Friday, April 6, 2012

Debriefing After A Shit Meeting… #2

Bagian 2 dari debriefing setelah a shit meeting. Mari saya buka dengan slide ini. yang diambil dari sini.

image

Bagian pertama gw sudah buka Pyramid System mana yang mengundang gw ke meeting mereka. QNet something Ltd. Biar gampang, gw singkat QNet.

Seperti juga perusahaan yang berdiri dengan usaha downline-downline-an. Banyak janji joni yang dibuat agar orang mau bergabung. Gw akan mebahas beberapa janji itu. Karena gw kebanyakan spaced out di meeting itu, jadi gw tidak bisa men-debrief secara komperhensif.

Tapi seperti biasa yang namanya perusahaan downline seperti QNet ini tentu saja melakukan berbagai hiperbola. Yang pertama adalah penggelembungan jumlah negara. Dalam presentasi, QNet mengaku telah hadir di 175 negara, dan diakui di dua ratus negara lebih. Gw lupa. Jadi let’s head to Wikipedia.

Di wikipedia tercatat dalam Daftar Negara Yang Berdaulat ada 196. Tapi tidak semua negara berdaulat ini merupakan negara-negara yang dianggap aman untuk berbisnis. Negara-negara di afrika atau timur tengah misalnya. Maka dengan demikian, QNet tidak mempunyai cabang di 21 negara, atau kalo mau dipelintir, QNet tidak memiliki anggota dari 21 negara. Klaim ini bisa dibilang berlebihan karena negara seperti Cape Verde, Botswana, atau Saint Lucia (dan puluhan negara kecil lainnya) kemungkina besar tidak mengenal QNet sama sekali.

Berikutnya adalah klaim QNet yang merupakan perusahaan terbesar di dunia. Jangan ngeles, presenter tadi bilang seperti itu. Kalau mau lihat daftar perusahaan terbesar sedunia, tentu rujukannya adalah Fortune Global 500. Dan pada tahun 2011, perusahaan ber-aset terbesar adalah Warmart, Dutch Shell, Exxon Mobil, British Petroleum dan seterusnya. Lengkapnya disini.

Berikutnya soal “ini bukan MLM karena tidak perlu jual produk”. Betul, ini bukan MLM. Tapi ini sama bahayanya dengan MLM karena ini adalah bisnis yang tidak dapat bertahan lama. Ini adalah Skema Piramid.

Karena ini adalah bisnis non-sustainable, maka klaim berikutnya kalau bisnis QNet ini dapat diwariskan juga tidak benar. Jika satu orang merekrut dua orang dalam satu bulan. Maka dari pendiri piramida saja,sistem akan runtuh setelah 32 bulan. Atau cuma nyaris 3 tahun.. Jauh dari klaim yang mencapai 360 tahun.

Pertanyaannya kan menjadi, jika anda bergabung sekarang, anda di level berapa?

Penggunaan hiperbolis seperti “luar biasa” atau dibahasakan menjadi “Ora Umum” (tidak biasa) sangat ditonjolkan. Ini memberikan kesan dramatis tapi bagi yang sudah kebal, akan tertawa terbahak-bahak.

BAHAYA

Dan kemudian yang paling menyedihkan, mereka mengundang gw dengan false pretenses (alasan palsu) dan kemudian meminta semua yang datang jika mereka bergabung juga menggunakan alasan palsu untuk menggeret orang lain ke dalam sistem.

Part 2.2 dari debriefing ini akan benar benar fokus pada slide yang sudah gw taruh pertama tadi.

Who’s in the Audience?
Have the come willingly?

 

Baca seri ini selengkapnya.

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...