Saturday, December 14, 2013

Format Tanggal dan Waktu Pada Excel dengan Bahasa Indonesia

Let’s do a quickblog.

Gw barusan lagi bikin sebuah spreadsheet. Nah dari sana gw butuh sebuah sel untuk ekstraksi tanggal dan waktu.

Gw skrinsut:

1

Nah kalo B1 kan gampang tuh, tinggal teken CTRL+1 lalu pilih long date. Gimana kalo kita hanya mau ngambil TANGGAL, BULAN atau TAHUN-nya aja?

Gw pake rumus sebagai berikut:

=DATE(SELRUJUKAN) untuk tanggalnya

=TEXT(SELRUJUKAN,FORMAT) untuk bulan dan tahunnya

Jadi kira kira seperti ini:

2

Tapi kan itu pake bahasa inggris tuh? Gimana kalo mau pake Bahasa Indonesia? Google punya google, ternyata tinggal ditambahin kode regional. Begini:

3

Nah, gampang kan?

Dari sana tinggal “berkreasi”. Mau ngambil HARI? MINGGU? atau pake BAHASA LAIN juga boleh.

4

Daftar Format yang bisa kamu pake boleh dilihat Excel Help yang ini; dan kode bahasanya bisa kamu lihat di kolom Language ID, setelah 0x di halaman Windows Language Code Identifier bagian Product Appendix.

By the way, 8 April itu tanggal lahir gw Open-mouthed smile

No comments:

Post a Comment

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...