Monday, October 7, 2013

Hati Hati Ketika Belanja di Minimarket / Pasar Modern

Baru aja gw ke kota untuk beli beberapa benda. Oke sebuah benda, yang gak ada hubungannya sama “kembalian”. Setelah selesai beli benda itu, gw kemudian ke sebuah minimarket (yang satu merek dengan gambar dibawah). Dan terjadilah hal yang menurut gw, kurangajar.

Jadi gw gw minimarket itu untuk beli 2 buah mie instan, dan 1 mie cup instan. Karena laki gw bakal datang sore ini, dan kalo datang biasanya dia suka ngerengek minta mie cup instan.

Berapa total belanja gw? 8.200. Terlihat wajar? Enggak. Kasirnya sengaja mau tipu gw.

Inilah daftar belanja gw seharusnya

Price Subtotal

2x Mie Instan "Spm"

1.600 3.200

1x Mie Cup Instan "Sdp"

3.300 3.300
Total 6.500

Lalu kenapa bisa jadi 8.300? Inilah yang dihitung sama kasir.

Price Subtotal

1x Mie Instan "Spm"

1.600 1.600

2x Mie Cup Instan "Sdp"

3.300 6.600
Total 8.200

Gw tau kasirnya bohong karena pas gw minta struk, kasirnya nggak mau ngasih. Struk adalah satu satunya cara untuk mengecek apakah belanjaan diinput dengan benar atau tidak. Katanya lagi nggak bisa nyetak. Alasan klasik banget.

Gw gak mau ribet, jadi gw minta si kasir untuk menghitung ulang. Gw pun mengecek harga lagi ke aisle-nya. Dan benar pula, totalnya harusnya 6.500. Sayangnya si kasir gak minta maaf atau apapun. Just ngasih kembalian 3.500 aja.

Intinya buat lu lu semua yang baca blog ini adalah SELALU MINTA STRUK dan SESUAIKAN BARANG YANG DIBELI, DICETAK DAN UANG YANG DIKEMBALIKAN. Bahkan untuk sumbangan PMI sekalipun, pastikan tercetak dalam struk, Sumbangan Untuk PMI.

Ingat, mereka itu bagian dari rantai perusahaan besar, bukan warung kecil. Jadi ‘pembukuan’ harus pas.

Lalu apa kewajiban kita? JANGAN NGUTIL!

Simpel kan?

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...