Thursday, November 29, 2012

Kenapa Kamu Menggunakan Firefox?

image

Pertama gw pake Firefox seinget gw gw masih kuliah waktu itu. Gw mulai membutuhkan internet, tidak hanya sekedar untuk nge-bitch (walaupun itu masih jadi prosi terbesar) tapi juga buat pengetahuan umum. Internet masih lambat, jaringan 256kbps dan 512 kbps harganya masih luar biasa. Satu jam dengan modal 4.000 masih jadi harga standar.

Intinya, slow connection.

Kenapa gw pake Firefox?

Jawabannya Multitab dan portability.

Dulu seinget gw, IE tidak mendukung multitab. Dan ohmygod lambatnya luar biasa. gw tau Firefox dari tabloid PCPlus tentang sesuatu yang namanya Phoenix, sebuah browser baru, yang dibuat oleh para developer Netscape. Gw suka Netscape, tapi nggak suka crash-nya. gw terkesan dengan logo mercusuarnya, browsingnya lebih ringan daripada IE saat itu. Sayang, entah kenapa, banyak sekali crash-nya.

Then comes Firefox. Didesain sederhana, dan tidak lemot, dan ada addons-nya!

Kapan pastinya gw pake Firefox gw lupa. Yang jelas, gw mulai memportabelkan Firefox dengan bantuan PortableApps mulai sekitar 1.0.4, dan gw menerapkan Firefox 1.0.6 di sebuah warnet yang sekarang sudah tutup. Gw mengalami saat warnet warnet insist tidak mau pasang Firefox sehingga gw harus install sendiri lewat flashdisk 128MB gw. Sampai saat Firefox sekitar 1.5, barulah penggunaannya mulai tersebar luas.

Kenapa gw masih pake Firefox?

Browser yang lain juga banyak, katanya lebih ringan dlsb.

image

IE is still sucks. Even IE10 yang gw kira akan lebih enakeun. Opera… gw berhenti menggunakan Opera saat transmigrasi dari Windows 98 ke Windows XP. Installernya gede, interfacenya cluttered dengan ikon yang besar. Sudah multitab tapi belum portable. Even saat Chrome keluar, gw hanya coba sebentar, sempat exciting, tapi kemudian jadi flat, konsumsi memori yang katanya lebih hemat tidak terjadi di gw. Dan pluginnya banyak yang crash. Beberapa plugin Firefox tidak ada kompatibelnya di Chrome. Safari? Kalau pengen pake Safari, pakelah Mac, jangan Windows.

Senang rasanya melihat keempat developer browser ini bekerja sama saat ini untuk membuat internet menjadi lebih menyenangkan. Dukungan HTML5 dan CSS3, better handling memory leak. Dan lain lain. Proyek Mozilla, IE, Opera, Safari dan Chrome akan terus berlanjut selama internet. Lebih dari 10 tahun bergelut di Internet, gw masih pake Firefox, mungkin dasarnya sudah bukan lagi karena teknis, tapi sepenuhnya karena kebiasaan.

If you think your Firefox is slow, I think I know why. You use less than 1GB of RAM and using Windows XP. Dunia sudah maju nak, jangan ketinggalan. Bahkan standar –standar terbaru yang generik-pun akan berjalan lambat di komputermu, dengan browser apapun. Upgrade komputermu, that’s the only way.

2 comments:

  1. saya make firefox di win 8 64 bit tapi kok sering not responding
    kira-kira masalahnya apa yah...?
    Ram saya 4 GB dan intel coreI5

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba disable Hardware Acceleration di Tools > Options > General. Dulu sih gw masalahnya disitu. Begitu di-disable jadi lancar. Kalo masih belum lancar, coba cek+hapus addons2 gak jelas...

      Delete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...