Tuesday, January 7, 2014

Talkfusion, Bisnis “Baru” Dengan Jeroan Lama

Dari dulu, yang namanya MLM selalu datang dengan janji manis. Iya, gw tau MLM juga kadang jual produk, tapi produknya gak sebanding dengan biaya joinnya. Atau harganya.

Pensil aja mungkin kalo dibanderol MLM bisa dijual 100ribu.

Setelah sebelumnya gw pernah membahas soal DBS, dengan segala tipu dayanya, ini yang bakal “ngetren” berikutnya. TALKFUSION. Websitenya ada, tapi gak gw link. Kalo nekat mau baca, silahkan googling sendiri.

Ceritanya, ada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi. Dia mempunya produk berupa Video Conference, Video Mail, Live Broadcast, Social Network dsb, dst dll.

Mereka menjanjikan, pokoknya hidup ini jadi lebih mudah. Contohnya… ini:

Biaya join-nya menurut gw “luar biasa” untuk sebuah layanan video. Biaya pendaftaran $700 dan biaya bulanan $20. Semua dalam kurs USD, jadi kalo Januari ini dolar di kisaran 12500+, silahkan itung sendiri.

Mari kita bahas produknya talkfusion satu per satu:

Video Email: Connect in a completely new way with Talk Fusion Video Email. The possibilities are endless: holiday greetings, business promotions, Internet marketing, product demos and much, much more. Simply record or upload a video, choose a template and send. Talk Fusion Video Email is easy to create, easy to watch, and impossible to forget!

Melakukan video email sangat mudah, kata Talkfusion, semudah gw set-up akun Youtube, Vimeo, atau Dailymotion, dan embed atau send video tersebut ke email yang gw sudah punya sebelumnya.

Talkfusion : $20
Youtube : Gratis
Skype : Gratis
Gmail : Gratis

Next…

Social Network: Personalize your brand, connect with a new audience and expand your outreach with Talk Fusion's innovative approach to social media. Post and browse videos on our evolutionary social networking site, the Fusion Wall. Share your personality, passions or business on your own Video Blog, and broadcast your video to more than 200 social networking sites with one click using Talk Fusion Video Share.

Mempersonalisasi merek sendiri adalah sebuah masalah dari dulu. maka mereka bikin video blog dan sesuatu yang dinamakan Fusion Wall. Setelah gw intip sejenak dua produk itu, gw pikir, tak ada satupun yang lebih “personal” daripada domain sendiri, blog sendiri. Video Share yang dijadikan nilai tambah pun, dapat diachieve dengan mudah untuk kopi paste.

Yakinlah, lu gak bakal punya sampe 200 akun media sosial atas nama bisnismu.

Talkfusion : $20 / bulan
Youtube : Gratis
Skype :
Blogspot : Gratis
Facebook : Gratis
Domain/Cpanel sendiri : Mulai dari Rp32.000 per tahun

Video Newsletters : Show your company means business. Easily create a distinctive video newsletter from scratch. Enjoy one-click editing. Upload your favorite video. Add text and photos. Put in your logo and use your favorite colors and fonts. Choose over 600 ready-made templates in multiple languages or request your own Custom Video Newsletter template. You can even private label our newsletters! Open rates, click-throughs, replies and forwards will increase faster than you can say, "just press play.'

Pada dasarnya ini sama saja seperti video email yang sudah ditulis diatas. Gmail, Youtube, embed, done. Bagaimana dengan jumlah besar? Orangorangan ngasih saya sebuah website yang namanya MailChimp, disana boleh kirim email sebanyak sampe 12.000 email, per bulan ke 2.000 alamat email, gratis. Butuh lebih dari 2.000? Boleh bikin akun kedua, gratis juga.

Talkfusion : $20 / bulan
Youtube + Mailchimp : Mulai dari gratis.

Next…

Video Conference : Share and give live, high-definition demonstrations to your friends or co-workers—whether they’re around the corner or across the globe—with Talk Fusion Video Conferencing. With one click, you can send an invite, then meet across a virtual table in real time. Video conferencing is as fun and easy as what comes naturally: Socializing and Sharing.

Yang ini memang layanan kebanyakan bayar, karena infrastruktur yang dipake lumayan harus mumpuni, baik dari sisi server maupun end user. Tapi nggak perlu khawatir, ada 2 produk yang sudah lumayan terkenal, yaitu Hangout dari Google, dan Skype dari Microsoft. Keduanya menawarkan fitur video chat/conference yang sudah stabil dan baik. Bergantung kepada ya… tadi, infrastruktur server maupun end user.

Talkfusion : $20 / bulan untuk 15 partisipan dengan Fair Usage
Skype Video Call : EUR 8 / bulan untuk 10 partisipan dengan Fair Usage
Skype Conference Call : Gratis sampai 25 partisipan
Google Video Hangout : Gratis sampai 100 partisipan

Next…

Live Broadcasting : Organize and host a full-featured global presentation within a matter of minutes with Talk Fusion Live Broadcasting. Upload your images, videos, PowerPoints, PDFs and other media. Then schedule, invite and present from any computer—broadcast live to unlimited guests anywhere! Watch feedback roll in on the live chat. You can even record your presentations for future use. We give you everything you need.

Live broadcasting itu cuma membutuhkan 1 buah webcam dan koneksi keluar, semacam Yahoo! Messenger dengan Webcamnya. atau tadi, Google Hangout. Tapi mulai dari 2011 lalu, kalo kamu punya akun Youtube, dengan syarat tertentu seperti gak ada video bajakan yang belum di-resolve kepemilikannya, kamu boleh siarkan video LIVE. Dan sistem dua arahnya ada, walaupun cuma teks.

Talkfusion : $20
Youtube : Gratis

Kesimpulannya

Sekarang, 2013, semua service yang diberikan oleh Talkfusion, sudah bisa didapatkan gratis di berbagai situs, tak perlu lagi bayar $700 dan $20/bulan hanya untuk Video Conference.

Yang terjadi adalah, “pengusaha MLM” Indonesia sekarang mulai jualan TalkFusion. Sebelum kamu join, gw kasih tau sekali lagi tak perlu lagi bayar $700 dan $20/bulan hanya untuk Video Conference. Kamu suka gratisan? Aku juga suka.

Kalo ada yang gratis kenapa harus bayar?

Akibatnya menjual produk TalkFusion bisa dibilang sangat sulit. Alih alih menjual produk, pengusaha MLM TalkFusion ~ seperti biasa ~ mengiming-imingi gudang uang Gober Bebek bisa jadi milik lu.

As per standard policy, jika MLM tidak mempunyai produk nyata untuk dijual, atau produknya terlalu sulit untuk dijual, jangan pernah bergabung.

1 comment:

  1. Setuju banget sama tulisan ini. Kebetulan sekitar sebulan lalu temen saya yang udah lama gak ketemu ngajak ketemuan. Bilangnya ada bisnis bareng temen - temen yang lain, dan mereka butuh saya. Saya pikir saya dibutuhkan buat jadi desainer dalam bisnis tersebut (kebetulan saya kuliah di bidang desain). Saya sempat curiga jangan - jangan ini MLM, dan bener aja ketika udah ketemu saya langsung di prospek ala MLM (bukannya ga suka, tapi memang passion saya gak di bidang itu). Pas diterangin soal produknya, sebenernya banyak fitur - fitur yang ingin saya kritik / bantah, seperti : ada produk lain yang punya fitur yang sama, atau bahkan lebih baik dan gratis. Tapi ya agak kurang enak soalnya mereka memang temen dekat saya. Dan sampai sekarang, saya masih suka dihubungi untuk diajak ketemuan, tapi saya selalu cari alasan untuk kabur :D

    ReplyDelete

Apa yang kamu pikirkan tentang post diatas? Omongin aja, jangan malu malu.

Tapi...
- Ga terima iklan colongan, komen yang bener dan sesuai dengan artikel.
- Kualitas diatas kuantitas, gw gak bisa terima komentar 'one liner' yang cuma buat masang URL
- Gak ngerti artikelnya, gak usah komen.
- be nice, gw gak ngomersilin blog ini, jadi jangan manfaatin blog ini buat tawarin diri/barang lo.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...