Tuesday, April 10, 2012

Friday, April 6, 2012

Debriefing After A Shit Meeting… #2.2

Sekarang saatnya mengeluarkan unek-unek.

Gw gak suka mereka menggunakan false pretenses buat emancing gw untuk dateng. Salah satu anggota QNet yang kebetulan teman SMU gw, menggunakan false pretenses kalau dia mengajar di LP3I Pahlawan, Bandung.

Gw bersemangat untuk datang karena LP3I adalah Lembaga Pendidikan. Mungkin gw bisa jual ilmu disana. Mungkin ada proyek. Kecurigaan gw mulai berkembang setelah dia tidak mau memberitahu ada bisnis apa yang akan “gw bisa kerjakan” dengan dia nanti.

Harusnya gw sudah mulai curiga dan mengundurkan diri di titik ini. Tapi gw terus mengikuti pola permainannya. Untuk sekalian tahu dan belajar bagaimana sistem seperti MLM atau Pyramid Scheme seperti QNet ini memperdaya korbannya.

Debriefing After A Shit Meeting… #2

Bagian 2 dari debriefing setelah a shit meeting. Mari saya buka dengan slide ini. yang diambil dari sini.

image

Bagian pertama gw sudah buka Pyramid System mana yang mengundang gw ke meeting mereka. QNet something Ltd. Biar gampang, gw singkat QNet.

Seperti juga perusahaan yang berdiri dengan usaha downline-downline-an. Banyak janji joni yang dibuat agar orang mau bergabung. Gw akan mebahas beberapa janji itu. Karena gw kebanyakan spaced out di meeting itu, jadi gw tidak bisa men-debrief secara komperhensif.

Thursday, April 5, 2012

Debriefing After A Shit Meeting… #1

Tutup browser, mari kita debriefing.

Malam ini gw tiba setelah 2 jam distreaming sama penawaran MLM. Jadi kalo biasanya gw pulang dari mana-mana gak pernah debriefing, kali ini gw debriefing. Gw debriefing dengan cara menulis di blog.

Debriefing ini gw bagi dalam 2 tahap, secara teknis, dan secara psikologis. Tujuan debriefing ini adalah memperbaiki logika dan jalan pikiran gw yang mungkin berubah secara tidak wajar. Tujuan debriefing ini juga menunjukkan kesalahan-kesalahan yang terjadi baik secara teknis dan psikologis selama presentasi MLM tersebut.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...