Sunday, December 9, 2012

Abisin Anggaran (Duit Rakyat) Versi Ter-Edan 2012

Akhir tahun, saatnya ngabisin anggaran yang kesisa. Yang tadinya nggak ada proyek, diadain proyek.

Biasanya, dulu dulu, abisin anggaran tuh dipake para PNS jelong-jelong, gak bisa ke Singapur/Hongkong ya ke Bali. Gak bisa ke Bali, ya ke objek wisata pantai terdekat lah. Pokoknya yang hubungan sama aer-aer gitu. Biar bisa lengket-lengketan juga.

Sejak KPK mulai merambah cara ngabisin anggaran yang nggak bener seperti ini, fokus caranya mulai berubah. Saat ini, jarang ditemukan pejabat/PNS jalan-jalan bareng. Mencurigakan. Mau pake alasan studi banding, pers pasti ikut. Jadilah cuma anggota hew…  eh maksudnya dewan, mau DPR, DPRD, DPD yang berani Studi Banding. Misalnya, nyelidikin lambang PMI, atau liat gimana Jerman ngitung cara bikin penggaris.

Yang di Eksekutip kali ini ngabisin anggaran diem diem. Yang rada lumayan, walaupun gw yakin di-mark-up juga sih… pengadaan Alat Tulis Kantor misalnya. Atau komputer jaman jebot yang biasanya dipake sekarang diganti baru. Beli Scanner A4 350 juta (yang ini hampir ketauan). Dll…

Tapi ada satu pemborosan anggaran yang edan.

Tau baliho? Bayangkan spanduk segede genteng rumah, plus gambar pejabat sedang nyengir jorok, plus slogan yang aneh. Kadang seringnya pula kegiatan sang pejabat sangat gak nyambung dengan apa yang sedang diiklankan diitu baliho. Misalnya ini:

Apaaaa coba artinya. Muda, Kuat dan Bergairah. Gw gak tau dia dapet seat apa enggak. Tapi gw pikir ini balohgi lebih mirip iklan gigolo atau obat kuat daripada iklan caleg. but whatever. Saat jadi caleg kemungkinan bikin balihonya make duit pribadi.

Nah sekarang. Ada seonggok walikota, yang tentu saja seperti pejabat pejabat pengen buang duit, gw lupa apa dia udah dua kali jabatan atau baru sekali. Bikin baliho. Ini dia.

WTF?

Yak sudara sodara, dia adalah sebut saja bunga NMI, asal partai (tentu saja) PKShit.

Partai yang gosipnya (gw denger waktu kuliah) punya 1000 kader S3, entah kenapa otaknya lebih dengkul daripada anak ESDE.

Kembalikan Jati Diri Bangsa, dengan membiasakan makan minum memakai tangan kanan.

Yang namanya Jati Diri Bangsa lebih ke budaya, adat istiadat. Kalau sunda, bolehlah menonjolkan gotong royong (hampir semua Indonesia sih…), dll. Tapi MAKAN DENGAN TANGAN KANAN? Gak cuma 1, ternyata ada 1 lagi…

Gw baru tau makan dengan tangan kiri merusak jati diri bangsa. Hei kalian yang kidal, sama yang tangan kanannya tidak bisa dipakai gara gara lumpuh, stroke atau kecelakaan. KALIAN SEMUA PENYEBAB HANCURNYA JATI DIRI BANGSA! You know that! Rusak semua gara gara kalian gak bisa makan pake tangan kanan! Mungkin presiden harus mencabut KTP kalian dan TNI harus mengusir kalian dari Indonesia dengan sampan kecil ke lautan lepas! Musnahlah kalian semua dari Endonesah!

Wait what?

Selamat walikota NMI dan PKShit, anda menang award BUANG ANGGARAN TEREDAN 2012 versi Electronic Hideaway.

Ditunggu baliho “cebok memakai tangan kiri." plus foto sampelnya.

 

Biasanya sih yang disindir malah menganggap ini pujian. Biasanya sih…

1 comment:

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...