Thursday, September 8, 2011

Perubahan Sempurna Website “Pemerintah”

Sumpah, gw belum pernah melihat website “pemerintah” sebagus ini. Didesain dengan kemajuan HTML5 dan CSS3 dengan teknologi yang benar-benar open. Walaupun dengan Adblock dan Flashblock, gw sama sekali tidak menemui kendala saat mengaksesnya. Dan untuk website “pemerintah” gw berani kasih nilai “PERFECT”.

Gentlemen, please visit marines.com, salah satu Official Website of United States Marine Corps yang dikelola untuk rekrutmen.

U.S. Marine Corps_1315417924758

Kalo liat yang namanya website pemerintah, dimanapun, selalu penuh dengan yang namanya links. dihiasi dengan joomla-drupal-wordpress style widget, tweet button disana sini. semua ada di index.

Marines.com ingin “menghentikan” semua itu. Marines.com hanya mengambil setidaknya 7 link utama, yang semuanya ditampilkan dalam revolving banner. Sisanya dimasukkan ke menu atau search bar. Laman news-nya dibuat terpisah. Bahkan karena masih dalam pengembangan, tampaknya akan dibuat dalam domain/subdomain terpisah.

Dari sisi desain, marines.com dibuat dengan sangat apik, setiap pixel tersusun dengan baik. Font dipilih dengan hati hati, dan warna gelap tidak menimbulkan ketakutan. Kombinasi yang baik ini malah menjadikan marines.com memang “true warrior website”.

U.S. Marine Corps_1315419876091

Keterkaitan erat dengan Facebook dan Twitter juga menjadikan situs ini sangat engaging. Beda dengan web milik TNI-AD atau POLRI. Tidak meng-engage dengan baik Facebook dan Twitter. TPN, seorang co admin di page POLRI memang berusaha sebaik mungkin menampilkan konten di page POLISI. Tapi gw ingin lebih engaging dengan masyarakat. Ingin lebih menimbulkan kesan bahwa TNI dan POLRI memang dekat dengan masyarakat. Page POLRI sendiri susah kalau dibilang kaya konten, persoalan salah satu adminnya yang bukan anggota POLRI bisa jadi menghambat, page TNI hancur karena adminnya nggak ngurus.

“Improvise, adapt, and overcome”. adalah motto dari USMC. Refleksinya tampak jelas dari situsnya. Improvisasi dari CMS menjadi Social Media, adaptasi HTML5 dan CSS3, akan membantu USMC menghadapi tantangan sebuah modern browser, modern internet, dan kemungkinan Internet 3.0. Skill ini dengan ajaib-pun tampak tidak dipikirkan oleh saudara sekandungnya, US Army, US Navy dan US Air Force, bahkan di website utama USMC sendiri! Image yang terjadi? Become a marine, is AWESOME! Lupakanlah soal news dan segala sesuatu lainnya, it’s awesome enough to be a Marine.

Pertanyaanya adalah, bagaimana dengan Indonesia? Gw pikir, gw sebagai desainer situs akan sangat bangga jika website TNI-POLRI, Akpol dan Akmil bisa memberikan engagement yang nyaris serupa dengan website USMC.

Oh iya, kebiasaan nampangin foto komandan di index tampaknya harus segera dihilangkan.

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...