Friday, February 3, 2012

Susah Jawab Soal

Sebelumnya gw ngomong soal “ngerakit vs ngebikin”. Dan mumpung gw lagi kesel sama konsep pendidikan salah urus di Indonesia, mari kita liat skrinsut dibawah.

Skrinsut diatas diambil dari situs Apple. Mereka sedang mempromosikan iBook Textbook. Dan buku diatas tampaknya diambil dari buku Aljabar. Entah level berapa.

Orang Indonesia, yang memang dididik untuk menghapal, dan tidak berkreasi. Hobi juara olimpiade a be ce de, tapi jarang yang mau jadi penemu, karena cuma hafal teori. Bisa dengan mudah menjawab soal dsi sebelah kiri.

“Do You Know HOW?”, seperti terbaca pada buku itu mengajak pembaca untuk mengulang apa yang sudah ada. Apakah kita bisa mengerjakan problem yang ada?

Tapi, jika dihadapkan dengan pertanyaan sebelah kanan. “Do You UNDERSTAND?” yang bertanya apakah pembaca sudah benar benar mengerti kenapa rumus rumus itu ada dan bagaimana cara kerjanya. Gw gak yakin banyak orang yang bisa jawab. Dari 10 orang, mungkin cuma 1 atau 2 yang bisa menjawab. Pertanyaan ini sangat aplikatif. Bisa menjawab ini, berarti mengerti rumus, dan jika problem yang diajukan berbeda, pembaca bisa menyelesaikan dengan rumus yang ada atau mememodifikasi rumus yang ada.

Di Indonesia, A + B = C ya begitu seterusnya, jarang yang mau menurunkan menjadi B = T x Y jadi A + ( T x Y ) = C. Itu kerjaan dosen/guru katanya, (maha) siswa terima jadi.

#eaaa

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...