Tuesday, February 12, 2013

Download? Ah basi! Sekarang jamannya “Streaming”.

Beberapa tahun yang lalu, seorang VP dari sebuah perusahaan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia pernah bilang:

“Kami menghindari pengguna online yang hanya memanfaatkan layanan data kami untuk sekedar senang-senang atau online sepanjang hari, pengguna seperti itu merugikan orang-orang yang benar-benar membutuhkan,”

Yoseph Garo – VP Telkomsel
Vivanews, 2 Oktober 2009

Kemudian, 3 tahun lebih sedikit, si mentri yang kurang kompeten ngetwit seperti ini:

3 Tahun yang lalu, gw ngamuk. Walaupun gw bukan pengguna Telkomsel tapi Yoseph Garo bener bener melecehkan orang yang memimpikan internet cepat. Kemudian pertanyaan geblek dari mentri itu membuat banyak orang berpikir, ngapain dia jadi mentri? Seperti seseorang di Twitter:

Gw ngepret atau enggak gw lupa, mungkin satu atau dua twit, tapi beberapa hari kemudian Windows 8 keluar. Dan tiga bulan kemudian gw menemukan jawaban bagi gw, kenapa Indonesia harus ‘punya’ koneksi kenceng.

Berkat Wi-Fi depan rumah, RESMI dari Telkom. Gw saat ini menikmati speed sampe 10Mbps. Real-nya kalo malem bisa maksimum. Siang gini ya… 1Mbps dapet lah. Kalo pake Wi-Fi dongle, speed maksimum 3Mbps lah. yang 10Mbps tadi kalo pake laptopnya Deni. But anyway busway, itu kenceng daripada cuma 153kbps yang biasanya gw dapet kalo pake Flexi.

Lalu, 10Mbps itu buat apa? Akhir akhir ini gw punya kebiasaan baru. Namanya Streaming.

Dulu, kalo ada internet kenceng, gw biasanya download. Untuk ditonton lain waktu, atau untuk jaga-jaga kalo misal suatu saat gw kehilangan koneksi high speed itu. Maklum dulu gw bergantung pada warnet.

Sekarang?

Malem minggu kemarin, gw nonton “marathon” dari Running Man. Beberapa waktu sebelumnya. gw menjelajah Jepang dengan streaming video dari Youtube. Dan saat nulis post ini, gw juga sambil mendengarkan lagu dari Neri per Caso melalui XBox Music.

image

Semuanya gw lakukan secara streaming. Gw nyaris tidak mendownload musik, film atau video lagi. Gw pikir, kalo internet ini kenceng, kenapa musti download? Streaming aja kali.

Dari penjelasan gw yang singkat ini, tau donk berarti apa gunanya internet kenceng? Kamu nggak perlu save data terlalu banyak. Gunakan streaming untuk menikmati kontenmu.

Sekarang jamannya Streaming. Streaming menurut gw akan menumbuhkan kesadaran legalisasi konten. Gw aja kemarin beli lisensi Windows Asli! Bayangin. Seumur umur gw beli komputer, belum pernah gw beli Windows asli. Dan sekarang, karena harga Office 2013 versi subscribe (Office 365) cuma 750ribu per tahun, gw berpikir untuk nge-share Office dengan 5 orang lain! Atau kalo gw mau, gw pengen mendesak Unpad soal status mahasiswa gw, agar gw bisa make diskon “mahasiswa”, biar bisa beli Office 365 University dengan harga yang sama untuk 4 tahun!

Legalisasi dengan cara Streaming ini merambah ke bisnis lainnya. Kenapa di Indonesia tidak ada toko musik streaming? Kenapa enggak ada toko video streaming? Semuanya takut pembajakan. Artis artis seperti @pandji lebih memilih jalur Indie + Twitter untuk menjual dan mensukseskan album dan kegiatan dia lainnya. Ketika ada toko musik streaming dan bandwidth internet kenceng. Publik tinggal daftar ke toko musik itu, bayar sejumlah rupiah per tahun. Lalu streaming sepuasnya! Mau download? Bayar lagi aja. Jadi modelnya, bayar sekian rupiah untuk layanan streaming aja, tapi kalo mau download, bayar per track.

image

Dengan internet cepat, ngapain download? Streaming aja. Pekerja kreatif dapet duit dari lisensi. Berapa kali seseorang “muter” lagu itu di playlist mereka. Mirip karaoke lah. Masih kerasa berat? Sisipin iklan! jadi streaming serasa dengerin radio. Gw pribadi gak keberatan mendengarkan sisipan iklan 15-30 detik saat streaming dari XBox Music ini. Kenapa? Karena dengan bandwidth cepat dan stabil, gw tau beberapa detik lagi gw bisa kembali menikmati lagu yang gw suka. Persis seperti radio.

Kata “sepuasnya” menjadi kunci disini. Ketika semua bisa streaming sepuasnya, maka seseorang tidak perlu lagi membajak kecuali kalo bener bener kere. Semua senang kan?

Jadi @tifsembiring, apa yang kamu bisa lakukan untuk membuat Internet Indonesia menjadi lebih cepat? Fix the regulations! PS: Jangan lupa selesaikan masalah TV Digital!

1 comment:

  1. tapi saya lebih milih numpang download, alias minta temen download-tin.
    internet di rmh pake f*rst m***a. paling buka forum2 doang bisanya :D belum lg serumah sama org2 gila internetan. saya kebagian lemotnya doang.

    yaaaaaaaaaaaaaaaaaa boro2 bisa streaming deh. paling dikantor yg pake speedy :D baru bs buka2 youtube dikit klo atasan lg ga di tempat

    ReplyDelete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...