahun dan, gw pikir, gak ada salahnya kan berdoa? Yes, wishing gw anggap bagian dari berdoa juga.

CakeCentral.com

Nah, besok/hari ini (coret yang tidak perlu) adalah hari "ulang tahun" Indonesia. Indonesia sedang menjalani generasi keduanya. Dan gw pikir, kita tidak lebih baik daripada sebelumnya. Kenapa? Gw gak tau. I do my best, everybody do best too, so why it seems fails, crumbled upon our eyes?

Gw buka sejarah bagaimana negara yang umurnya udah 3 digit mempertahankan tradisi dan harapannya. Dan gw ngelihat satu kesamaan umum. Amerika nggak jauh beda saat umurnya sekitar kita. Amerika yang belum menguasai semua negara bagiannya masih belum mengalami stabilitas pangan. Ekonominya masih sangat gantung sama negara-negara eropa. Di belahan timur, Rusia setelah berubah menjadi negeri komunis pun mengalami krisis kepemimpinan, sampai terbentuknya Republik Rusia. Cina yang masih berbentuk imperial tentu saja punya masalah dalam kerajaannya. Bagi bagi kekuasaan, kemudian fraud, dsb.

Jadi, kenapa?

Jawabannya, kita masih muda. Indonesia masih muda, masih perlu sangat banyak sekali belajar (bisa lihat super duper hiperbola di kalimat sebelumnya? gw serius). Revolusi sudah dijalankan pada 1945, tapi masih butuh sangat banyak waktu untuk berevolusi menjadi Indonesia yang diinginkan di Pembukaan UUD 1945

  • Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  • Memajukan kesejahteraan umum.
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Have we seen any of 'em implemented? Kalo kategorinya sukses 100%, mana ada. Gak ada. Negara manapun gak ada yang mampu memuaskan seluruh warga negaranya. Setidaknya sampai saat ini.

Tapi gw melihat ada proses ke arah situ, ada harapan pemimpin (dan mudah mudahan penggantinya di 2014) Indonesia mau meninggalkan ego pribadinya, politik kelompoknya untuk mewujudkan empat cita cita pendiri bangsa diatas.

Lalu, apa yang gw harapkan sebelum kiat sama sama "tiup lilin" dengan background 21 gun salute besok/hari ini (coret lagi yang gak perlu)?

 Gw berharap semua orang di Indonesia punya kebahagiaan, untuk dibagi kepada orang disekitarnya.

Walaupun kebahagiaan itu relatif, tapi gw percaya, "bahagia" akan mendatangkan ketenangan, akan mendatangkan kecerahan, dan akan bisa mengabulkan cita-cita bersama.

Let's do OUR best, Indonesia!

1 comment:

  1. BUang Yg Kotor2....trutama yg di satlantas

    ReplyDelete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...