Saturday, June 2, 2012

Esia Max-D, Tetep Paling Mahal

Pas gw mengobrak abrik kaskus, tiba tiba muncullah sebuah trit dengan nama: Bakrie Telecom Luncurkan Modem Dan Paket Internet Super Cepat. Mata gw melirik tajam. Sebab seinget gw, BTEL dengan AHA dan ESIA adalah operator CDMA yang tarif internetnya PALING MAHAL.

Gak percaya, cek post ini: Aha, Wimode Ganti Kulit.

Nah kemudian muncullah si Max-D ini yang diklaim sebagai Internet Max, Biaya Mini. Memberikan kuota terbesar sampai 35GB dan flexibilitas dari mulai 25 ribu saja per bulan.

O Reilly? Benarkah?

Hati hati dengan bahasa iklan. Karena bahasa iklan dibikin sedemikian rupa sehingga sangat menggiurkan sambil ternyata dibelakang berpotensi mengecewakan, sini gw terjemahin. Pakai bahasa orang biasa, bukan bahasa iklan.

Mana udah gitu, dibandinginnya lagi sama GSM. Asem banget, jaringan GSM kan memang BAYAR FREKUENSI-nya lebih mahal daripada CDMA, dengan janji cakupan lebih luas dan lebih realibel buat nelepon sama sms.

4 Paket Max D

Max D terdiri dari 4 paket:

  • Data – LIMITED, overlimit pricing 1,1/kb
  • Fantastis – SEMI UNLIMITED dengan kuota dan FUP
  • Ekstra – Untuk nambahin kuota Data dan Fantastis
  • Blackberry – UNLIMITED via apn Blackberry, NO STREAMING, NO TETHERING.

Pricing

The price are unbelievably… well… judge for yourself.

Paket DATA (LIMITED)

DATA Kuota / Aktif Harga
Mini 600 / 30 25.000
Mega 2.000 / 30 50.000
Mega + AHATV 2.500 / 30 90.000
Giga 7.000 / 30 100.000
Giga + AHATV 7.500 / 30 140.000
Ultimate + AHATV 35.000 / 60 500.000

Setelah kuota, tarif Rp1,1/kb

Iya sodara sodara, yang 35GB itu harganya 500.000 dan bukan buat sebulan, tapi buat DUA BULAN. Artinya nyatanya kamu cuma dapet 17.5GB per bulan, kalo rajin jaga kuota.

Sedangkan gw, misalnya yang downloader? Performance bulan lalu saja sampai 60GB sebulan, gimana cukup?

Mau dibandingin kalo pake Quota? Ini harga juga kemahalan. Tercatat harga Smartfren adalah 150.000 untuk 12GB, artinya dengan 450.000, bisa dapet 36GB. Dan BUAT SEBULAN. Dan pula REV. B, alias speednya 14.7Mbps. Nyatanya sih katanya cuma 3-7Mbps-an. Kuota kalah, speed kalah. Bingung!

Paket FANTASTIS

Paket ini tidak terlalu fantastis

FANTASTIS Kuota / Aktif Harga
Harian 350 / 1 10.000
Bulanan + AHATV 10.000 / 30 200.000
Pascabayar 10.000 / 30 149.000

Setelah lewat kuota, densus (dibatasi kecepatan) 64kbps.

Jadi yang harian 10 ribu? Jauh donk sama tetangga sebelah, Smartfren misalnya, tarif 5000 per hari, kecepatan cuma 384kbps, tapi UNLIMITED. Kalo yang suka download pasti tau berapa pendapatan 384kbps dalam sehari kalo dipakai download. Taksiran sih sekitar 100MB/jam. Nah misal sehari? 2,4GB. Jauh donk sama Max-D. Mau gw bandingin sama yang quota-an? Ya udah... Flexi Evdo. Harganya 8rb, kuotanya 1GB, densus 1X alias 153kbps. Lha kuota lebih gede, densusnya juga lebih gede. Gimana to ya ini?

Yang bulanan? lebih bingung lagi. Kuota cuma dikasih 10GB, harga 2 kali lipat Smartfren, Smartfren seperti biasa UNLIMITED lagi. Bagaimana dengan Flexi? Tar harus diitung dulu, karena sama sama kuota-an. Paling besok Gw posting di sindang.

Paket EKSTRA dan paket Blackberry nggak terlalu penting buat dibahas. Karena paket dasarnya sendiri aja sutra mahal bo! Tapi biar jadi racun sekalian, ini gw kasih:

EKSTRA +Kuota Harga
Ekstra 50 50 2.000
Ekstra 100 100 5.000
Ekstra 350 350 10.000
     
BLACKBERRY   Harga
Harian   5.000
Mingguan   30.000
Bulanan   99.000

Tentu saja paket BB itu tidak termasuk Streaming dan Tethering. A big NO-NO for user who download like me.

Lalu mesti bagaimana? Begini. Wimode itu lemot. Aha itu mahal. Max-D lebih mahal lagi. Apa keuntunganmu?

Ada harga ada kualitas. Menurut yang pernah pake AHA, inget YANG PERNAH PAKE, karena gw belum pernah pake AHA. Jaringan AHA termasuk “stabil” Downtime lebih sedikit dari smartfren. Sama Flexi? Menurut gw downtime di Flexi jauh lebih sedikit daripada smartfren.

Jadi tinggal pilih aja, pake Max-D yang mahal, stabil, tapi berkuota imut dengan densus mencekik? Atau pakai Smartfren yang murah, tapi rada labil (ya… sehari paling downtime 30 menit sekitar jam 3 pagian, katanya maintenis), tapi unlimited?

Saran gw, kalo misal tu modem bakal nancep cep terus di komputer, kenapa nggak langganan Speedy atau First Media atau koneksi kabel lainnya? Karena koneksi kabel pastinya jauh lebih realibel daripada koneksi mobile. Khusus First Media, udah bonus tipi lagi. Dua duanya, TANPA KUOTA lagi.

Ditunggu buat sales sales Esia /Aha / Max-D yang pengen ngamuk-ngamuk kayak di trit Aha, Wimode Ganti Kulit.

 

PSSSST: Modemnya cuma 99rb, inget, kompensasinya tarif lebih mahal. Modemnya juga pasti LOCKED.

 

Sumber sumber:

145 comments:

  1. gibran sfc6/4/12, 8:44 AM

    walaupun bnyak modem baru aku tetap setia pake modem smartfren 45 ribu perbulan walaupun sering gangguan tp gpa2lah yg pnting unlimited ,udah ratusan CD ALBUM ,DVD KONSER ,DVD FILM ane udah download

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal gangguannya jangan pas ane pake aja gan... :D

      Delete
    2. benar sekali.. Saya juga idem pakai smartfren.. saya juga pernah pakai wimode dari keluaran pertama samapai beberapa seri dikantor yang paket pasca bayar 500rb sudah habis kuota cuma seminggu tahun 2009.. memang gila mahalnya si wimode.. gila jika ada yang masih mau pakai wimode super mahal dan lemot.. akhirnya kantor pakai speedy super cepat dengan kurang dari 1 juta sebulan bisa dipakai bersama2 sampai 16 komputer dan streaming tanpa putus di pakai bersama2 plus download bersamaan.. sedangkan wimode beli 4 utk 4 komputer sebulan kantor mengeluarkan biaya hingga 6 juta lebih sebulan.. udah gitu paket wimode yang saya pakai streaming youtube beratnya luar biasa.. bosan nuggunya.. kini saya dirumah juga pakai smartfren 45 rb bisa bisa download bayak youtube dan DVD FILM sampai yang lainnya.. jauh jika dibandingkan wimode.. lebih baik tutup saja krn membatasi orang menerima layanan internet..

      Delete
  2. mantab bos msh setia ane sm smatpren dah, dulu ane pake aha klo dowlaod sering putus dijalan bikin gedek njelehi

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu ane pake smartfren, sekarang pake flexi. di sini smartfren justru 0-bar. :)

      Delete
  3. sialan ane udah pesen ma temen tuh max D
    ternyata mahal jga yaa....
    NYESELL gw

    ReplyDelete
  4. wkwk ANE kmrn beli tuh esia max-d download emang kenceng tp susah koneknya itu yg bikin kesel.. pk game online sering DC.. enak pk axis kuota dh abis tp ttp nyaman maen game online walau speed cuma 8s.d12Kb/s... MANIS DI BIBIR DAH SALES ESIA..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pakai axis, tp yg bikin jengkel itu koneksinya persis kayak lagunya artis BBB PUTUS NYAMBUNG PUTUS NYAMBUNG,gak kenal masih ada kuota apa gk sama saja padahal sinyalnya lumayan bagus di tempat saya GIANYAR BALI

      Delete
  5. nice artikel

    ReplyDelete
  6. untung belum beli

    ReplyDelete
  7. Waduh gan gw sering bepergian jadi kalo pake smartfren apa max D gk ada network, kalo flash menurut gw biar rada" mini kuotanya yg penting ada jaringan... Menurut lho??? Gmna

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake yg nyambung aja gan. kalo sering jalan sbnrnya quota gak gitu penting, soalnya pemakaian biasanya jg kecil.

      Delete
  8. sinyal evdonya paling oke ya smartfren.. murah meriah.. paket bb nya murah pula anti pending inject ga bayar pula..bukan pengen ngejelekin si operator ijo2 itu sih... menurut gw evdonya blm sestabil si pintarfren... dan tarifnya masih kemahalan -,-

    ReplyDelete
  9. ya pinter2nya orang jualan bro..konsumen di indonesia harus jeli dan hati2.

    ReplyDelete
  10. Ada gula pasti ada semut ,, bukan begindang mas broo..

    ReplyDelete
  11. Bangke tikusss...,,, bneran nih artikel, gw korbannya! bonus 50mb ga ada fungsinya klo gw hrs isi ulang or rubah paket lg, emang kata2 iklan gw acungin jempol! tp jempol kaki!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi modem 99rb itu bonusnya 50mb?

      Fesbukan 2 jam juga abis itu bonus.

      Delete
    2. artikel yang bagus dan memang begitu keadaanya ...GUWE TERMASUK KORBAN... kelemahanya banyak banget modemnya aja murah... tapi: lemoooot. paketannya muahaaaaaaaaaaal... pake kuota lagi hadeeeh pusing guwe dah kadung beli...saya bandingin dg smartfreen: modem yg 300 rb ..bonus inet 2 bulan unlimited . paketan bulanan 50 ribu unlimited ...sedang esia : modem 99 rb ..bonus inet sebulan 50 mb.. paketanya 100 ribu kuota 7 gb ..... guwe kemakan iklan .....

      Delete
    3. Gw juga salah satu korban esia niihh..gila tarifnya mahal bgt!!!!
      Emang bakrie doyan menipu

      Delete
  12. ya itulah politik berdagang, emang sih sedikit kesel, tp harus gmana lg, buat next time nya akan lbh jeli lg dlm memilih produk lah. thanks mas Adi atas artikelnya. sdikit banyaknya jd paham saya.

    ReplyDelete
  13. internet mini, biaya max.

    ReplyDelete
  14. mantab ulasannya, hampir terkecoh iklan. tetap pakai smartfren aaahhh...

    ReplyDelete
  15. mantab ulasannya, hampir saja beli. tetap pakai smartfren aaahhh...

    ReplyDelete
  16. Ga jadi beli ahhh...
    Thanks infonya MasBro

    ReplyDelete
  17. Saya ada rencana nih beli maxD. Pas lg uang cuma ada 200rb hehe ( modem 99rb + paket 100rb@7giga)
    Soalnya saya sebulan kira2 ngabisin kuota 5giga. Dgn 100rb dpt 7 giga menurut saya esia ini ug paling pas. Soalnya klo frem unlimited saya haru beli modem cdma unlock yg harganya 200rb++

    Yg dirumah soalnya pake modem gsm. Tanggapan mas Ado gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo merasa cukup ya sana dibeli, kok pake tanya lagi. Kalo saya 7gb mah paling 2 hari juga udah abis.

      Saran saya, lebih baik simpen dulu duitnya sampe 300an lalu beli modem yang unlock. Bagaimanapun unlock itu mahal di awal tapi kesananya enak, bisa milih operator manapun.

      PS: nama saya bukan Ado. :D

      Delete
    2. S7 dengan mas adi ... mending mahal diawal ... kesananya murah ...daripada diawal murah kesananya muahalll..kan pakai inet gak cuman sehari ....

      Delete
    3. Saya kurang Setuju dgn mas adi..
      saya sudah 5 bulan pke max-d, dan saya nyaman pake max-d..
      sinyal stabil, download/upload kencang..
      n menurut gwa msalah tarif tuh dah relatif la..
      dgn 100rb sya dah dpat quota 7Gb.. dibandingkn dgn operator yg (namanya tidak perlu saya sebutkan) dng 100rb cma dpat kuota +/- 1Gb..
      jd,bagi para pembaca blog ini.. jgn dicerna begitu z masukan2 sblum anda koreksi..??

      Delete
    4. hayo operator mana yang 100rb cuma dapet 1GB sebulan? jawabannya GAK ADA, makanya lu gak bisa nyebutin.

      Biar lu gak bego bego amat, gw kasih bandingannya:
      Max-D: 7GB/bln - 100rb - FUP 64kbps (25mB/jam)
      Smartfren: 500mb/hr (15GB/bln) - 99rb - FUP 153 (50mb/jam)
      Flexi: 5GB/bln - 120rb - FUP 153kbps (50mb/hr)

      Silahkan itung potensial pendapatan per jamnya.

      Kenapa gw gak masukin GSM disitu? Karena biaya dasarnya emang udah beda kale. Masalah tarif relatif? Di luar biaya internet dengan perbandingan Noodle Unit masih jauh lebih murah daripada Indonesia. Ini malah pasrah dimahalin.

      Nganeh-anehi

      Jadi, sekarang siapa yang nggak mencerna?

      Delete
  18. Klo kata Ade Ray " saya yg paling kuat."
    So,, sesuaikan dgn kebutuhan..

    ReplyDelete
  19. Terima kasih untuk semua, terutama Mas Adi. Memberikan informasi yang tepat guna sudah merupakan perbuatkan kebajikan yang mencerahkan.

    ReplyDelete
  20. kalau menurut saya ini tidak berimbang perbandingannya... (ada kecenderungan subjektif)
    mungkin diperlukan komparasi yg objektif dengan operator lain ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini subjektif kata lo? SUBJEKTIF?

      Pake kecenderungan lagi. YA JELASLAH ini subjektif, kan ini blog gw. Kalo mau yang OBJEKTIF ya jangan baca disini, sana lihat hasil tes laboratorium.

      Delete
  21. kadang2...org sekarang pinter apa bego yach...ketauwan yg buat penjelasan ini super bego dan objectifnya engga jelas ke mana...

    gw pakai smartfen, setelah di hitung2 juga di bego2in, unlimited harganya 99rb, kecepatan 356Kbps sedang, coba kita online pakai modem kecepatan 356kbps...yaaaa unlimitedlah...wong lelet broowwww...

    tapi ESIA MEXD gw salut dah...cocok buat yg suka browsing data cepet tanpa download banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tolol aja anon yang nganggep ini objektif. artikel blog pribadi diminta objektif. artikel di newssite aja gak 100% objektif.

      mungkin anon tolol ini juga belum pernah berada di posisi gw, dimana sinyal dari semua operator fullbar, dan kecepatan maksimum bisa didapatkan. jadi anon tolol ini harus pindah rumah dulu biar bisa komentar lebih "objektif"

      lebih tolol lagi kalo anon ini bilang "cocok buat yang suka browsing data cepet tanpa download banyak." tapi maksain pake smartfren yang katanya lelet. mungkin juga anon tolol ini gak tau kalo browsing = download + upload.

      met bertolol ria deh. kalo komen lain kali yang "objektif" ye.

      Delete
    2. Pokoknya esia bobrok,mau debat kayak apa juga Pinteran duitnya kalo milih.Ane baru beli kemaren udah gua masukin closet tu modem max d.Mana ada harga 99rb barang bagus..

      Delete
    3. MAX D gua sudah masuk closet,udah jelas g bermutu kenapa di pakai

      Delete
    4. @adijayanto
      lu mau nyamain download file 1 gb = browsing?????????????????

      Delete
    5. @JoEvo, Browsing = Upload + Download. Streaming = Upload + Download. Oke, mungkin Download itu cuma setengahnya dari browsing.

      Atau jangan jangan lu gak ngerti konsep Upload dan Download?

      Delete
  22. nah ini kenapa jadi ribut....
    btw gak sengaja aku buka gambar... eh nemu blog ini...
    sebelumnya nice info bro...
    saya sangat sependapat sekali dengan bro adi...
    sebelumnya saya pake AHA.. dua bulan berjalan lancar..
    bulan selanjutnya kacau balau... complain?? udah berapa kali datang ke gallery... di iya-in sama CS nya.. tapi bukti di lapangan? datang aja gak... nomor tlp udah ditinggalin.. kecewa dengan pelayanan ini... langsung coba modem yang lain aja.... intinya semua gak usah dibikin ribet... kalo merasa udah gak nyaman pake modem A.. ya tinggal ganti modem B... logikanya.. namanya juga orang dagang... mengeluarkan biaya sekecil2nya dengan untung sebesar2nya... trus ngeliat iklan yang baru2 ini katanya esia MAX-D harga 99ribu... logika aja sendiri... AHA itu aku beli 499ribu tapi hasil.. kecewa.. nah ini 99ribu... hasil??? bukti aja sendiri.. kalo bagus berarti anda beruntung...
    thanks....

    ReplyDelete
  23. saya sering menggunakan smartfren yg 100rb dan kuota 6gb.

    dan dgn tarif yg sama kalo pake max-d dpt kuota 7gb.

    jd lebih untung pake max-d,
    pindah ke max-d ahhhhhh....

    tp kalo paket yg lain mending smartfren :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi smartfren 99rb udah unlimited 384kbps sebulan. Rata rata pendapatan per hari bisa 1Gb kalo dipake maksimum, hayo... :D

      Delete
    2. abis baca artikel ini, sumpahh... gw nyesel... pdhl barusan td gw baru beli modem esia max d.. sial ah... balikin boleh gak ya.. hehe...

      Delete
  24. tsx galak ui... grrr!!

    ReplyDelete
  25. Tau ah gw mah bingung mo make yang mana,yang jelas dari sekian blog ane kunjungi,Esia Max D banyak yang komplain akhirnya jadi negatif ama Esia Max D,tapi sekarang ini gw pake smartfren yang true unlimited 90 rebu,tapi koneksinya ini nih lemot banget,kayak buka FB aja rata2 harus tunggu 1-3 menit baru kebuka,sering timbul tanda Zz,uplink 'n downlink = 0-20 Kbps (seringnya),meski pernah ngebut sampe tembus 300-an Kbps tapi ga lama down lg.Dah komplain via email + datang langsung ke gerainya,namun jawabannya ga Memuaskan...Jadi Curhat gw bro..
    Btw Mas Adi,gw mo tanya nih,klo buat maen game online cocoknya pake modem jenis apa n provider mana ya??Tolong tanggapannya thanks n Sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. CDMA manapun kalo koneksi dianggurin emang suka bobo (baca: Zzz...), jadi kalo mau gak bobo:

      1. Buka command line (start > run > cmd > enter)
      2. ketik "ping www.google.com -t" enter

      setiap beberapa detik sekali perintah itu akan ngirim permintaan koneksi ke Google, jadi koneksi nggak bobo.

      Kalo gim online, gw gak pernah ngegim onlen. Jadi gw gak tau.

      Delete
  26. Bagi aku telkomsel yg plg oke. Mau murah..? Pake paket telkomsel fun night, kuota 8G cuma 50 rb, tapi jam 00-06 pagi. Modem smartfren yg bundling 199rb bikin kecewa. Cepat panas dan koneksi terputus. Btw, tq atas info di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin?

      Dengan nominal 50rb, 3 menawarkan paket Kenyang Download kuota 10GB masa aktif 30hari jam yang sama.

      Telkomsel murah? Sejak kapan? :D

      Delete
    2. T3lk0ms3l murah? r u nuts?

      Delete
  27. wah betul tuh ane pake aha harian mahal ampe isi 2x maklum ada update buat pc.punya nya model aha jadi pake tuh sekali_kali seh ya intinya aha mahal deh.....

    ReplyDelete
  28. si abang sekolah dimana yah.. 35 GB -> 500,000 (selama 2 bulan), lalu abang bagi 2 --> jadi 17,5 GB / bulan --> biayanya jadi 250,000 donk bang bukan 500,000 --> salah hitung atau memang disalah2in hitungannya?

    weleh weleh.. zaman begini masih ada ajah orang kayak abang yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang lo boleh bayar 250rb? Kagak cyin. Lu tetep bayar 500rb, dapet 35GB, buat 2 bulan. Misal lu abisin itu kuota 35GB dalam sepuluh hari, ya sudah, berarti lu makan itu 35GB 10 hari. Padahal harusnya jatah lu buat 2 bulan. Mau 35GB lagi? Bayar lagi 500rb. Gitu dibilang murah?

      Gw tulis sesuai apa kata situsnya. 500rb/35GB/60hari. Gak ada yang salah itung.

      Lu aja yang gampang kemakan iklan.

      Delete
    2. Itu renaldyf pengennya kasih jawaban bijak biar dikata pinter malah keliatan bodo... Duh..

      Delete
  29. Iya sodara sodara, yang 35GB itu harganya 500.000 dan bukan buat sebulan, tapi buat DUA BULAN. Artinya nyatanya kamu cuma dapet 17.5GB per bulan, kalo rajin jaga kuota.

    berarti kita dapetnya 17,5 GB perbulan dengan biaya 250,000 betul yah bang?

    murah juga donk berarti??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kamu bener bener ngebet, butuh 17.5GB per bulan, why not take FastNET atau speedy? Fastnet Family setau gw harganya 235rb, bandwidth 1.5Mbps TANPA KUOTA.

      Atau... lihat hasil pendapatan per-jam gw pas pakai Flexi: http://photos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/575012_4032659578667_1232055451_a.jpg

      Jadi... 17.5GB per bulan biaya 250rb murah? Pendapatan gw per bulan dengan Smartfren aja bisa 30GB+, dan cuma 99rb.

      Delete
    2. ngemeng ngemeng, komen yang sebelumnya lo hapus ya? gw approve kok gak muncul? :D

      Delete
  30. ane di malang kotta, ane pake aha selama ini fine aja, apke yang kuota 2GB, ane rasa keceptana download rata2 200-400 tembus kok, tapi emang kadang2 DC tapi gk sering, kadang gk bisa konek tapi gk sering juga, tapi kalu pake smart freen lumayan lah, paling cepet daerah ajorsari cepet banget tapi kalu aha disitu mampus wes, jadi menurut ane..
    kualitas koneksi download itu tergantung posisi ente2 semua tu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mz bro, saya pengguna max d dekat VEDC, no problem kok. Masing2 ada plus minusnya...pernah nyoba smartfren juga ok kok. yang penting ada pulsa buat internet nya,,,xixixixi

      Delete
    2. Betul, posisi menentukan prestasi. Di kampung ane Smartfren 0-bar, Pleki penuh, Aha penuh. Aha kemahalan, ane pake pleki.

      Delete
  31. tobat ane pake max-d, mulai sore ampe jam pocong kluar lemot buat maen game. ping 8000ms,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ping 8000ms? gak usah lebay. RTO mah RTO aja.

      Delete
  32. Ane pake esia max d lumayan aja...

    download bisa tembus sampe 500kbps+
    biasanya ane pake paket yg 2gb 50 rb./bln

    tapi sih agak tergiur sama smartfren...hhe

    jodics.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. downloadnya jangan keseringan ye. soalnya setelah 2GB langsung suruh setor lagi 50rb buat 2GB berikutnya. Kalo ane sih mending speed cuma 153kbps tapi sehari bisa 400MB, daripada speed 500kbps+ tapi begitu 2GB kudu nyetor duit lagi.

      Delete
    2. Bang adi pake plexi kan?

      Emang sebulannya berapa ?

      Delete
    3. flexi di tiap daerah entah kenapa promonya beda2. di daerah saya 0265 harganya 40rb/bulan. Tapi di Bandung ada yang 35rb/bulan.

      Tanya aja ke 147

      Delete
  33. Ban adi yg baik ... saya pake kartu 3 bisa download 4,7Gb/2Hari trus kena DENSUS kepincut sama Esia Max-d saya kecewa, Esia kecepatan downloadnya 0,5 s/d 10 kb saya pengen download sampe 80Gb se hari he..he..he bagi dong resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 80GB sehari? Pake Spidol yang 3Mbps pun maksimal cuma 32GB sehari gan. Mending situ pindah ke Amerika, Jepang atau Korea. Setau gw AT&T VIOS Platinum (namanya kalo gak salah sih gitu) yang 100Mbps "cuma" $205 sebulan.

      Delete
  34. jiaaahhh ane dah terlanjur beli baru nemuin Blog ini.... Huft :tepok jidat

    ReplyDelete
  35. bnerrr gannn esia max-d download 1kb/s gg cacad gmana tuuh....!!!

    ReplyDelete
  36. tolol yg bikin blog ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://fuuu.us/395.png
      Oh stop it, you...

      Jadi malu... :">

      Delete
  37. Modem max-d ini udah di unlock jadi bisa pake kartu apa saja... kl merasa pke esia mahal..ganti aja simcardnya pake smart.. ganti softwarenya pke pnya zte zte ac2726i(cari di mbah google softwarenya) biar bisa call..soalnya untuk bawaan software max-d ini ga supor dial call

    ReplyDelete
  38. klo gw ma yang penting kecepatan inet. kebetulan klo gw pke aha ni cpet bgt d banding smart n m2 yang pernah gw pake. gw pke ni net buat browsing2 ringan kek fb dll. aha jg ada layanan ahamytv buat ahacoolpad gw. lumayan isinya ada film2 anak buat balita gw. klo donlod c gw bsa donlod d kantor n bsa pe 1 MBps cos gw admin network. haha so gw pke aha paket yang 90 rb tu yang super mega plus ahamytv haha tq nice info just sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. situ admin network tapi belum afford tv berbayar? malah anake dipakein gadget? congrats deh. :D

      Delete
    2. Maklum bro adi.. Itu modem juga kantor yg beliin xixixixi..

      Delete
  39. aha+bakri=(bikin kere)---->> dah mahal quota pulsa putus-putus lg..nyesel dunia akhirat gue beli aha...kopetlah

    ReplyDelete
    Replies
    1. woi asal ngomong aja,, coba aja bandingin uota nya,,saya milih esia max-d :)

      Delete
    2. Kata kuncinya adalah QUOTA, yang satu SEMI UNLIMITED, yang satu HABIS = BAYAR

      Delete
  40. bang adi, mau tanya apa modem smartfren bisa terus online selama 24 jam? soalnya saya rencana mau buat download data seharian full dan saya tinggal, saya agak trauma pake AHA cz setiap 6 jam tiba2 koneksi terputus, dengan sendirinya jadi harus resume download-an lagi,, apa lagi kalo ditinggal lama sia-sia download-an nya ga selesai selesai waktu jadi terbuang,, dan kalo smartfren harus pake modem apa yang cocok yang modem unlock ato modem bawaan smartfren sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut pengalaman tidak bisa. Sistem smartfren suka ada maintenis sekitar jam 2-3.30 pagikalo mau digeber, modem mana aja asal dingin.

      Delete
    2. jika online sekitar jam 05.00 - 23.00 ato sekitar 18 jam apakah masih bisa online terus tanpa terputus? dan modem lebih tahan dingin di beri angin (kipas ato sejenis) atau air (kyk kantong air gt) dan satu lagi blh minta update tarif smartfren apa aja yang cukup buat kantong mahasiswa selama 1 bulan :) thx atas info sebelumnya pak

      Delete
    3. kalo 0500 sampe 2300 HARUSNYA smart tidak ada jadwal maintenis. kecuali terjadi force majeur atau maintenis dadakan.

      modem yang bagus ya modem yang dari sananya tidak terlalu panas jika digeber terus menerus. kalau mau pake pendingin, gunakan kipas angin.

      Tarif smartfren: http://www.smartfren.com/data/index.html

      Delete
  41. mas, tolong dong.......kok aku kesulitan gimana caranya cek sisa kuata max d..tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. meneketehe, saya kan gak pake max d

      Delete
    2. sdh lah ndak usah pusing cara cek pulsa esia bagaimanapun esia tu paket net nya maaaahhhaaaaaalllll jadi mending ganti smartfreen aja

      Delete
    3. cek sisa kuota harus login di situs max d..


      *repot

      Delete
  42. mas adi, gimana cara cek kuota esia max d?...tks

    ReplyDelete
  43. kang...
    akang orang tasik/ciamis/banjar ya???

    kang, saya pake semar yang 45/bulan
    kalo download biasanya belasan kbps.
    kecepatan segitu wajar atau enggak sih???

    saya pake di daerah 0265

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar... banget.

      0265 untuk CDMA balum ada yang EVDO. jadi kecepatan 1X di 153kbps atau kira2 18-19kBps

      Delete
  44. yap smartfren mang yahud....

    ReplyDelete
  45. ah semartpren, RTO sana sini mulu.. ngomong doang ai het selow

    ReplyDelete
    Replies
    1. posisi menentukan prestasi. di ente RTO, di ane (dulu) sinyal penuh. cuma maintenis tiap jam 3 pagi. sekarang 0bar.

      Intinya, derita lo.

      Delete
  46. Download... download... download... download... Emang internet cuma buat download doang? Orang2 kyk lw yang bikin kualitas internet Indonesia selalu paling jelek di dunia. Ngabisin bandwidth buat download yang ga guna. Orientasi lw cuma pengen dapet yang gratisan, ga ada usaha, males, gendut. Lw kira maintenance internet itu murah? Data itu murah? Yang bikin film, bikin program, bikin lagu, lw kira mereka cuma ngedip doang jadi itu semua?? MEREKA USAHA BUNG!! KALO LW GA PUNYA DUIT JANGAN MALING!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. #ngakak.

      Ah mas bisa aja. Contohin "download" yang berkualitas donk, pengen tau. Tapi jangan bilang download ISO Linux ya. Males gw ngecepretnya. Been there, done that.

      Delete
    2. Oh iya, 1 lagi...

      http://theoatmeal.com/comics/game_of_thrones

      Delete
    3. tapi gw denger2 kalo internet di negara asing pada gratisan semua, bner gak sih?

      Delete
    4. @anon, iya gratis. kalo di kafe/resto/mall/stasiun/bandara. gak jauh beda lah sama di indonesia. kalo di rumah teuteub bayar ndiri-ndiri.

      Delete
    5. @Fauzan, kayak semua download'an loe berbayar dan berlisensi aja.... muna' banget...

      Delete
  47. Bener bung adi, aha/maxD emang mahalnya maksimal internetnya mini. Aku udah 2 tahun pake aha gak ganti-ganti karena suatu sebab. Soalnya satu-satunya yang sinyalnya pol di rumah ane (ane punya telkomflash, smartfren, aha, sama M2, semuanya sinyalnya batuk-batuk, emang sial kok). Online game lancar gak DC-DC, walaupun lag suatu saat menyerang juga, kecepatan rata-rata 200-400 kbps, dan kecepatan maksimal nyata yang pernah ane alami cuma sekitar 1 Mbps, selama 2 tahun make ndak pernah satu detik pun sampe 3.1 Mbps. Pake paket yang super giga aja mentok 1 Mbps. Kedepannya kayaknya gw bakal ganti kabel deh... pake modem (terutama ESIYA) itu emang overprice dan njebolin dompet...

    ReplyDelete
  48. Hmmm. jadi bagusnya pake apa dong ~

    ReplyDelete
  49. hemmmmmmbtttttttttttttttt.......
    gw baru bli nih....
    gk tau kl cuma kouta 50mb... :(
    thank's bro infonya,.... :)

    ReplyDelete
  50. pake Flexi Evdo masbro... gw pake Flexi Evdo dari bulan September 2011, bayangin aja sampe skrang Promo nya belum berakhir, promo awal tuh seinget gw bulan Juni 2011, udah 1 setengah tahun promonya blm berakhir cuma modal 50ribu perbulan kecepatannya bisa tembus 1,5 mb dulu, klo skrang sekitar 1 mb karena udah banyak yg pake jadi pecah kemana2 koneksinya... 50ribu Unlimited... bayangin Hardisk gw penuh dengan Film2 Blue Ray sama Game2, total mungkin udah hampir 200 GB selama ini gw download2... wwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  51. hari gini masih oper gigi..?? cape deh,,,sama juga hari gini masih ribuutin kouta dan kecepatan capek deh..pake flexi evdo lagi prommosi sampe 29 nov cuma 50rb di mal ambassador buruan nati naik jaadi 250rb... flexi murah reguler 2500 gw lagi pas2xan, buat browsing aja..236kbps.. mau sepuas 50rb uunlimated 3.1mbps 1bulan mau download 500gb tanpa kouta brow

    ReplyDelete
  52. ane pake Three,jarang download mslahnya, speednya kenceng gak kecewa dan yang jelas stabil, kalo downlaod rata2 200-300kb/s, kdang libih dikit,

    ReplyDelete
  53. semua it tergantung dr lokasi kita berada kl masalh sinyal dan kecepatan.....masalh tarif.......mungkin jaman sekarng orang pd prg ke esia krn emang murah di dompet....TERJANGKAU.....paling cm bt download lagu...browsing ato FB an aj bt para pelajar....kan seringny jg paling buka situs porno.....gue ni pake esia max-d....sebulan ud langganan 50rb bt 2G.....ud jaringan kenceng.....ngk ad situs yg d blok. btl ngk saudara?

    ReplyDelete
  54. numpang share gan... ane cukup kecewa pake modem smart Rev A dan Rev B, walaupun jaringan full tapi lemotnya ga nahan.. percuma aja ane peke yg Connex Evo 100rb kuota gede tapi kaga kepake, lemotnya ga nahan cuy.. kapok deh.. ada yg punya saran modem apaan yg bgus n stabil harga ga jd mslah, yg pnting kcepatan stabil.. tnnks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Max-d za gan,, gwa dah pke hmpir 5 blan n lncar2 z tuh..
      n Jgn denger pa kta org sebelum mencoba sendiri.. di blog ni bnyak org yg fanatik sma max-d..

      Delete
    2. @anon, lu tau arti kata fanatik gak sih? hwahahaha.

      Delete
  55. kalu soal bahasa promosi dan punya macam macam paket hanya esia tapi hasilnya cm bikin benjol pengguna saja

    ReplyDelete
  56. Maaf, di bandingkan modem gw yg dulu esia max d emang super mahal si di rasa,, mf ya pak bakrie . kalo tarif tetep begaya malak gt ane pindah lg nih ke yang dulu,, hayooo

    ReplyDelete
  57. Namanya juga wireless11/18/12, 4:17 PM

    wkwkwkwk
    rame nih blog,.

    gw mau nambahin nih,..
    daerah surabaya>sukolilo>suka maen game OL
    ahong> ping buat DOTA 45ms++ kalo si semarpret 70ms++
    trus,.. gw pindah dibatam sekarang,. gw bawa modem unlock n nomor semarpret.
    daerah batam>batuaji>pengen DOTA> pake semar>ping google.com -t -l 1> Request time out,. whatthefuckkkkkk,. ingt di surabaya. aha lbih bagus disisi ping. nyari aha g ketemu adanya max-d. coba beli ambil kuota 600mb aja.
    ternyata hasilnya. ping jelek,.
    speedtest max-d 152kbps@dl n 384kbps@ul. fuck lah. katanya max-d 3.2mbps(nanya sinyal Full bar)
    pertanyaannya,. AHA sama max-d pake BTS yang sama?? radio yang sama?? link yang sama??

    gw bookmark dulu bang,. hhewhew
    dibales ya komen gw

    ReplyDelete
  58. MAX-D SENGKE..!!DAH GW PAKETIN,Rp25000 pkt mini.DAH ADA BALESAN SUKSES DR 242..INTERNET JALAN CUMA SBNTAR ga ad 1 hari,TRUS ADA KIRIMAN SMS DR 555 SRUH ISI PULSA LG,GW TELP CS, YG ADA GW DISURUH PAKETIN ULANG LG,SRUH BELI PULSA LG,BLOM PK SEHARI PULSA GW DAH DIPERKOSA DAH JELAS2 YG GW PAKETIN DAH SUKSES DR 242...GA LAGI2 DAH..NYESEK BGT GW

    ReplyDelete
  59. Ah percuma klo cuma bacrit klo gw mending buktiin sendiri yg mana yg terbaik..jawaban gw yg ada sinyalnya lah uang ga mas alah mo 1jt 1menit tarifnya no problemo yg penting bisa lancar jaya gw saranin klo miskin gak usah ngenet mending tahajud mohon doa ama yg kuasa biar dibikin kaya bakriiiiii / anaknye bakriiii bininye cantik...anaknye bakriii jelek bininye kok cantik karena punnya max d .. Hahahahabab .. Hebatnya buat yg miskin pinter hitung / perhitungan jadi yg kaya tinggal nyontek hasil tuhan tuh maha adil..bagus yg cari gara2 bikin judul kaya gini 2jempollah buat semuanya temanya ok n trimakasih atas info2 nye ni...jgn ada yg ngambek lihat sisi baiknya aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha... ternyata Pasukan Nasi Bungkus. Sana bikin blog sendiri, bikin artikel sendiri, sapa tau hit-nya gede. Ntar nasi bungkusnya bisa dapet 2 bijik.

      Gyahahaha

      Delete
  60. ane pake esia max-d,
    sangat mantap gan,
    kecepatan bisa melebihi 1 Mbps,
    per bulan 50rb, kuota 2 GB
    .
    buat download maksimal banget

    ReplyDelete
  61. Syg sy trlambat nemui blog ni. D daerah sy modem layanan aha mmg lbh baik dr yg lain. Tp batas kuotany yg ga tahan, n cma 2-3 bln pertama pake aj yg ok. Bg downloader spt sy, perlu sering2 isi ulang... Dlu sy bli modemHuaweiEc167+kartuAHa Rp.499rb, ni yg buat sy trpaksa trus pake aha (trlanjur buang duit byk), jd trjebak. Utk nirkabel, d daerah sy (Perbaungan, Sumut) smatfren n flexi sainganny. Sy sngt sependapat dng agan pmilik blog ni... Bg yg melirik berinternet pake aha, ad baikny pikir2 dlu sblum nyesal. Akibat yg sy alami ni, n dasar pertimbangn harga, sy sarankn setiap org yg sy knal tuk pake smartfren. Makasi infony gan.

    ReplyDelete
  62. Sy punya pengalamn lain lg ttd max.d. Quota paket max.d dah abis sbelum 1 bln, n pulsa sy masi ad skitar 40rb an. Krn sy butuh cari data, sy ubah layanan ke volume ato time base. Ga sampai 4 jam browsing web tanpa donlod, sy dah selesai. Bsok hari sy koneksi kembali sudah tidak bisa, muncul peringatan dari maxd (peringatan utk isi pulsa). Ludes pulsa sy di sedot volume ato time base itu.
    Stelah isi pulsa, sy ingin kmbali dr vol base k paket spr mega, ga pernah berhasil melalui web max.d. Sy melalui layanan sms, utk brhenti dr vol base n daftar spr mega.


    Penilaian sy pd kode wil sy 061, stuju klo yg betah mggukakn AHa ialah org yg tdk memusingkn mas pengeluarn, selama koneksi cukup stabil mrk puas. Sbalikny, byk yg merasa d tipu iklan max.d 35gb-Rp.99rb, baik ttg quota n kualitas modem, mereka kecewa. 1x lg sy brterima ksi utk info ni, sy jd lebih yakin utk menyarankn kpn org skitar sy agar TIDAK MEMBELI aha mas.d, krn masi ad isp lain...

    ReplyDelete
  63. hardisk gue 320 gb full film download pake flexi evdo

    ReplyDelete
  64. sayangnya di bon pembelian saya 2 hari yang lalu berbunyi "Barang yang sudah di beli tidak bisa di tukar atau di kembalikan"... :(


    ada yang mau beli max-d saya 25ribu aja, buat gantiin ongkos dan makan ke mall untuk beli max-d??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini gw yang beli

      gw minta nope loe

      Delete
  65. Masih setuju perkara posisi menentukan prestasi.

    Gw udah pake AHA hampir 2thn (dulu malah quota yg 100rb cm 4GB/bln),dan kebetulan didaerah gw AHA koneksinya paling stabil
    Cukup puas kok, trfs data rata2 300kbps,buat sharing 1 rumah lbh dr cukup.
    Skrg sejak ganti nama dgn MaxD jd 7GB, malah jarang bisa abies.
    Jd klo dah 5hr trkhr quota msh bnyk, baru deh karakter browsingnya jd abusive :) hehehe

    Cuma 2 bln terakhir, agak susah, krn BTS esia rusak yg dkt rumah.
    Sepertinya yg jd perhatian tampaknya Esia tdk memiliki team teknis dilapangan yg kompeten, sehingga sdh hampir 2 bln, perbaikannya blm slesai2.
    Bisa jadi ini penyebab buruknya layanan produk esia di daerah lain (bnyk komplain)

    Skrg lg coba smartfren connex evo, boleh juga...baru nyoba 2minggu, buat dpt koneksi stabil, tapi msh blm sestabil AHA sblm BTS dkt rumah gw rusak.
    Dan benar masbro, jam 00:00 smartfren suka mati. Inikah yg dibilang maintenis tadi? Hehehe

    Trus itu diatas ada yg komen lempar modem masuk WC, hehehe jd inget, punya modem TelkomFlash, udah mahal (hmpr 600rb belinya, versi unlock), blm 3 bulan dah rusak, pas mau claim garansi ditolak sana sini sm grapari satu jagat. Gw disuruh ngurus ndiri ke distro modem di pelosok mangga dua, males amat.

    Kalau mgkn rekan2 diatas mau komplain mahal, maybe yg megang predikat itu tetap Telkomshit...mau lawan GSM maupun CDMA, plg rampok ya operator telkom ini....

    ReplyDelete
  66. Wah, makasih Mas Adi buat infonya. Skrng saya jadi yakin buat beli si smart, soalnya sempet bingung mau beli si ijo atau si smart. Hehe..
    Setelah dipikir-pikir si ijo emang gk menarik krna paketnya dibatesin kuota jadi gk bebas mau browsing atau download, pasti nantinya was² mikirin kuota udah abis atau belum. :D Wkwkwk..

    ReplyDelete
  67. nindy audrey1/1/13, 10:23 PM

    Kalo di daerah alam sutera serpong tangerang pake smartfren koneksi nya gmn ada yg tau? Soalnya saya butuh koneksi internet yg unlimited, klo max-D sih kyknya cuma bakal bikin kantong bolong. Thanks atas info nya

    ReplyDelete
  68. keren - keren postingnya,,ane di daerah 0266 agak nyingceut saeutik, kang semar udah evdo , mas fexi kurang begitu memasayarakat,, bang maksdi paraaaaaaahhhhhhhh

    ReplyDelete
  69. numpang nyampah om.....:
    memang esia-nya bakrie SAMPAH.......
    mau dibuang ke tempat sampah tapi kok sayang ya??nyari duit susah soalnya.....
    OK deh...... buat ganjal pintu, ehhh ntar pecah....
    tapi model sam[pah saya yang merk CYRUS, sebetulnya gak salah apa-apa, yang SAMPAH adalah providernya.... so???
    buat SIM-CARD nya, isi slot SD card, jadiin flashdisk aja......
    SEKALI SAMPAH TETAP SAMPAH.....

    ReplyDelete
  70. gw kga maniak operator... prinsip ekonomi jln, koneksi lancar!!!
    layanan jelek truss mahal udah gw buang ke kakus...
    dulu pernah pakai wimode udah lelet mahal buang sialnya kasiin orang... hahahaah
    pakai pren daerah gw lelet, jadinya sim dibuang ganti pleki mpe sekarang.
    arif ajalah yg cocok apa buat ente-ente

    ReplyDelete
  71. anti telkom1/15/13, 1:44 AM

    seharian keliling nyari semar nda ketemu (sad)
    esia masih mending,kadang masih mengakui kalo ada trouble.kalo flexy mati2an nda mau ngaku.sdm teknisi jg no bgt,perlu disekolahkan lg,tp ragu apa otaknya mampu buat nerima pelajaran
    jaringan EVDO ??? yg 1x saja blm becus,udah mau EVDO.ibarat SD belon lulus udah mau ke STM (zzz)

    ReplyDelete
  72. nanya donk, ane pake internet tri ke pc pake modem USB kok diskonek sndri terus ya setiap 6 jam (6 jam pas ga meleset 1 detik pun), padahal punya temen lancar2 aja, salah dmnnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tau. belum pernah denger ksus kyk gitu. tanya cs cobak.

      Delete
  73. Esia mah suka pindah2 nama koneksi internet, makanya ane ga ngandalin esia buat internet meski punya nomor esia dari tahun 2004 yg sayang dihanguskan (pernah gratis nelpon HP seindonesia selama 2,5 bulan senilai 30 juta, salah adm kali yah :) ).

    ane pernah nyoba koneksi Smartfren pake HP Xstream, di kemayoran dapet 2-3 Mbps tapi di kantor pusatnya di jalan Sabang malah cuma dapet 1 Mbps, aneh kan ?

    ane pernah nyoba Axis, lumayan kencang hanya paketnya yg mahal juga ga unlimited, kalo ga kencang ane aduin ke teangga ane yg general manager axis, hehehehe.

    ane pernah nyoba kartu Three, kenceng juga tapi agak susah sinyal di daerah.

    yg lain pernah nyoba tapi belum ane serius karena ane sekarang lebih banyak di jakarta.

    tahun 1999-2002 rumah ane pakai modem 56 kbps telkom, 2002-sekarang rumah ane pakai speedy 1 Mbps (harganya hampir 700 ribu perbulan, mahal gila). tapi rumah ane sekarang pakai juga Fast Net 3 Mbps (sekarang 5 Mbps) seharga dibawah 400 ribu perbulan, download dapet 400-550 kbps. Speedy tetap dipake kakak tertua di rumah belakang, Fasnet dipake rame2 5 komputer dan 5 gadget di rumah utama.

    tapi untuk di daerah satu saat nanti, ane sudah siapin Modem Evdo and modem HSDPA. tapi ane lagi minat modem ZTE yg bisa EVDO dan HSDPA atau CDMA dan GSM, tinggal pilih mana yg mau dipake karena modemnya dukung CDMA EVDO dan GSM HSDPA. harganya hampir 700 ribu.

    ane baca blog ini karena ane baru dikasih modem AHA yg ga dipake temen, tapi kayaknya ane simpen aje buat koleksi, abisnya kelihatannya AHA mahal juga :)

    peace :)

    ReplyDelete
  74. hahahaha,,,
    logika dipake tong...
    ngemeng se.enaknya... wkwkwkwk LOL

    ReplyDelete
  75. udah jajal smrt, flash dan esia, di tempat ane yang lancar esia, yasudah pake esia aja walau agak mahal ketmbang lelet.

    ReplyDelete
  76. Ahh.. Tobat aku pake modem Aha udahlah mahal 299 rb. Ga unlock lagi..paket 50 rb dpat kuota 3 gb. Sering dc. Sinyal lemah.. Cuman buka fb aja lambat..
    Klo internetan untuk hp bagus xl. Klo buat pc kartu apa yang bagus ?

    ReplyDelete
  77. ane beli di toko bagus modemnya 50rb sukses unlock gan sekarang pake flexy............ modemnya yang max d huawei ec156

    ReplyDelete
  78. bro aq pke esia ,, sangar broo,, dahsyat,, bru pke 200 mb di lambanin karna dinyatakan udah pke 2 Giga T.T

    ReplyDelete
  79. pakek esia AHA sekarang mahal banget :(
    ih rugi bnaget deh pengen ganti modem tapi apa yaaa ? yang murah !!!!

    ReplyDelete
  80. Esia MaxD buang kesampah ajah yow....gua jengkel kel kel kel kel kel...

    ReplyDelete
  81. Menurut temen ane dari team pemburu teroris, Sinyal HP yg paling susah dilacak atau disadap adalah sinyal ESIA karena CDMA bersifat pengacakan kode, susah ditembus alat canggih.

    Makanya ane tetep pakai esia yg ane udah pake dari tahun 2004 malah tahun 2004 ane sudah pernah gratis nelpon 30 jam ke seluruh nomor manapun di indonesia tanpa potong pulsa. Ane beli HPnya 450 ribu di Bogor bundling dengan HP ESia (kayaknya dari pendukung SBY karena sinyal esia kuat di bogor sampai kampus IPB).

    ReplyDelete
  82. Saya punya 9 Modem CDMA dari berbagai merek (Lokal).

    Semuanya sama saja, ada untung-rugi-negatif-positifnya. Soal signal tergantung jangkauan Tower terdekat di kota atau daerah Anda.

    Tapi benar mas Adi, Perbandingan (fakta) mengatakan Flexi dan Smartfren masih lebih baik dari yang lainnya.

    Tetapi jika konsumen setiap provider akan membengkak, ya semua nantinya akan sama (lelet, DC, dll).

    Salam untuk seluruh Masyarakat Indonesia.
    Stop Hoax!

    Indonesian Hoaxes

    ReplyDelete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...