Saturday, May 11, 2013

Berapa Lama Waktu Yang Diperlukan Untuk Bikin Naga Indosiar?

WE, iya. BANYAK dari kita komplain. Indosiar kok bisa sih nge-deliver sinetron yang pake gambar naga? Tapi dengan jalan cerita yang ajaib, dan tentu saja, lengkap dengan gambar naga 3D CGI (Computer Generated Image). Kita juga teriak: GAK MODAL!

Tapi tahukah kamu? Apa yang sebenernya terjadi di “balik layar” pembuatan Naga-Naga Indosiar? User kaskus Frostedge menjelaskannya:

Di Indo saat ini masih sulit utk bikin serial/TV show yg punya CGI berkualitas karena sistem kejar tayang yg dipake. Bukannya ga ada CG artist yg bagus, pasti lo2 pada tau lah segambreng CG artist independent yg bagus ga perlu gw sebutin contohnya. Tapi ya itu tadi ,sistem komersial di tv adalah kejar tayang. Dikira2 aja, disuruh bikin naga2an hanya dikasih waktu 2-3 harian. Ini dari 0 yah, dan utk beberapa scene pula. Dari modelling, texturing, rigging+animating, lighting, render. Yg di luar negeri pekerjaan spt ini dibagi ke beberapa orang, misal yg modelling artist sendiri, texture artist, rigger, lighting artist, bla3. Di Indo? 1 orang harus bisa utk semua bidang dgn alasan bujet dan utk deadline non logis 2-3 hari.

Sekedar gambaran, untuk ngerender sebuah file 3D dengan kualitas intermediate low (lighting minimum, medium resolution texture map, bump mapping minimum.. ngomongin naga ini soalnya) butuh sekitar 40-60plus detik per framenya. Standar TV indonesia adalah PAL = 25 fps. Coba lo kali 60 detik (waktu rendering/frame) x 25 (jumlah frame). Itu baru 1 detik. 15 detik gimana? silahkan itung aja. Itu baru kualitas intermediate low. Mau kualitas ala FF advent children? bisa aja, dengan konsekuensi 1 frame bisa 5-8menit sendiri dirender. 10 detik? kali aja (8menit x 25) x 10 detik.

jadi yah gitulah kira2. Gw cuman mau ngasih gambaran ke masyarakat awam aja, CGI ga sesederhana MS word/sotosop yg bisa cepet.Dulu di TV7 (alm), ada CG serial setiap minggu pagi yg diangkat dari majalah bobo dan disitu masih jauh lebih enak dibanding saat 2006-2007 gw disuruh ngerjain 'naga2an'. Plus si CG artist 'naga2an' tadi bukannya ga mungkin disuruh ngerjain compositingnya juga (after effect bla3) demi alasan bujet

*realita dunia pertelevisian NKRI.

Frostedge @KASKUS

2 comments:

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...